Pasang Velg Ring 12 Inchi ke Honda Scoopy Lama, Bisa !

17
Honda Scoopy Lama Pakai Velg Ring 12 Inchi Milik Scoopy 2017
Iklan AHM HC3

bmspeed7.com – Masbro sekalian,larisnya All New Honda Scoopy di Tanah Air sejak diluncurkan pada tanggal 29/03/17,rupanya menjadi perhatian tersendiri bagi pemilik Scoopy lama yang ingin pasang velg ring 12 Inchi dari sebelumnya ring 14 inchi layaknya motor matic Honda lainnya yakni BeAT, Genio, Vario dan lain sebagainya.

Pertanyaannya, apakah bisa velg ring 12 inchi dipasang di Scoopy lama? jawabannya ialah bisa! hanya saja ada beberapa penyesuaian tidak seluruhnya plug n play (PNP) atau bisa dipasang secara langsung.

“Bisa saja namun harus ada beberapa penyesuaian,” terang Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor. ”Penyesuaian itu tentu berkaitan dengan ukuran ban baru yang lebih lebar”. tambahnya seperti yang dilansir dari Otomotifnet.

Ukuran Velg Scoopy

Sekedar informasi, roda All New Honda Scoopy 2017 hingga saat ini dan Honda Scoopy lama memiliki spesifikasi yang berbeda, nih dia datanya.

Baca : 7 Warna Honda Scoopy Terbaru 2020 Tipe Stylish dan Sporty

Roda Honda Scoopy 2017 Baru dan Lama
Roda Honda Scoopy 2017 Baru dan Lama (Otomotifnet)

Velg Scoopy 2017 Up

  • Ukuran Velg Depan : 2.15×12
  • Ukuran Velg Belakang : 2.50×12
  • Ukuran Ban Depan : 110/90-12
  • Ukuran Ban Belakang : 110/90-12
  • Jika ban terpasang di Velg,ban depan memiliki lebar 78 mm dan belakang 89 mm.

Velg Scoopy Lama

  • Ukuran Velg Depan : 1.85×14
  • Ukuran Velg Belakang : 2.15×14
  • Ukuran Ban Depan : 80/90-14
  • Ukuran Ban Belakang : 90/90-14
  • Jika ban terpasang di Velg,ban depan memiliki lebar 97 mm dan 110 mm.

Nah, jika dilihat memang ada beberapa perbedaan roda All New Honda Scoopy 2017 dan Honda Scoopy lama,dengan demikian maka harus ada penyesuaian,karena jika tidak maka ban akan terjadi gesekan dengan suspensi.

Berarti roda depan tidak PNP dong mas?

Yups,memang betul…. tapi itu berlaku untuk roda depan loya, karena untuk roda belakang nyatanya langsung terpasang alias PNP ( plug n play) dan itu sudah dibuktikan oleh kang Marnu Triono,Blogger R2 asal Kediri sang owner WarungBiker.com

Pasang Velg Scoopy 12

Scoopy Lama pakai velg 12 inchi milik Scoopy 2017
Scoopy Lama pakai velg 12 inchi milik Scoopy 2017 (Warungbiker)

Untuk memasang roda depan Honda Scoopy 2017 ke Honda Scoopy versi lama memang tidak berjalan mulus masbro,dalam artian musti ada penyesuaian,caranya adalah dengan mengganti triple clamp alias segitiganya.

Ini dikarenakan milik All New Scoopy 2017 lebih lebar dan jika ban terpasang tidak akan bergesek dengan suspensi, Sebaliknya,jika ban Honda  Scoopy tahun 2017 dipaksakan untuk dipasang,maka hasilnya akan seperti gambar dibawah ini.

Lantas selain pegantian Triple Clamp apakah ada cara lain supaya ban depan Scoopy baru bisa dipasang di Honda Scoopy lama?

Triple Clamp Honda Scoopy 2017 (Otomotifnet)

Perlu Ubahan

Bisa,tapi kalian harus menyesuaikan 2 komponen seperti dibawah ini :

  • Memangkas bushing kanan dan kiri,alasannya ialah untuk menyesuaikan agar roda bisa tepat berada di tengah,sehingga bisa berjalan mulus tanpa bergesekan dengan tabung suspensi.
  • Memangkas bantalan/dudukan cakram guna menyesuaikan dengan kaliper rem. Karena jika tidak dipangkas  cakram akan bergesekan langsung dengan tabung suspensi bahkan hingga kaliper cakram tidak bisa di pasang.

Nah pada intinya velg Honda Scoopy ring 12 inchi bisa dipasang di Scoopy lama, hanya butuh penyesuaian alias tidak PNP. Semoga artikel ini berguna bagi pemilik Honda Scoopy lama yang ingin mengganti velg 12 inchi milik All New Honda Scoopy 2017. | Mas Muslim @bmspeed7

Baca Juga : Kenali 4 Generasi Honda Scoopy Dari Masa Ke Masa

17 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here