Bikers, Ini 10 Tips Agar Terhindar Virus Corona

0
cara mencegah penyebaran virus corona
Tips mencegah penularan Virus Corona
Iklan AHM HC3

Inilah 10 tips menghindari Virus Corona (Covid-19), kita bersatu melawan Pandemi yang sampai saat artikel ini diterbitkan belum juga menandakan akan berakhir. Dan sebaliknya, justru angka yang tertular (positif) terus bertambah.

Nah, berhubung pembaca blog saya mayoritas pengguna motor alias bikers, maka di sini saya akan memberikan beberapa cara yang bisa kita lakukan agar tidak terkena penyakit infeksi yang sedang mewabah ini.

Ok, memang dari pemerintah Indonesia sendiri menghimbau untuk tetap dirumah aja, social distancing dan pysical distancing. Nah, masalahnya hal seperti diatas tidak semuanya bisa dilakukan oleh semua orang, mengingat perbedaan pekerjaan. Ya misalnya ojek online alias ojol, itu kan pekerjaannya mengharuskan ke luar rumah dan masih banyak lagi pekerja lepas lainnya.

Tips Terhindar Covid-19

  • Kondisi Tubuh Prima

Jauh sebelum ada Virus Corona juga yang namanya akan melakukan aktivitas dalam hal ini berkendara, maka tubuh kita harus dalam keadaan prima dan fit (sehat). Kalau lagi sakit sakitan mending jangan deh. Menurut informasi yang saya baca, daya tahan tubuh atau Imunitas yang lemah dapat dengan mudah tertular Virus Corona.

  • Hentikan Aktivitas

Namanya bikers, biasanya tak jauh dari aktivitas kopdar, kopsan maupun touring. Nah karena kita dihimbau untuk jaga jarak dan bersosial, maka 3 aktivitas di atas dapat mempertemukan banyak orang (berkerumun) pelukan dan berjabat tangan sehingga untuk saat ini lebih baik dihentikan dulu.

  • Jangan Pinjamkan Helm

Lebih tepatnya seluruh perlengkapan berkendara atau riding gear, karena hal berbagi semacam ini berpotensi dapat menularkan virus. Itu sebabnya seluruh toko penyedia riding gear tidak memperbolehkan untuk fitting helm, jaket dan lain sebagainya.

  • Pakai Masker

Sebenarnya hal ini sudah biasa dilakukan para bikers. Iya pakai balaclava, pada dasarnya fungsinya sama saja yakni menyaring udara yang membawa debu agar tidak masuk ke mulut dan hidung. Fungsi masker juga mencegah penularan virus jikalau seseorang bersin atau batuk.

  • Pakai Riding Gear Lengkap

Usahakan juga untuk selalu pakai riding gear lengkap mulai helm fullface (lebih baik), jaket, sarung tangan yang full, celana panjang dan juga sepatu. Bukan hanya agar terhindar dari Corona, tapi untuk keselamatan berkendara juga.

  • Persiapkan Hand Sanitizer

Ini berguna banget buat mensterilkan tangan sesudah kontak (menyentuh) benda lain, misalnya stang dan tuas rem. Dan setelah berpergian jangan lupa untuk mencuci tangan dengan sabun dan air bersih.

  • Jangan Sentuh Wajah

Tutup mulut dan hidung dengan siku terlipat saat batuk atau bersin dan hindari menyentuh wajah dengan tangan karena dapat menjadi pintu masuk virus Covid-19. Itu sebabnya kita dihimbau pakai masker jikalau mengharuskan ke luar rumah.

  • Cuci Motor

Diparkiran bisa saja motor terpapar virus oleh orang yang batuk atau bersin. Mencuci motor juga bagian dari merawat motor agar selalu bersih dan membuat nyaman saat dikendarai. Jangan lupa juga untuk selalu membersihkan komponen yang sering terkena kontak seperti jok,stang dan tuas rem.

  • Jaga Kebersihan

Hikmah dari Virus Corona adalah mengajarkan betapa pentingnya menjaga kesehatan. Situasi seperti sekarang ini membuat kita harus lebih peduli dengan kebersihan mulai dari rajin cuci tangan sehabis menyentuh benda tertentu, sebelum makan, mencuci bahan makan sebelum dimakan atau diolah dan tentunya rajin mencuci perlengkapan berkendara atau apparel sehabis dipakai.

  • Menghindari Daerah Zona Merah

Tujuan utama dari adanya himbauan untuk  lockdown (di Indonesia PSBB), di rumah aja,social dan pysical distancing adalah memutus penyebaran virus Corona. Nah, ketika di suatu daerah sudah masuk zona merah (banyak yang positif) maka sebaiknya untuk tidak ke daerah tersebut.

Itu sebabnya pemerintah menghimbau bagi perantau untuk tidak pulang ke kampung halaman (mudik) karena berpotensi menyebarkan virus ke daerah lainnya.

Terakhir, berdasarkan informasi yang dilansir dari Covid19.go.id per 20 April 2020, jumplah positif terkena Coronavirus mencapai 6,760 orang, sembuh sebanyak 747 orang dan yang meninggal sebanyak 590, Innalillahi Wainnailaihi Rojiun.

Bersatu mari kita melawan Corona dengan tips di atas dan tentunya berdo’a agar pandemik ini segera menghilang dari bumi kita tercinta sehingga aktivitas dapat berjalan seperti sedia kala, Amiin. Semoga bermanfaat | Ditulis oleh Mas Muslim » IG @bmspeed7.

Baca Juga » Power Kawasaki ZX25R Tembus 45 HP, Nih Lengkingan Suara Mesinnya !!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here