3 Jenis Knalpot Motor Dilihat Dari Posisi Pemasangannya

0
Jenis Knalpot Motor Berdasarkan Posisi
Jenis Knalpot Samping/Side Muffler

bmspeed7.com – Ada yang menyebut knalpot, muffler dan exhaust, apapun penyebutannya merujuknya ke satu komponen sepeda motor yang bertugas menyalurkan sisa pembakaran di mesin. Nah,knalpot sendiri ada 3 jenis jika dilihat dari posisi pemasangannya.

Betul, teman-teman udah pada tahu lah ya berdasarkan posisi penempatannya itu ada yang di belakang, bawah mesin dan yang paling umum di samping.

Dari 3 jenis knalpot motor tersebut tentu punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Jenis Knalpot Motor

Undertail

Ada yang menyebut undertail dan underseat, karena memang silincer knalpot berada pada ekor dan di bawah jok. Umumnya moncong knalpot terlihat jelas di bawah stoplamp.

Jenis knalpot seperti ini dulu hadir di supersport maupun superbike, sekarang pun masih ada pabrikan yang menerapkannya,contohnya Honda dengan New CBR600RR.

Secara tampilan saya bilang sih ikonik ya, karena tidak banyak tipe motor yang pakai.

Honda CBR600RR 2021
Honda CBR600RR 2021

Underbelly

Disebut juga knalpot kolong,karena letak silincer berada di kolong atau di bawah mesin. Kelebihan dari underbelly torsinya besar di putaran bawah, makanya di Kawasaki ZX25R pakai jenis ini karena biar tenaga bawahnya nendang.

Kawasaki ZX25R Lime Green / Ebony

Side Muffler

Paling umum dan kita mudah melihatnya,silincer knalpot yang letaknya di samping. Umumnya sih ada di sebelah kanan.

Honda CBR250RR SP Matt Gunpowder Black Metallic
Honda CBR250RR SP Matt Gunpowder Black Metallic

Dari ke-3 jenis knalpot motor di atas manakah yang paling teman-teman sukai? kalau saya sih suka yang di samping, lebih terlihat aja sih knalpotnya. Dan secara tenaga bisa dapat dari bawah,menengah hingga atasnya. | Mas Muslim

Previous articleIni Dia Warna Baru Honda CBR150R 2021 di Thailand
Next articlePertamina Mandalika SAG Team Siap Berlaga di Moto2, Ada 2 Pembalap !
Berawal dari suka membaca jadi mendatangkan pembaca. Salam kenal semua, saya Bukhori Muslim, blogger otomotif dari Pekalongan yang mengudara sejak 2015. Terima kasih sudah membaca artikel bmspeed7.com. Semoga bermanfaat. Instagram saya @bmspeed7 boleh banget difollow :D

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here