Spesifikasi All New Honda BeAT 2020, Mesin dan Rangka Baru !

0
Spesifikasi Honda BeAT 2020
All New Honda BeAT Deluxe Matte Black (MPM)

Spesifikasi All New Honda BeAT 2020, mesin dan rangka baru. Itulah yang menjadi highlight pada motor matic terbaru PT Astra Honda Motor (AHM) selain dari desain dan fitur-fitur yang ditawarkan.

Embel embel ”All New” yang melekat memang membawa perubahan besar pada Honda BeAT series yang didalamnya dihuni varian Sporty, Deluxe dan Street ini. Wajar teman-teman, sebab pada line up matic 110cc, pabrikan berlogo sayap mengepak tersebut punya Honda Genio yang notabene hadir dengan standar baru di matic Honda. Utamanya adalah soal fitur dan spesifikasinya. Lho apa hubungannya dengan Genio, si #Gen_Eksis itu?

Ya, jadi mesin dan rangka baru bernama eSAF (encahnced Smart Architecture Frame) yang dicangkokan pada All New Honda BeAT 2020 tersebut statusnya common part dari Honda Genio. Ini makanya saya bilang kalau Genio membuka standar baru di kelas skutik low end 110cc Honda. Hal semacam ini sudah lumrah terjadi pada pabrikan, dimana dengan sharing platform/ common part antar produk, maka akan lebih efisien soal waktu produksi dan biayanya.

Honda BeAT LED
All New Honda BeAT LED tipe CBS (AHM)

Spesifikasi All New Honda BeAT 2020

  • DIMENSI DAN BERAT
Panjang x Lebar x Tinggi 1.877 x 669 x 1.074 mm
Tinggi tempat duduk 740 mm
Wheelbase 1.256 mm
Ground clearance 147 mm
Berat 89 Kg (tipe CBS), 90 Kg (Tipe CBS-ISS)
  • RANGKA DAN KAKI-KAKI
Tipe rangka Backbone – eSAF (enhance Smart Architecture Frame)
Tipe suspensi depan Teleskopik
Tipe suspensi belakang Lengan Ayun dengan Peredam Kejut Tunggal
Ukuran ban depan 80/90 – 14 M/C – Tubeless
Ukuran ban belakang 90/90 – 14 M/C – Tubeless
Rem depan Cakram Hidrolik dengan Piston Tunggal
Rem belakang Tromol
Sistem pengereman Combi Brake System (CBS) pada semua tipe
  • KAPASITAS
Kapasitas tangki BBM 4.2 Liter
Kapasitas oli 0.65 Liter Pada pergantian Periodik
  • MESIN
Tipe mesin 4 Stroke, SOHC 2 katup, eSP
Volume langkah 109.5cc
Sistem suplai bahan bakar Injeksi (PGM-FI)
Bore x Stroke 47.0 x 63.1 mm
Tipe tranmisi Otomatis, V-Matic
Rasio kompresi 10.0 : 1
Power maksimum 6.6 kW (9.0 PS) di 7.500 RPM
Torsi maksimum 9.3 N.m (0.95 kgf.m) di 5.500 RPM
Tipe starter Elektrik dan Kick Starter
Tipe kopling Otomatis, Sentrifugal, Tipe Kering
  • KELISTRIKAN
Lampu depan LED
Lampu belakang Bohlam
Lampu sein Bohlam
Tipe baterai atau aki BeAT MF 12V-3Ah (Tipe CBS) MF 12V-5Ah (Tipe CBS-ISS)
Sistem pengapian Full Transisterized, Baterai
Tipe busi NGK MR9C-9N/DENSO U27EPR9-N9

Jika melihat data spesifikasi All New Honda BeAT 2020 diatas, maka kita akan menemukan banyak sekali perbedaan dibanding versi BeAT lama teman-teman.

Mesin Honda BeAT 2020
Mesin All New Honda BeAT 110cc generasi terbaru (AHM)
  • MESIN

Seperti yang saya bilang diawal, bahwa All New Honda BeAT 110cc membawa spek mesin yang sama dengan Honda Genio yakni mesin 1 silinder 4 stroke berkapasitas 109.5cc yang dihasilkan dari Bore x Stroke 47.0 x 63.1 mm.

Tenaganya kini berada di angka 6.6 kW (9.0 PS) di 7.500 RPM dari sebelumnya 6,38 KW (8,68 PS) di 7.500 RPM.  Torsi maksimum mencapai 9,3 Nm di 5.500 RPM. Sebelumnya, 9 Nm di 6.500 RPM. BeAT lama punya kapasitas mesin lebih kecil yakni 108,2 cc dengan Bore x Stroke 50 x 55,1 mm.

Baik yang baru dan lama masih mengandalkan 2 klep dan berpendingin udara. Tentunya sudah didukung pengabutan bahan bakar injeksi PGM-FI ESP dan ACG Starter.

Berdasarkan tes internal AHM dengan metode ECE R40, didapat hasil konsumsi BBM All New Honda BeAT 2020 yang sangat irit yakni  60,6 km/liter dengan catatan fitur Idling Stop System (ISS) on. Dengan begitu mampu menempuh jarak 254,52 km dalam sekali pengisian bahan bakar. Wuih, mantap nih!

Oia, dengan mesin yang baru ternyata kapasitas olinya lebih sedikit yakni 0,65 Liter dari sebelumnya 0,7 Liter. Kemudian untuk rasio kompresi juga mengalami kenaikan menjadi 10.0 : 1 dari sebelumnya 9,5 : 1.

  • RANGKA (CHASIS)

Rangka eSAF Honda BeAT dan Genio
Rangka eSAF di All New Honda BeAT (AHM)

Kemudian yang kedua adalah soal rangka, AHM melakukan improvement dibagian ini dengan menyematkan rangka baru yang dinamakan eSAF (enhance Smart Architecture Frame) yang berbentuk gepeng dan pembuataanya dengan sistem robotik.

Sebelumnya, rangka sama sama backbone namun menggunakan pipa berbentuk bulat dan pembuatan masih dilakukan secara manual. Ada beberapa kelebihan rangka eSAF,dua diantaranya ialah lebih ringan dan lebih rigid. Menurut AHM rangka jenis ini dapat meningkatkan stabilitas handling sehingga mudah dikendalikan dan nyaman saat dibawa bermanuver.

Test Ride All New Honda BeAT
Test Ride All New Honda BeAT (AHM)
  • DIMENSI

Karena menggunakan konstruksi rangka baru, maka dimensi dari motor pesaing Yamaha Mio M3 ini juga berubah. Kini Panjang, Lebar dan Tinggi berada di angka 1.877 x 669 x 1.074 mm. Pada  P X L X T Honda BeAT lawas adalah 1.856 x 666 x 1.068 mm. Dari perbandingan tersebut terlihat kalau BeAT baru angkanya lebih unggul dari semua sektor baik Panjang, Lebar maupun Tinggi.

Untuk seat height alias tinggi tempat duduk masih sama yakni 740mm. Pun juga dengan jarak sumbu roda masih sama di angka 1.256 mm. Nah pada jarak terendah ke tanah baru beda nih, BeAT lama 146 mm sementara BeAT baru 147 mm.

Nah ini yang menarik, BeAT LED atau yang baru bobotnya lebih ringan. Kita sama-sama ambil tipe CBS-ISS ya. Untuk yang baru 90 Kg, sementara yang lama lebih berat 3 Kg atau 93 Kg.

Kelebihan rangka eSAF di All New Honda BeAT selanjutnya adalah soal kapasitasnya teman-teman. Kini kapasitas tangki BBM naik menjadi 4,2 Liter dari sebelumnya hanya 4 Liter. Kemudian soal kapasitas bagasi juga lebih luas, pada versi baru 12 Liter. Sementara kalau BeAT sebelumnya hanya 11 Liter. Lumayan nih naik 1 Liter.

  • KAKI-KAKI

Warna All New Honda BeAT 2020
All New Honda BeAT 2020 Deluxe – CBS (AHM)

Soal kaki-kaki masih sama dengan Honda BeAT lama. Eh, ada tapinya nih. Yes, penggunaan velg baru milik Honda Genio yakni CW (Cast Wheel) palang Y yang menurut saya lebih keren dari segi estetika. Ban tetap tubeless dengan ukuran depan 80/90-14 inchi belakag 90/90-14 inchi.

Suspensi depan teleskopik dan belakang swing arm dengan suspensi tunggal. Kemudian rem depan cakram dijepit kaliper 1 piston dan belakang masih tromol. Menariknya semua tipe All New Honda BeAT sudah disematkan fitur Combi Brake System (CBS).

  • KELISTRIKAN

Lampu LED Honda BeAT
All New Honda BeAT Dilengkapi Lampu LED (AHM)

Banyak yang menyebut sebagai BeAT LED. Ya tidak salah memang, karena sistem pencahyaan lampu depan (Headlight) sudah menganut sistem LED. Selain terlihat canggih dan modern, lampu jenis ini juga memberikan pencahayaan yang lebih terang. Hanya saja punya kelemahan yakni tidak tembus kabut maupun hujan.

Soal baterai masih sama seperti sebelumnya, CBS punya kapasitas 12V 3Ah dan CBS-ISS (termasuk didalamnya Deluxe) punya kapasitas 12V 5Ah.  Pun dengan sistem pengapian, masih sama kok, Full Transisterized. Busi tipe NGK MR9C-9N/DENSO U27EPR9-N9.

Last,dengan perbedaan spesifikasi All New Honda BeAT 2020 dibanding BeAT lama, ternyata berdampak pada sektor handling, performa dan konsumsi bahan bakar. Hmm, saya jadi penasaran nih ingin mencoba langsung Honda BeAT LED buat merasakan sensasi mesin dan rangka barunya 😀 . Semoga aja ya ada kesempatan buat jajal hehe. | Mas Muslim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here