Servis Motor Setelah Dipakai Liburan, Ini 22 Poin Yang Perlu Dicek

0
Rawat Motor Setelah Liburan

bmspeed7.com –  Meskipun mudik dilarang, namun bukan berarti menghentikan niat untuk bersilaturahmi. Silaturahmi di saat lebaran sudah menjadi tradisi umat muslim setiap tahunnya. Itu sebabnya banyak teman-teman yang berusaha tetap mudik dengan segala resiko yang siap dihadapinya.

Di saat silaturahmi lebaran,teman-teman umumnya pakai kendaraan roda dua maupun roda empat. Dan di artikel kali ini kita fokus untuk kendaraan roda dua. Tidak sedikit bikers yang mudik ke kampung halaman pakai sepeda motor dengan maksud sang kuda besi dapat dipakai untuk bersilaturahmi ke sanak keluarga maupun temannya.

Pun dengan teman-teman yang tidak mudik, tetap bersilaturahmi di ke sanak keluarga dan temannya di satu zona. Tentunya dengan menerapkan aturan protokol kesehatan.

Hal seperti inilah yang dilakukan Bro Tirta Samudra (23 tahun), warga Jatisari Mijen, Kota Semarang. Doi tidak mudik ke kampung halamannya, tapi tetap bersilaturahmi degan sepeda motor kesayangannya.

”Saya silaturahmi ke rumah paman yang ada di Ungaran, terus lanjut ke eyang yang tinggal di Kendal,” jelas Tirta di Yamaha Flagship Shop, di Jalan Pemuda, Semarang sembari menunggu perawatan sepeda motor Yamaha R25 miliknya.

Selain bersilatuhami,Yamaha R25 doi juga diajak berwisata di seputaran Jawa Tengah.

“Kemarin ke Dieng lanjut ke Baturaden. Berangkat jam 06.00 WIB, langsung pulang lagi karena tidak boleh menginap. Sampai rumah jam 21.00 WIB. Capek sih, tapi seneng,” jelas Tirta menambahkan.

Karena sudah di “siksa” , maka Yamaha R25 doi digelandang ke Yamaha Flaghsip Shop Pemuda Semarang untuk melakukan servis berkala agar selalu dalam kondisi prima.

”Kami akan selalu berupaya melayani konsumen dengan maksimal. Sehingga masyarakat bisa puas dan motornya bisa digunakan dengan aman dan nyaman, tanpa gangguan pada salah satu komponennya,” ujar Hendro Sucipto, Service Advisor Yamaha Flagship Shop Semarang

Nah, di Yamaha sendiri ada beberapa tahapan pengecekan di saat melakukan servis motor konsumennya. Lantas poin apa saja yang dicek? berikut daftar lengkapnya.

”Khusus untuk sepeda motor injeksi ada tambahan, seperti pemeriksaan sistem injeksi dan mencetak hasilnya, kemudian mengecek indikator Warning Light yang terdapat pada panel indikator,” tambahHendro.

22 poin prosedur servis di bengkel Yamaha :

  1. Pemeriksaan suspensi depan dan belakang
  2. Pemeriksaan fungsi kelistrikan
  3. Pemeriksaan gerak bebas kemudi
  4. Pemeriksaan tegangan dan men-charge aki
  5. Pemeriksaan ban depan dan belakang
  6. Penyetelan handle gas
  7. Penyetelan tuas kopling
  8. Pemeriksaan dan penggantian oli mesin
  9. Pemeriksaan roda dan jari-jari
  10. Pemeriksaan kelayakan ban
  11. Pemeriksaan tekanan ban
  12. Pemeriksaan dan penyetelan rantai
  13. Pemeriksaan baut pengikat
  14. Pemeriksaan dan pembersihan saringan udara
  15. Pembersihan karburator jika perlu
  16. Pembersihan filter oli dan diganti jika perlu
  17. Pemeriksaan air radiator
  18. Pemeriksaan busi dan kompresi mesin
  19. Pemeriksaan aliran oli dan peyetelan klep
  20. Pemeriksaan dan penyetelan putaran mesin
  21. Pembersihan saringan CVT (tambahan untuk skutik)
  22. Pemeriksaan oli gear (tambahan untuk skutik)

Itulah beberapa prosedur servis di bengkel resmi Yamaha. Semoga berguna | Mas Muslim

Previous articleAstra Motor Jateng Luncurkan All New CB150R StreetFire 2021
Next articleYamaha MX King Dinobatkan Sebagai Motor Bebek Terbaik di Kelasnya
Berawal dari suka membaca jadi mendatangkan pembaca. Salam kenal semua, saya Bukhori Muslim, blogger otomotif dari Pekalongan yang mengudara sejak 2015. Terima kasih sudah membaca artikel bmspeed7.com. Semoga bermanfaat. Instagram saya @bmspeed7 boleh banget difollow :D

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here