Kapasitas Oli Genio dan BeAT 2020 650 ml, Pakai Yang 800 ml, Tapi…

0
Kapasitas Oli Genio 650 ml.

bmspeed7.com – Honda Genio dan BeAT 2020 adalah motor matic yang mempunyai hal kebaruan cukup banyak. Pada sektor dapur pacu (mesin) misalnya, AHM membangun  ulang sehingga didapat mesin yang lebih kompak dan berdampak pada berkurangnya bobot motor.

Hal tersebut tentunya tak lepas dari kapasitas oli Genio dan BeAT 2020 yang hanya 0,65 Liter (650 ml). Seperti yang kita ketahui bersama, pada motor matic 110cc Honda umumnya pakai oli 0,8 Liter (800 ml).

Kemasan Oli 0,65 Liter

Hingga saat ini, PT Astra Honda Motor (AHM) lewat website resminya belum memasarkan oli dengan kemasan 0.65 Liter. Yang ada 0,8, 1,0 dan 1,2 liter. Namun di pasaran sebenarnya udah ada merek oli dengan kapasitas 650 ml yakni BM1. Ada lagi? komen di bawah ya.

Tips Ganti Oli Genio dan BeAT 2020

Buat teman-teman yang punya salah satu motor di atas dan berniat ingin ganti oli motor dengan kemasan 800 ml, ada tips nih. Pakai gelas ukur, pastikan takarannya 650 ml. Dengan begitu akan sesuai dengan anjuran dari PT Astra Honda Motor (AHM).

Tapi itu berlaku kalau teman-teman mengganti sendiri di rumah ya, soalnya kalau di bengkel resmi Honda atau AHASS biasanya udah ada. Nah yang ditakutkan adalah ketika mengganti di bengkel umum dan dikira sama dengan mesin 110cc sebelumnya.

Sebagai konsumen,teman-teman harus mengingatkan kepada mekanik di bengkel umum agar menakarnya 650 ml.

Bagaimana jika semua oli kemasan 800 ml dimasukan ke mesin Genio dan BeAT 2020? Ada beberapa efek yang timbul, yakni :

  • Akselerasi atau tarikan mesin menjadi berat
  • Mesin menjadi cepat panas yang berpengaruh pada performa mesin
  • Seal pada bagian mesin mudah bocor sehingga oi dapat masuk ke ruang bakar, ini dikarenakan pada penampungan oli tidak ada ruang lagi.

Ada baiknya sih AHM segera memasarkan oli dengan kemasan 650 ml, karena :

  • Lebih praktis
  • Kemungkinan harga lebih murah
  • Tidak membingungkann konsumen
  • Tidak ”mubazir”, mengingat jika oli yang disimpan terlalu lama dengan keadaan terbuka kondisinya jadi kurang baik dan akhirnya tidak terpakai. | Mas Muslim

Baca : Perbedaan Dealer Honda Reguler, Wing & Big Wing

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here