Kabur dari Malaysia, Penjualan Motor Kawasaki Diambil Alih Modenas

0
Kawasaki Motor Malaysia
Iklan Suzuki Nex II Mobile

bmspeed7.com – Kawasaki Motor Malaysia (KMM) akhirnya menyerah berjualan motor di Malaysia. Modenas (Motosikal dan Enjin Nasional Sdn. Bhd) menggantikan peran Kawasaki berjualan motor serta memproduksi dengan sistem CKD (Completely Knock Down) di negeri jiran tersebut.

Sebagaimana yang diberitakan PanduLaju, Kawasaki Heavy Industries (KHI) Japan saat ini mempunyai 30% saham di Modenas yang merupakan anak perusahaan DRB-HICOM. Dan mungkin karena market share Kawasaki di Malaysia kurang mengairahkan jadi membuat KHI lebih memilih menyerahkan pemasaran dan produksi ke Modenas.

Kerjasama tersebut  melahirkan Modenas Ninja 250 ABS,motor 250cc 2 silinder yang tidak ada bedanya baik fitur maupun spesifikasi kala saat di jual Kawasaki. Yah namanya aja rebadge teman-teman jadi memang sama persis. Dan yang menarik, Modenas Ninja 250 ini pertama di Asia Tenggara yang sudah lolos EURO 4.

Modenas Ninja 250 SE ABS
Modenas Ninja 250 diperkenalkan di National Automotive Policy (NAP)

Modenas Produksi Motor Kawasaki Under 700cc

Motor Kawasaki yang akan diproduksi sekaligus dijual Modenas hanya yang dibawah 700cc saja. Nantinya produk rebadge tersebut akan diproduksi dipabrik Modenas di Gurun, Kedah.

Belum diketahui tipe motor dibawah 700cc apa saja yang bakal diproduksi sekaligus dijual Modenas di Malaysia. Namun dikatakan tahun ini Modenas akan meluncurkan 8 motor baru,separuhnya adalah rebadge dari Kawasaki. Yang udah ketebak sih Ninja 250 ABS, Versys 250 dan Z250.

Roslan Roskan, CEO Modenas via Pandulaju mengatakan bahwa peralatan dan mesin yang diperlukan sudah tiba dipabrik Modenas dan siap memproduksi beberapa motor terbarunya.

Sebagai informasi, Modenas merupakan merek sepeda motor nasional Malaysia yang sudah berdiri sejak 1995. Wah udah lama juga nih. Sahamnya sendiri dimiliki oleh DRB-HICOM, Sojitz Corporation, Khazanah Nasional, dan Kawasaki Heavy Industries (KHI) Japan.

Sebelum memproduksi motor Kawasaki, Modenas lebih dulu memproduksi dan menjual beberapa produk dari Bajaj India dan Kymco Taiwan. Tak hanya rebadge saja, Modenas juga juga punya produk hasil R&D sendiri yakni Karisma 125,Kriss 110, Kriss MR2, Kriss CT115S dan lain sebagainya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here