7 Perbedaan Kawasaki ZX25R STD dan ABS SE

0
Perbedaan Ninja ZX25R Standar dan ABS
Perbedaan Kawasaki ZX25R Standar dan ABS SE
Iklan AHM HC3

bmspeed7.com  – PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) sukses merilis Ninja ZX25R di Tanah Air lewat launching digital yang dilakukan pada 10 Juli 2020 lalu di Jakarta. Motor sport fairing 250cc dengan power maksimum 51 PS ini dipasarkan dalam 2 varian yakni STD dan ABS SE.

Dulu sebelum rilis, saya kira tipe ABS dan SE itu terpisah seperti di New Ninja 250 twin cylinder, eh tahunya di Kawasaki ZX25R ini digabung sehingga menjadi tipe tertinggi setelah dibawahnya ada tipe STD. Lantas apa saja perbedaan Kawasaki ZX25R STD dan ABS SE?

Saya mencatat sedikitnya ada 7 hal pembeda di ZX25R standar dengan tipe ABS SE. Berikut penjelasannya teman-teman.

Perbedaan ZX25R STD dan ABS SE

  • Kode Produksi

Pertama tama kita mulai dari kode produksi teman-teman. Jadi untuk ZX25R standar (STD) punya kode ZX250F. Sementara ZX25R ABS SE kodenya adalah ZX250G.

ZX adalah sebuah kode untuk motor Kawasasaki dengan mesin inline four alias 4 silinder segaris,misalnya aja nih ZX10R dan ZX636,itu kan mesinnya 4 silinder.

Sementara 250 menandakan kapasitas mesin yang sudah dibulatkan dari tadinya 249.8 cc. Nah untuk F dan G sendiri saya belum mendapatkan informasinya,mungkin ada teman-teman di sini yang tahu? hehe.

  • Harga

Untuk harga ZX25R STD dibanderol Rp 96.000.000 dan ZX25R ABS SE dibanderol Rp 112,900.000. Keduanya OTR Jabodetabekser (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi dan Serang). Oia, ini harga resmi saat rilis pada tanggal 10 Juli 2020, jadi jangan kaget kalau beberapa bulan ke depan naik yak hehe.

  • Pilihan Warna

Paling gampang membedakan sih, kalau ZX25R STD itu cuma warna hitam polos atau nama pemasarannya Metallic Spark Black . Sedangkan ZX25R ABS SE terdapat striping atau grafis pada bodinya dan tersedia 3 pilihan warna yakni Lime Green / Ebony KRT, Pearl Flatdust White dan Candy Plasma Blue.

Selengkapnya, baca : 4 Pilihan Warna Kawasaki ZX25R

  • Fitur ABS

Fitur ABS ZX25R
Fitur ABS ZX25R

Sesuai namanya Kawasaki ZX25R ABS SE dibekali teknologi sistem pengereman Antilock Brake System (ABS). Sedangkan versi standar tidak hadir fitur ini.

Teknologi tersebut terdapat pada roda depan dan belakang atau disebut ABS Dual Channel. ABS adalah fitur keamanan yang berguna untuk mencegah roda terkunci ketika direm secara mendadak, sehingga akan meminimalisir kecelakaan.

  • Fitur KQS

Fitur Quick Shifter ZX25R
Fitur Quick Shifter ZX25R

Kenapa ada embel-embel SE (Special Edition) di ZX25R tipe tertinggi? itu dikarenakan Kawasaki telah menyematkan fitur dan aksesoris tambahan. Kita bahas fitur KQS dulu, jadi fitur ini mempunyai kepanjangan Kawasaki Quick Shifter yang dimana fungsinya adalah membuat akselerasi dan deselerasi semakin cepat dan mudah.

Pengendara tidak perlu menekan tuas kopling secara terus menerus ketika memasukan gigi atau menurunkan gigi. Betul, Quick Shifter di ZX25R dua arah yaitu upshift dan downshift. Ini sih memberikan kenyamanan tersendiri bagi pengendara motor dengan tagline ‘Screaming Inline 4 Power‘.

  • Aksesoris

Aksesoris ZX25R
Aksesoris ZX25R

Menyambung dari poin ke-5 nih, jadi selain adanya KQS, di Kawasaki ZX25R ABS SE ketambahan beberapa aksesoris, yakni :

  • Single Seat Cover
  • Smoked windshield
  • Frame slider
  • Wheel rim tape

Kawasaki ZX25R STD tidak hadir aksesoris tersebut. Perihal aksesoris sih kemungkinan bisa dibeli secara terpisah nantinya. Opsi lain bisa beli aksesoris aftermarket,nanti juga banyak yang jual kok hehe.

  • Spesifikasi

Menurut data spesifikasi ZX25R yang saya dapat dari press release, perbedaan hanya pada berat, dimana ZX25R STD 180 kg dan ZX25R ABS SE 182 kg. Untuk lainnya sih sama ya. Selisih 2 kg ya wajar mengingat di ZX25R ABS SE ada modul ABS, komponen KQS dan aksesoris yang saya sebutkan di atas.

Kesimpulannya,perbedaan ZX25R STD dan ABS SE yang punya selisih harga Rp 16,900.000, konsumen sudah mendapatkan pilihan warna yang menarik, fitur keselamatan ABS, fitur kenyamanan KQS yang saat ini satu satunya dikelasnya dan 4 aksesoris resmi atau Kawasaki Genuine Accessories (KGA) yang sudah include dalam pembelian.

Nah sekarang teman-teman pilih yang mana nih, ZX25R STD atau ZX25R ABS SE?. FYI aja, pengamatan saya di sosial media sejauh ini sih kebanyakan memilih tipe ABS SE, untuk warna yang diincar Green KRT dan Candy Blue. Jadi jangan kaget kalau kedua warna tersebut ketika order harus inden ya hehe. Sekian, terima kasih sudah baca artikel ini, semoga bermanfaat. | Mas Muslim

Baca Juga : Knalpot Akrapovic ZX25R : Harga, Spesifikasi dan Suara

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here