Mengenal 8 Macam Warna Visor Helm, Pilih Yang Mana?

0
Shoei X14 Aerodyne
Macam warna visor helm (Foto : Riderspot)
Iklan AHM HC3

bmspeed7.com – Kaca helm atau di kalangan helmet lovers dikenal sebagai visor adalah salah satu komponen yang vital,mengingat punya peranan yang penting yaitu melindungi bagian wajah seperti mata,hidung dan lain sebagainya.

Nah teman-teman, di dunia ini ada banyak macam warna visor helm. Jika dilihat dari harga,ada yang murah dan ada yang mahal. Katakanlah puluhan ribu hingga jutaan rupiah.

Lantas apa perbedaan visor helm yang bermacam itu. Oh iya, sebelum ke pembahasan utama, saya mau ngasih tahu dulu kalau jenis visor helm itu umumnya ada 2 yaitu flat (datar) dan cembung. Ini merujuk ke permukaan kaca helm aja sih.

Macam Warna Visor Helm

Visor Clear

SHOEI X-Spirit III AM73 TC2
SHOEI X-Spirit III AM73 TC2

Baca : SHOEI X14 Alex Marquez AM73 TC2, Motif Yang Cakep !

Ini adalah kaca helm standar yang menjadi bawaan pabrik saat kita beli,warnanya bening makanya disebut clear. Saking beningnya orang lain bisa melihat wajah kita😁 Kelebihanya adalah visor ini bisa dipakai di siang dan malam hari. Kekurangan sih kalau pas dipakai siang saat terik teriknya,silau banget 😁

Visor Smoke

Lebih gelap sedikit kalau ini mah,dipakai di siang hari tuh lebih adem, ketika malem juga cukup oke. Kebetulan saya punya warna visor ini di HJC Lorenzo basic KBC V. Kalau gak salah sih tingkat kegelapannya 50%.

Visor Dark Smoke

Nah kalau ini kaca helm paling gelap,asli benar benar hitam pekat. Dari luar orang tidak akan mengenali wajah yang pakai helm. Mengenai tingkat kegelapan,jujur saya belum mendapat datanya,cuma berdasarkan pemakaian visor KYT TT Course,untuk yang dark kemungkinan 90-100%.

Visor Iridium Gold

Jenis visor warna iridium pada dasarnya adalah clear hanya dia diberi lapisan khusus sehingga mempunyai warna yang berkilau. Harganya yang mahal biasanya bagus kualitasnya, lapisan tidak mudah luntur.

Soal tingkat kegantengan menurut saya iridium ada di atas Smoke atau Dark Smoke. Ya wajar lah harganya aja lebih mahal hehe. Namun kembali ke selera teman-teman sih sukanya yang mana.

Kembali ke visor iridium gold, ini jika dipasang dihelm tuh terlihat elegan dan sporty. Tak heran jika AGV merilis Pista GP-R 70th Anniversario dengan visor warna gold.

Visor Iridium Blue

Flat Visor KYT Vendetta 2

Pada dasarnya sama seperti di atas, hanya yang satu ini kilauan warnanya biru. Cocok kalau menyesuaikan dengan warna helmnya. Kalau dulu saya pakai warna visor ini di helm KYT Vendetta 2 Aleix Espargaro. Sukses mendongkrak penampilan helm :v.

Iridium Silver

Kalau iridium silver tuh sering disebut juga mirror, mungkin karena seperti cermin kali ya. Nah setahu saya,mirror itu malah penyebutan lain dari iridium. Dia sama sama berkilau,yang berbeda hanya warna aja sih.

Visor Iridium Red

Cocok dipasang di helm dengan motif rame nih,seperti Arai Nakagami RX7X GP, IOM TT 2018, Shoei MM93 Black Concept, Arai CBR 2020 dan lain sebagainya.

Visor Iridium Rainbow

Ini juga cocok dipasang di motif rame seperti Arai Haga, Arai RX7X Tatsuki Suzuki, Nakagami GP2, AGV Rossi (kan banyakan rame tuh motifnya) dan lain sebagainya. Kalau di helm sih semakin rame motif biasanya malah disukai, tapi kembali ke perpaduan perpaduan warna dan motifya itu sendiri.

Helm motif keren dipasangin visor keren hasilnya perfect bro,yang pakai autoganteng! Jadi jika disuruh milih teman-teman suka yang mana? saya untuk sementara ini baru smoke, dark smoke dan iridium blue hehe. Semoga bermanfaat | Mas Muslim @bmspeed7

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here