6 Riding Gear Yang Dipakai Untuk Off Road Atau Trabas

0
Honda CRF150L 2020
Honda CRF150L Dipakai Trabas (Foto : Francescmonterophoto)

bmspeed7.com – Adakah teman-teman di sini yang suka berkendara off road atau trabasan? nah, perlu diperhatikan nih riding gear apa saja yang harus dipakai.

Betul, berkendara off road (jalan tanah) dan on road (aspal) sama-sama harus memperhatikan sisi keselamatannya. Nah, di sini riding gear memainkan peranan yang sangat penting karena menjadi alat pelindung jikalau terjadi kecelakaan.

Menurut Manager Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM) Johanes Lucky,riding gear atau perlengkapan berkendara off road dan jalan raya tidak jauh berbeda, hanya terdapat perbedaan spesifikasi.

6 Riding Gear Off Road

Helm

CRF X-Pedition East Java

Nah di atas disinggung soal perbedaan spesikasi, dimulai dari helm. Helm yang dipakai untuk off road atau trabas umumnya terdapat topi sebagai pelindung wajah bilamana crash ketika jumpalitan. Selain itu bagian rahangnya juga memanjang,fungsinya memberikan sirkulasi udara yang lebih baik dan juga meminimalisir efek benturan pada gigi dan rahang saat terjadi kecelakaan.

Baca : Arai RX7X Repsol Honda Limited Edition, Tersedia 800 Unit !

Goggle

Fungsinya seperti visor helm pada umumnya yakni mencengah benda-benda asing masuk ke area wajah seperti mata, hidung dan pipi. Selain itu, fungsi Goggle di helm motocross juga untuk mengalirkan sirkulasi udara pernafasan yang lebih baik dan menghindari embun di kaca.

Karena seperti yang kita tahu, kinerja fisik dipacu secara lebih saat trabasan sehingga dibutuhkannya oksigen yang lebih banyak untuk tubuh sehingga berpontensi menyebabkan pengembunan bila menggunakan visor.

Jersey

Riding Gear Off Road Atau Trabas

Berkendara off road terbilang aktivitas berat yang menyebabkan keringat berlebih. Makanya jersey dipilih karena bahannya adem,ringan, lentur dan mudah menyerap keringat.

Sarung Tangan

Sama seperti di on road, sarung tangan di off road fungsinya sama yakni melindungi tangan saat terjadi kecelakan. Lagi lagi berbeda spesifikasinya dengan on road, untuk off road biasanya menggunakan bahan kain yang lembut.

Ini dikarenakan untuk memaksimalkan pergerakan tangan dan jari yang membutuhkan pergerakan cepat saat trabasan.

Protector

Protector atau pelindung di sini adalah melindungi tubuh pengendara,terdiri dari chest, inner knee dan elbow.

Chest protector melindungi bagian dada pengendara saat berbenturan dengan komponen motor seperti stang, tangki maupun benda-benda asing lainnya. Kemudian untuk knee dan elbow protector berfungsi melindungi siku dan lutut pengendara saat terjadi insiden kecelakaan.

Sepatu

Melindungi kaki pengendara saat off road, spesifikasinya berbeda dari on road. Dibuat lebih tinggi untuk melindungi tulang kering dan betis dan dibuat lebih kaku namun tetap nyaman dipakai. Menurut mas Lucky,hal ini bertujuan untuk mencegah cedera pada persendian pergelangan kaki ketika menahan beban motor yang berat di medan yang licin.

Mas Muslim | @bmspeed7

Baca Juga : Perbedaan Scoopy 2021 Sporty, Fashion, Stylish dan Prestige

Previous articlePunya Arti, Ini Kepanjangan GEAR 125 Milik Yamaha
Next articleSirkuit Mandalika Masuk Kalender WSBK 2021
Berawal dari suka membaca jadi mendatangkan pembaca. Salam kenal semua, saya Bukhori Muslim, blogger otomotif dari Pekalongan yang mengudara sejak 2015. Terima kasih sudah membaca artikel bmspeed7.com. Semoga bermanfaat. Instagram saya @bmspeed7 boleh banget difollow :D

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here