Dikira Sama, Ini Perbedaan Helm Caberg Lokal dan Italia

0

bmspeed7.com –  Apa yang terlintas di pikiran teman-teman ketika mendengar helm merek Caberg? kalau saya sih langsung mengarah ke helm half face yang harganya murah.

Ya, dulu saya mengenal helm Caberg itu karena sering melihat di jalan dipakai bapak-bapak. Saat itu tipe yang sering beredar adalah half face dengan dengan warna polosan.

Nah, ketika saya masuk ke dunia helm atau menjadi helmet lovers, saya mendapati kalau merek Caberg itu terbilang premium, dari Italia!. Tapi di satu sisi saya mengenal Caberg itu sebagai helm lokal. Nah jadi dikira sama kan, inilah perbedaan helm Caberg lokal dan Italia.

Beda Caberg Lokal dan Italia

Negara Asal

Sesuai namanya, helm Caberg lokal adalah dari Indonesia. Pemilik mereknya sendiri adalah Arifin Daniel. Di Februari 2020 lalu dia sempat digugat oleh Caberg S.p.a. Italia karena merek dagangnya sama. Beritanya ada di sini.

Namun pada akhirnya Caberg lokal menang di Pengadilan pada September 2020 lalu dengan putusan “Menolak Gugatan Penggugat” karena salah satu poin yang digugat oleh penggugat yakni merek Caberg milik Caberg S.p.a adalah merek terkenal diputuskan tidak terbukti merek terkenal. Beritanya ada di sini.

Beda Pasar

Target pasar dari helm Caberg lokal adalah kelas menengah ke bawah, makanya harganya murah,100 ribuan-300 ribuan. Sementara Caberg S.p.a sasaran pasarnya terbilang premium, harganya sendiri 2 jutaan ke atas.

Jajaran Produk

Berdasarkan laman toko resmi Caberg Indonesia via Tokopedia, untuk tipe helm yang dijual meliputi half face, open face, full face dan retro.

Sementara laman resmi Caberg Italia, Caberg.it, di sana terpampang tipe full face, modular dan jet yang didalamnya terdapat open face dan retro.

Standar/Homologasi

Caberg Indonesia menurut toko resmi di Tokopedia, untuk standar yang dipakai adalah SNI. Sementara Caberg Italia lebih tinggi levelnya yakni ECE 22.05 dimana untuk mendapatkan sertifikat homologasi tersebut terdapat pengetesan penyerapan guncangan, uji deselerasi, uji kekakuan, sistem retensi dan stabilitas rotasi.

Sponsor Balap

Caberg Italia aktif menjadi sponsor balap seperti di balap ketahanan Le Mans, World Supersport 300, World Supersport 600 serta Moto3. Sementara Caberg lokal sepengamatan saya belum terjun ke dunia racing menjadi sponsor.

Demikian untuk artikel kali ini seputar perbedaan helm Caberg lokal dan Italia. Pada intinya adalah merek sama-sama CABERG, hanya memang levelnya berbeda.

Previous articlePameran IIMS 2021 Siap Digelar di Kemayoran, Ini Tanggalnya
Next articleYamaha MX King 155 Siap Meluncur, Catat Tanggalnya
Berawal dari suka membaca jadi mendatangkan pembaca. Salam kenal semua, saya Bukhori Muslim, blogger otomotif dari Pekalongan yang mengudara sejak 2015. Terima kasih sudah membaca artikel bmspeed7.com. Semoga bermanfaat. Instagram saya @bmspeed7 boleh banget difollow :D

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here