Honda Berikan Tips Memilih dan Merawat Sarung Tangan

0
sarung tangan protector
Tips memilih dan merawat sarung tangan
Iklan AHM HC3

Kali ini ada tips memilih dan merawat sarung tangan berkendara dari PT Astra Honda Motor (AHM) lewat tim Safety Riding. Buat teman-teman pembaca bmspeed7.com pastinya udah tahu lah kalau pabrikan berlogo sayap mengepak ini paling getol mengkampanyekan keselamatan berkendara di jalan.

Selain itu,tim Safety Riding juga memberikan tips lho, seperti baru baru ini misalnya, yakni cara memilih dan merawat sarung tangan. Semua sapakat bahwa safety gear satu ini wajib hukumnya dipakai untuk melindungi tangan bilamana terjadi kecelakaan.

Selain itu, fungsi sarung tangan juga memberikan kenyamanan saat berkendara baik di siang maupun malam hari. Ketika siang misalnya, sarung tangan dapat melindungi area tangan dari sengatan sinar matahari. Sementara ketika malam, tangan kita tidak akan kedinginan. Kalau udah kedinginan area jari berpotensi terkena kram yang berakibat dapat mengurangi kenyamanan berkendara di jalan.

Safety Riding Manager AHM,Johannes Lucky mengatakan bahwa pemilihan dan perawatan sarung tangan berguna untuk menunjang kenyamana berkendara.

“Banyak sekali jenis sarung tangan untuk berkendara. Para bikers perlu memperhatikan masing-masing fungsinya agar tidak salah pilih,ujar Lucky.

Nah, di bawah ini adalah beberapa tips dari Honda berkenaan dengan tips memilih dan merawat sarung tangan untuk riding.

Memilih dan Merawat Glove

Pilih Bahan Yang Sesuai

Ada dua jenis bahan yang sering dipakai untuk sarung tangan/glove berkendara yakni kain (biasanya kombinasi mesh) dan kulit. Keduanya punya kelebihan dan peruntukan masing-masing. Mesh lebih cocok dipakai ketika siang hari karena dapat memberikan sirkulasi udara yang lebih baik sehingga dapat menyerap keringat.

Sementara untuk glove berbahan kulit lebih cocok ketika dipakai di malam hari karena lebih hangat. Glove berbahan kain sifatnya lebih lentur sehingga ketika baru dipakai aja jari jari lebih enak digerakan. Tentunya berbeda dengan glove berbahan kulit, karena punya sifat yang kaku jadi membutuhkan penyesuaian.

Meski sama sama berfungsi untuk melindungi area tangan, glove dengan bahan kulit lebih baik melindungi dari gesekanl. Itu sebabnya para pembalap menggunakan glove berbahan ini dan pastinya dari sisi harga lebih mahal.

Jika glove yang proper berbahan kain bisa ditebus dengan harga Rp 150 ribuan, maka untuk berbahan kulit mulai di harga Rp 300 ribuan bahkan satu 1 jutaan, misal Alpinestars Celer atau Dainese Air Hero.

  • Nyaman Dipakai

Sarung Tangan

Ini udah pasti, sarung tangan yang kita pakai harus nyaman. Pertama pastikan harus sesuai ukuran, velco harus dikaitkan, model full jangan yang bolong-bolong dan bila ada protektornya malah lebih baik.

“Para bikers juga perlu memilih sarung tangan yang memiliki pelindung tulang agar dapat melindungi tangan secara maksimal” tambah Lucky.

  • Perawatan

Sama seperti safety gear lainnya, glove juga perlu dirawat yang dalam hal ini adalah dibersihkan secara mandiri. Tujuannya juga sama, untuk menjaga kualitas tetap terjaga, menghilangkan bau akibat keringat dan menghilangkan kuman, apalagi pada situasi seperti sekarang ini, kita harus lebih peduli dengan kebersihan safety gear, glove salah satunya.

Glove Bahan Kain/Mesh

Pertama rendam dalam air hangat yang telah dicampurkan sabun cuci tangan atau sabun bayi selama 5-10 menit. Kedua bersihkan sela-sela glove dengan tangansecara perlahan lahan dan ketiga jemur dibawah terik matahari.

Glove Bahan Kulit

Cukup bersihkan saja dengan air tanpa meremdamnya, hal ini untuk menghindari kerusakan pada lapisan kulit. Bersihkan sela-sela glove dengan tangan dan jangan dijemur dibawah terik matahari, cukup diangin anginkan saja

Baik glove bahan kain dan bahan kulit, ketika mencuci jangan gunakan sikat ya, karena dapat merusak glove. Cukup bersihkan pakai tangan sudah bersih kok. Selamat mencoba teman-teman,sekian untuk artikel seputar tips memilih dan merawat sarung tangan berkendara, semoga bermanfaat. | Mas Muslim » IG @bmspeed7

Baca Juga » Bikers, Ini 10 Tips Agar Terhindar Virus Corona

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here