10 Ciri Knalpot Proliner TR1R Original atau Asli

0
Knalpot Proliner TR1R CBR250RR
Knalpot Proliner TR1R CBR250RR

bmspeed7.com – Sebelum beli, kenali dulu ciri ciri knalpot Proliner original atau asli. Ini dikarenakan di pasaran beredar tipe TR1/TR1R yang palsu/fake atau sering kali disebut KW.

Bagi bikers yang sudah lama bermain dengan knalpot racing atau nimbrung di forum knalpot lovers, kemungkinan besar tahu perbedaan knalpot Proliner asli dan palsu.

Namun bagi bikers pemula yang baru ingin mengganti knalpot bawaan pabrik ke knalpot racing kadang kala dibuat bingung mengenai ciri-ciri yang asli dan palsu seperti apa.

Karena untuk Proliner tipe TR1 atau TR1R yang merupakan knalpot sejuta umat sudah banyak dijiplak oleh perajin lokal. Padahal Proliner sendiri produk lokal, eh di KW-in juga wkwkwk.

Mengerikannya, di marketplace banyak yang palsu,lho! jadi memang kudu teliti sebelum membeli. Dan berikut informasi selengkapnya mengenai ciri knapot proliner TR1R asli. FYI, TR1R adalah versi terbaru dari TR1.

Knalpot Proliner TR1R Original

  • Tampilan

silincer Proliner TR1R original
Begini penampilan silincer Proliner TR1R original, sandblast titanium look! (Tersedia short dan long), kebetulan punya saya yang long.

Knalpot Proliner TR1R original biasanya menggunakan finishing sandblast titanium look baik dari header, mid pipe hingga silincer. Sedangkan untuk yang palsu/KW biasanya terlihat lebih glowing alias kinclong gitu. Untuk tipe carbon dibedakan hanya selonsong silincernya saja, selebihnya sama kaya Titan (sebutan titanium look).

  • DB Killer

DB Killer Proliner TR1 atau TR1R
DB Killer untuk meredam suara, tentunya hadir pula per 4 buah

Ketika kita membeli kondisi baru maka terdapat komponen DB Killer atau peredam suara berwarna hitam atau titan termasuk bautnya. Namun tidak menutup kemungkinan penjiplak menyertakan DB Killer dalam paket penjualannya. So, cek bagian lainnya teman-teman

  • Braket Paten/Fix

Patent bracket Proliner TR1R
Patent bracket Proliner TR1R

Infomasi yang saya peroleh dari penjual knalpot Proliner original, untuk tipe TR1 tidak lagi diproduksi dan digantikan versi terbaru dengan label TR1R. Ciri cirinya adalah sekarang menggunakan patent bracket yang artinya tidak bisa dicopot. Ini membuat terlihat rapi sekaligus membuat silincer tidak mudah lecet. Sementara yang dulu kan masih menggunakan klem.

  • Karet Merah

Ciri Knalpot Proliner Asli
Gelang karet merah pada moncong silincer

Pada moncong knalpot terdapat karet berwarna merah yang melingkar sehingga disebut sebagai gelang. Lagi lagi ini terdapat pada TR1R, inilah upaya Proliner Indonesia agar produknya semakin susah untuk dijiplak atau dipalsukan.

  • Logo Emblem

Emblem Proliner TR1R Original
Terpasang rapi dan presisi sebagi identitas knalpot Proliner TR1R original

Dimensi logonya pas,enggak kekecilan atau kebesaran. Mengkombinasikan 4 warna yakni hitam, merah nyala (candy red), titanium, dan silver. Jika diraba, pada bagian dasar logo sangat halus. Pada kata ”Pro” jika diraba terasa kasar dan menjorok ke dalam. Sementara pada kata ”LiNeR” terdapat guratan kecil secara vertikal. Dan terakhhir, paku rivetnya kecil dengan finishing titanium look dan dipasang sejajar antara kiri dan kanan. Gila, sedetail itu brok!

FYI, pada seri TR1 tidak diberikan paku rivet, namu di TR1R diberikan paku rivet lagi dengan alasan safety dan tentunya tidak mudah lepas.

  • Hologram

N1 (Enwan Multi Partindo)
N1 (Enwan Multi Partindo) selaku distributor knalpot Proliner di Indonesia

Knalpot Proliner yang ori terdapat hologram N1 (PT Enwan Multi Partindo) yang merupakan distributor resmi Proliner di Indonesia. KW? jangan ngarep deh!. Dan menariknya,hologram ini tahan panas dan air lho!. Saya sendiri sudah pakai cukup lama pada CBR250RR dan hologram tersebut masih melekat sempurna.

  • Logo Laser

Laser PROLINER
Laser PROLINER

Pada bagian ujung silincer terdapat logo Proliner menggunakan laser. Lagi lagi ini adalah upaya produsen untuk membedakan yang asli sehingga agar tidak mudah dipalsukan oleh oknum tak bermoral.

  • Las Lasan

Meski menjadi knalpot sejuta umat lantaran harganya yang terjangkau bagi biker berkantong tipis seperti saya, namun soal las lasan rapi jali. Saya termasuk orang yang memperhatikan soal bagian ini dan Proliner melakukannya dengan sangat rapi baik dari header hingga silincer. Monggo lihat detailnya di bawah ini.

  • Pipa Bending

Pipa Bending Knalpot
Terlihat berkelas ini mah

Lagi lagi ini kelebihan dari Proliner, pipa sudah menganut sistem bending alias ditekuk menggunakan mesin. Dengan begitu terlihat lebih rapi, presisi dan safety. Pernah ada postingan di grup (lupa namanya euy) jadi headernya patah lantaran masih menggunakan las cacing dan bukan dibending seperti ini. Padahal pada area tersebut yang pertama menerima panas dan getaran dari mesin. Jadi kalau milih knalpot full system, lebih baik headernya sudah dibending.

  • Packaging

Kadus knalpot Proliner yang asli
Kadus knalpot Proliner yang asli

Knalpot dibawah N1 baik itu knalpot R9 atau Proliner, dikemas sangat rapi menggunakan kardus dan terdapat beberapa infomasi yakni :

  • Diperuntukan untuk motor apa
  • Logo ProLiNer
  • Produksi by PT Gloria Karya Sukses
  • Bahan yang dipakai
  • Made In Indonesia
  • Dll

Nah di atas adalah informasi mengenai 10 ciri-ciri knalpot Proliner TR1R original. Semoga bermanfaat bagi teman-teman yang sedang mencari informasi ini. Waspada barang palsu, pastikan hanya beli yang asli ! | Mas Muslim

Baca Juga : 10 Rekomendasi Paddock Motor dan Harga Terbaru 2020

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here