Yamaha Cygnus Gryphus, Mesin 125cc VVA, Tampang Mirip XMAX !

0
Yamaha Cygnus Gryphus 125
Yamaha Cygnus Gryphus 125

bmspeed7.com – Yamaha Cygnus Gryphus 125 secara resmi dirilis oleh Yamaha Motor Taiwan pada 21 Juli 2020. Motor matic ini sebelumnya sempat tertangkap kamera (spyshots) sedang di tes jalan sebelum akhirnya resmi rilis teman-teman.

Yamaha Cygnus Gryphus adalah produk baru yang membawa nama besar Cygnus. “GRYPHUS” digunakan sebagai konsep pengembangan, dan desain dual headlamp untuk menunjukkan mata tajam dari predator. Style dari motor ini mengekspresikan kelincahan dan kemewaghan.

Tenaga predator ini dihasilkan dari mesin “Blue Core *” generasi baru. Mengadopsi sistem pendingin air dan pengaturan katup VVA (Valve Variable Actuation), “CYGNUS GRYPHUS” juga memiliki peningkatan tenaga. Selain itu, sektor lain juga telah ditingkatkan seperti motor ini juga kekuatan seperti  rangka ringan asimetris dan lebih rigid.

Yamaha Cygnus Gryphus sendiri diposisikan di atas Cygnus-X yang sudah lama hadir di sana. Betul, tampangnya mirip XMAX.

DAFTAR ISI ARTIKEL

Desain Miirip XMAX

Buat teman-teman di Tanah Air sih melihat Cygnus Gryphus 125 tak asing lagi,karena memang ada shape design Yamaha XMAX di sana utamanya adalah front cowl, spakbor dan buritan belakang. Untuk body samping dia baru,dibuat menyesuaikan buritan belakang,alhasil dia terlihat gambot, wah ini sih cakep.

Penutup mesin dibuat sangat detail dan rapi, membuat area border (pijakan kaki) terlihat luas. Pada bagian dek yang menupi rangka underbone terdapat lubang pengisian BBM pada sisi kiri, di tengah terdapat gantungan barang dan di sebelah kanan terdapat USB Charger 5V 2A,tempat botol minuman dan tentunya kunci, namun sayangnya belum keyless hehe.

Mesin 125cc VVA

Wah jadi inget Yamaha Lexi 125 nih, mesinnya juga 125cc Bluecore SOHC 4 klep with VVA (Valve Variable Actuation). Starter pastinya udah SMG (Smart Motor Generator) dan telah dilengkapi SGCU chip 32-bit. Yamaha Cygnus Gryphus sanggup memuntahkan power 12 PS @ 8.000 RPM dan torsi 11.2Nm @ 6.000 RPM. Mesin tersebut diklaim dapat menempuh jarak 48,9 km dengan BBM 1 liter.

Lanjut soal kaki-kakinya, Yamaha Cygnus Gryphus dibekali roda berdimensi 12 inchi pada bagian depan dan belakang. Kalau kita lihat nih, desain velg mirip Yamaha Nmax 2020 ya. Oia, ukuran rodanya adalah 120/70-12 untuk depan dan belakang 130/70-12.

Suspensi depan masih teleskopik, sistem pengereman cakram wavy disc brake yang dijepit kaliper 2 piston. Sementara di belakang, terpasang sokbreker ganda dan yang menarik nih, sistem pengereman sudah cakram dengan kaliper 1 piston,keren…

Fitur Cygnus Gryphus

Yamaha Cygnus generasi ke-6 ini sudah disematkan lampu LED pada bagian depan dan belakang, sementara lampu sein masih bohlam halogen dengan daya 10 W. Speedometer full digital dengan LCD negatif display. Teknologi sistem pengereman terdapat pilihan ABS dual channel dan UBS (semacam CBS). Jangan lupa,kapasitas bagasi motor ini juga luas, sayangnya tidak ditulis berapa persisnya hehe

Pilihan Warna Cygnus Gryphus

  • UBS : White, Grey dan Dark Grey

  • ABS : Jet Grey, Matte Blue, White, Dark Grey, Grey dan GP Monster Energy

Harga Cygnus Gryphus

Yamaha Cygnus Gryphus dipasarkan dalam 3 tipe yakni UBS yang dibanderol 88.300 atau setara Rp 44 jutaan, tipe ABS dibanderol 98.000 atau setara Rp 48 jutaan dan tipe ABS GP Monster Energy 99.000 atau Rp 49 jutaan. Duh, kapan ya Yamaha Indonesia memasarkan motor keren seperti ini. | Mas Muslim

Baca Juga : Yamaha QBIX 2020 : 6 Warna Baru, Harga dan Spesifikasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here