Paket J&T Belum Diterima Tapi Status Diterima? Lakukan Ini

7
Paket J&T Belum Diterima Tapi Status Diterima
Kantor J&T Kajen, Pekalongan
Iklan AHM HC3

Jadi beberapa waktu lalu saya beli Gopro Hero 7 Black untuk menunjang aktivitas blogging saya. Sebagai blogger otomotif, mau gak mau saya harus punya action cam yang kualitasnya bagus, Gopro adalah pemain terdepan soal ini.

Tak heran jika teman-teman Blogger, sebut saja Iwanbanaran, TMCblog, Pertamax7, Kobayogas, dan Ardiantoyugo pakai Gopro untuk aktvitas blogging mereka. Rekan Blogger di atas beli Gopro udah lama, mungkin pas lagi mahal mahalnya karena pas beli belum ada seri terbarunya.

Kalau saya menuggu dulu,begitu harga udah turun dan ada dana, saya langsung beli secara online, kebetulan via Bukalapak. Nah, di sana ada banyak pilihan jasa ekspedisi yang akan mengantarkan paket sampai ke rumah. Saya memilih J&T karena memang bagus pelayananya baik kecepatannya, keramahan kurirnya maupun kondisi barang saat diterima pun selalu dalam keadaan baik.

Masalah muncul begitu saya beli Gopro, dimana paket J&T sudah berganti status menjadi diterima/delivered/terkirim namun saya dan keluarga belum menerima paket tersebut. Praktis saya panik, takutnya barang nyasar ke orang. Secara harga barang bagi saya tergolong mahal hehe.

Kronologi

  • Pembelian secara online dengan lokasi di Jakarta pada tanggal 2 Maret 2020. Estimasi waktu pengiriman ke rumah di Pekalongan memakan 3 hari, artinya sampai di 4 Maret 2020.
  • Namun di tanggal 4 Maret 2020 saya belum menerima barang, padahal History Pengiriman di Bukalapak menunjukan ”Diterima oleh Penerima Paket”

Penyebab

Berdasarkan informasi yang saya peroleh, status tracking sengaja diganti oleh kurir agar sesuai dengan waktu pengiriman atau biar tepat waktu. Mungkin ini menyangkut soal laporan ke perusahaan.

Lantas kenapa begitu, rupanya ada beberapa penyebab setelah saya amati :

  • Nomor susah dihubungi,kurir biasanya akan menginformasikan sebelum melakukan pengiriman ke alamat yang bersangkutran. Tujuannya untuk memastikan yang menerima paket ada di rumah dan biasanya juga untuk menanyakan detail alamat.
  • Cuaca,kebetulan waktu itu di daerah saya lagi musim hujan. Kalau udah abis Dzuhur aja biasanya hujan. Nah karena itulah terkadang taget pengiriman yang dilakukan oleh kurir jadi kurang maksimal.
  • Pengiriman membludak, ini seperti poin ketiga, bedanya soal kuota pengiriman yang membludak (misalnya saat HarbolNas) sehingga membuat waktu pengiriman menjadi tidak sesuai.

Ada yang mau nambahi berdasarkan pengamatan atau pengalaman? monggo ditulis di kolom komentar.

Cara Penyelesaian

Meskipun paket belum diterima tapi status sudah delivered, paket tetap aman karena masih disimpan di kantor J&T terdekat dari rumah kita dan besoknya baru dikirim.

Nah buat teman-teman yang sudah tidak sabar barang dikirim ke rumah, saran saya langsung datangi ke kantor J&T terdekat (biasanya diinfokan di history) lewat tracking dari kode resi yang kita masukan di situs jet.co.id.

Paket J&T Belum Sampai Status Diterima
Paket saya yang berisi Gopro Hero 7 Black

Sesampainya di kantor J&T, tanya ke karyawan. ”Mbak atau Mas, saya mau ngambil barang ini atas nama ini sambil ditunjukan nomor resi yang ada di HP”

Nanti karyawan di kantor J&T tersebut akan mengecek dan mengambil paket kita. Pada saat seperti ini, kita harus mengecek nama dan alamat pada paket pengiriman dan pastikan sudah sesuai, artinya memang itu paket kita.

Oia ada yang menarik, pada saat saya ke sana, rupanya barang saya hendak dikirimkan oleh kurir. Ini saya ketahui dari karyawan J&T begitu dia menanyakan barang saya.

Sekedar informasi,mengenai hal ini saya sudah 3 kali lho, bedanya yang 2 kali itu masih dalam proses pengiriman dan status belum delivered, namun karena saya gak sabar jadi saya jemput ke kantor begitu di history berganti status Delivered to Destination (kantor/gudang J&T terdekat).

Dan yang ketiga ini yang sukses bikin saya panik, status udah delivered dan melebihi batas waktu pengiriman tapi sebenarnya barang belum diterima.

Paket JNT, Status “Sudah Diterima”

Barang Belum Diterima Status Delivered J&T
Tanggal 4 barang sudah terkirim dan diterima oleh Iwenk bukan oleh saya, ini yang membuat saya panik.

Buat J&T, (kali aja dibaca orang J&T) mohon untuk memberikan informasi ke pelanggan bilamana tidak sanggup mengirimakan barang diwaktu yang telah ditentukan (prefer sesuai waktu), jangan kemudian mengubah history yang membuat pelanggan seperti saya ini panik.

Buat teman2 yang membaca artikel ini jangan panik ya, cukup saya saja😓. Pertanyaannya, apakah saya masih tetap menggunakan jasa pengiriman J&T? masih. Kali ini saya memakluminya, semoga J&T dapat berbenah seperti yang saya harapkan di atas. | Mas Muslim » IG @bmspeed7

Baca Juga » Harga KYT TT Course Naik Gila Gilaan, Diburu Helmet Lovers Nih !!

7 COMMENTS

  1. Bener itu kak, saya sedang mengalami hal ini, seharusnya konfirmasi ke orangnya dulu kalau memang belum bisa d kirim hari itu, jangan di ganti status pengirimannya, kan kita jadi panik sedangkan paket belum d terima.. tolong dong untuk J&T di perhatikan hal2 seperti ini,

  2. Dibikin panik sama JNT, paket delivered tapi barang belum diterima, tolong dong jika memang pengirimannya lain waktu dan status diganti delivered, konfirmasi dulu ke penerima Ngga panik dan pasti, jangan ngegampangin..

  3. Itu yang saya alami saat ini. Diaplikasi shopee status sudah diterima oleh saya padahal saya belum terima sama sekali. Ini pertama kali saya pakai j&texpress dan dapat kendala seperti ini. Saya fikir kalau ongkirnya agak mahal bakal cepat sampai soalnya paketnya berisi tanaman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here