10 Rekomendasi Paddock Motor dan Harga Terbaru 2020

2
Paddock Stand WR3 belakang
Paddock Stand WR3 belakang (Foto : wr3.co.id)

bmspeed7.com – standar tengah di motor sport lebih dikenal dengan nama paddock. Itu dikarenakan pada umumnya motor sport tidak dibekali standar tengah seperti motor bebek atau matic. Walau ada sih yang pakai, tengok aja sport naked 150cc hehe. Namun kalau fairing? jangan harap ada deh, soalnya gak ada wkwkw.

Nah jika teman-teman mau standar tengah agar motor berdiri tegak, maka wajib beli paddock motor. Di pasaran tersedia bermacam merek dan harga yang ditawarkan juga bervariatif, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan Rupiah.

Di bawah ini adalah rekomendasi paddock motor dan harga terbaru di 2020. Mau yang murah atau yang mahal sekalian,mau yang lokal atau impor hehe. Intinya sih sesuaikan dengan budget masing-masing.

Cara Memilih Paddock Motor

Bagaimana cara memilih paddock motor terbaik? ada 3 poin menurut saya, yakni :

  • Pilihlah sesuai peruntukan

Maksudnya jika di swing arm motor teman-teman sudah terdapat lubang spool/jalu paddock, alangkah lebih baik membeli paddock dengan bantalan/dudukan Y. Jika tidak ada, maka ada pilihan dudukan model L Rubber, sehingga tidak membuat swing arm lecet.

Jika motor menganut mono arm, maka ada pilihan stand paddock Mono Arm yang include dengan Pin. Yang demikian biasanya motor Italy nih, macam MV Agusta dan Ducati.

Atau jika teman-teman berkeinginan agar ban depan terangkat, maka beda lagi membeli paddocknya. Karena ada pilihan tersendiri yakni jenis Headlift. Ciri cirinya adalah lebih tinggi, karena biasanya dipasang pada as komstir segitiga.

  • Universal

Keutungan memilih jenis ini adalah, bisa dipakai untuk semua jenis motor sport yang memiliki swing arm sejenis, misalkan CBR250RR, Ninja 250, R25 dan lain sebagainya. Di sini kita hanya perlu menyetel dudukanya saja agar pas dengan jalu paddock di motor.

  • Material

Pilihlah paddock motor yang mempunyai material besi atau aluminium yang tebal sehingga kuat menopang motor.

  • Pilih Merek Ternama

Merek ternama biasanya akan mengedepankan kualitas entah itu material, desain maupun finishingnya. Walau memang yang demikian harganya mahal hehe.

Rekomendasi Paddock Motor

Paddock LV8 Elevate

Paddock Stand LV8 Elevate
Paddock Stand LV8 Elevate belakang (Foto : Tokopedia.com)

Kita mulai dari merek asal Italia, LV8 Elevate. Soal desain dan kualitas jangan ditanya, karena memang sudah Top. Namun harga yang harus dibayar terbilang mahal yakni Rp 1,9 jutaan hingga 2 jutaan.

Paddock R&G

Paddock Stand R&G Belakang
Paddock Stand R&G belakang (Foto : Tokopedia.com)

Kalau ini merek dari UK, R&G memasarkan beragam aksesoris motor. Salah satunya ialah Paddock motor sport. Untuk harga juga terbilang masih mahal yakni Rp 1,8 jutaan.

Paddock ProjectONE V2

Paddock ProjectONE Belakang Universal
Paddock ProjectONE V2 belakang

Saya pernah membahas secara lengkap paddock ProjectONE V2 yang saya beli dengan harga Rp 1 juta.

Baca : Review Paddock ProjectONE V2 Belakang Universal di CBR250RR

Paddock Racing Yamaha

Paddock Stand Yamaha
Paddock Stand Yamaha belakang (Foto : yamaha-motor.co.id)

Kalau ini merupakan bagian aksesoris resmi dari Yamaha Indonesia untuk konsumen motor sport. Harganya berada di angka Rp 420 ribu dan hanya tersedia warna putih saja.

Paddock Racing Honda

Paddock Racing Honda
Paddock Racing Honda belakang (Foto : hondacengkareng.com)

Sama, Paddock Racing Honda ini pada dasarnya aksesoris untuk pengguna motor sport Honda agar mudah dalam mencari paddock motor. Harga Rp 550 ribu dan hanya tersedia warna merah.

Paddock WR3

Paddock Stand WR3 belakang
Paddock stand WR3 belakang (Foto : wr3.co.id)

Nama WR3 tidaklah asing bagi pecinta modifikasi motor. Ya karena merek lokal satu ini banyak sekali merilis aksesoris motor. Tidak terkecuali paddock stand teman-teman.

Kualitas jangan diragukan, karena ibaratnya ini R&G versi Indonesianya hehe. Oia, saya pakai spool paddock dari WR3 dan jozz kualitasnya. Harga paddock WR3 adalah Rp 850 ribu.

Paddock Agna

Agna yang dikenal dengan produk crash bar dan frame slider ini juga memasarkan paddock stand belakang dan headlift lho. Namun yang saya share di sini untuk yang belakang. Harga Rp 750 ribu. Paddock ini dipasarkan dalam 2 warna yakni hitam dan orange.

Paddock Agna Inspire
Paddock stand Agna Inspire (Foto : instagram.com/agnainspire)

Paddock Bpro

Paddock stand Bpro belakang
Paddock stand Bpro belakang (Foto : bpro-racing.com)

Bpro dikenal aktif di dunia racing khusunya drag race atau road race, pabrikan ini rupanya juga menjual paddock motor sport yang harganya Rp 500 ribuan. Yang menarik, di daftar ini cuma Bpro lho yang pakai material aluminium.

Paddock Daytona

Standar paddock Daytona Universal
Paddock stand Daytona belakang (Foto : Shopee.co.id)

Daytona sudah lama bermain dengan aksesoris motor,kualitasnya oke. Makanya tak heran jika punya paddock yang juga menjadi pilihan bikers. Warnanya lho orange, ngejreng banget. Harga paddock Daynona berada di angka Rp 600 ribuan. Yang menarik, dalam paket penjualannya terdapat 2 dudukan yakni Y dan L rubber.

Paddock Racing

Paddock Motor Universal
Paddock motor universal belakang (Foto : tokopedia.com)

Paddock motor satu ini buatan home industry, tidak ada mereknya. Namun biasanya dibeli label Paddock RACING. Meski begitu, desainnya keren dan banyak yang mengakui kualitasnya bagus baik untuk menopang mocil maupun moge. Harganya kalau di maretplace bervariatif,namun rata rata sih ada di angka 200 ribuan hingga 300 ribuan.

Kesimpulan

Paddock di motor sport punya peranan yang cukup penting yakni sebagai standar tengah yang berguna saat mencuci motor atau melumasi rantai. 10 Rekomendasi paddock di atas selain memperhatikan desain yang keren, juga berkualitas guna menunjang fungsinya. Dan yang menarik, harga bervariasi mulai dari ratusan ribu hingga jutaan. Jadi bisa teman-teman pilih sesuai budget. Semoga bermanfaat | Mas Muslim

Baca Juga : Cara Memasang Paddock Motor Sport Sendiri

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here