Pengertian Watermark Dan Fungsinya

0
Apa Itu Watermark?
Apa Itu Watermark?

Apa Itu Watermark Dan Fungsinya – Bagi kalangan media maupun Blogger, Watermark bukan suatu hal yang asing bagi mereka. Lantas apa itu Watermark? Kalau diartikan water berarti air,mark berarti tanda. ­čśÇ

So, bisa kita simpulkan kalau pengertian Watermark adalah sebuah tanda kepemilikan dalam hal ini ialah foto/gambar maupun video berupa tulisan kecil/logo yang terlihat mengambang pada sebuah gambar maupun video.

Kenapa mengambang? karena memang format gambar untuk Watermark biasanya PNG bukan JPG maupun JPEG. Dipilihnya ekstensi PNG lantaran dia transparan ketika ditimpa pada gambar maupun video.

Fungsi Watermark

Kemudian apa fungsi dan kelebihan foto atau video yang ada watermark?

Secara fungsi, Watermark adalah bukti kuat kalau gambar atau video tersebut merupakan hasil kempemilikan dari yang menciptakan atau disebut content creator. Status ┬ęcopyright juga bisa disematkan pada gambar/video yang ada Watermarknya.

Karena memang kebanyakan gambar dan video yang dikasih watermark sebagian besar hasil foto/rekam video pribadi seperti Blogger dan Youtuber maupun media yang tergabung dalam suatu group/company.

Kelebihan Foto dan Video Memakai Watermark

1. Meminimalisir Gambar atau video kita dicolong seseorang,mengingat sudah ada tanda pengenal/kepemilikan gambar/video tersebut.

2. Jika gambar /video kita diambil orang dan kemudian dishare di sosmed misalnya, secara tidak langsung nama website kita akan tenar. Hehe

3. Karena saya seorang Blogger,yang berdasar pengalaman saya mempunyai foto dengan watermark,tidak jarang jika foto kita dipakai oleh blogger/media/youtuber terkadang ada yang ngasih Backlink.

Apa itu backlink? Backlink adalah link dari website/blog yang mengrah ke blog saya. Dengan begitu otomatis pengunjung saya akan bertambah dan meningkatkan rangking blog saya.

4. Selain untuk melindungi gambar atau video ciptaan kita,suatu gambar/video yang dikasih watermark mempunyai seni tersendiri apabila penempatan watermark itu tidak menganggu keindahan/estetika gambar. Penempatan watermak biasanya dipojok bawah kiri kanan pojok atas kiri kanan dengan opasitas yang bisa disesuaikan dengan keinginan kita.

Contoh Penempatan Watermark
Contoh Penempatan Watermark

Kekurangan gambar/video memakai watermark

Sejauh pengamatan saya tidak banyak kekurangan,namun ada 2 kekurangan sebagai berikut :

1. Dicap pelit lantaran adanya watermak pada foto yang diposting dan tidak bisa dipakai orang lain,perkara gambar yang dikasih watermark dan tidak mau diambil media dan blogger bukan karena menguntungkan trafik yang punya gambar watermark, tapi karena keprofesionalan merekalah yang ogah memakai gambar orang lain yang dikasih watermark.

2. Menggangu tampilan gambar. Yups, walau gambar bagus, entah hasil jepretan pribadi atau oleh rekayasa komputer kita menarik namun jika peletakan watermark tidak tepat akan menganggu tampilan gambar…intinya tinggal pinter pinternya kta aja meletakan watermark pada posisi yang tepat supaya tidak mengagu estetika gambar

Itulah pengertian watermark dan fungsinya, semoga berguna!

(Baca Juga : Cara Upload Foto di Instagram Lewat PC dan Laptop)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here