5 Fakta Rangka eSAF Honda Genio 110, Bobot Lebih Ringan!

2
Apa Itu Rangka eSAF
GM Plant AHM Cikarang, Dodi Sutriadi menjelaskan proses produksi rangka enhanced Smart Architecture Frame (eSAF)

BMSPEED7.COM – Honda Genio 110 yang dirilis PT Astra Honda Motor (AHM) sejak 21 Juni 2019 lalu memang membawa beberapa hal baru. Salah satunya ialah chasis atau rangka yang kini mengusung eSAF (enhanced Smart Architecture Frame). Honda mengklaim bahwa jenis rangka baru di motor matic entry level Genio lebih lincah dan nyaman. Lantas bernarkah? berikut 5 fakta rangka eSAF Honda Genio, salah satunya sudah disebut dijudul 😀

  • #1 Rangka Baru

Secara jenis memang masih Underbone, namun rangka eSAF merupakan rangka baru hasil pengembangan PT Astra Honda Motor (AHM) di Plant Cikarang untuk motor entry level yang dalam hal ini baru diterapkan di Honda Genio 110.

  • #2 Proses Produksi Mutakhir

Dalam pengerjaan rangka eSAF Honda Genio, AHM memproduksinya secara mutakhir lewat proses press serta laser welding. Terkait hal ini, AHM sudah memperlihatkannya kepada media dan menyusul komunitas serta Blogger Vlogger lewat Factory Visit Plant 3 AHM, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

  • #3 Bobot Lebih Ringan

Rangka Honda Genio dengan eSAF nya mempunyai bobot 11 Kg. Sementara untuk matic dikelas entry level produksi AHM yakni Honda BeAT mempunyai bobot 13 Kg. Artinya eSAF ini lebih ringan teman teman.

  • #4 Memberikan Ruang Lebih Luas

Dampak positif dari penggunaan rangka eSAF di Honda Genio 110 adalah memberikan ruang yang lebih luas. Dimana untuk kapasitas bagasinya kini 14 Liter dan kapasitas tangki BBM 4,2 L. Sementara Honda BeAT kapasitas bagasi 11 Liter dan kapasitas tangki BBM 4 Liter.

  • #5 Lebih Rigid

Meski ringan namun rangka eSAF dibuat lebih rigid/kaku jadi ketika dibuat berkendara akan lebih stabil, lincah dan nyaman saat bermanuver. Soal fakta kelima ini saya sudah buktikan langsung lewat Touring singkat yang bersama Blogger Vlogger beberapa waktu lalu. Saya merasakan Honda Genio dibawanya lincah dan handling stabil ketika dibawa manuver.

“Proses produksi sepeda motor Honda selalu mengedepankan kualitas sehingga rangka eSAF yang dihasilkan mampu menyuguhkan stabilitas handling dan kenyamanan yang maksimal bagi pengendara Honda Genio,” ujar GM Plant AHM Cikarang, Dodi Sutriadi.

Dengan beberapa kelebihan yang ditawarkan dari rangka eSAF diatas saya jadi berfikir, kedepan kayanya PT Astra Honda Motor (AHM) akan menerapkan rangka tersebut di motor matic lainnya. Bisa Jadi Honda BeAT nih yang katanya ditahun 2020 akan keluar generasi terbaru. Hmm, jadi penasaran.

Artikel Honda Genio Lainnya :

 

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here