Sambut Era Motor Listrik, Honda Siap Luncurkan 10 Produk

0
107

bmspeed7.com – Honda Motor Co., Ltd selaku pemain sepeda motor raksasa di dunia saat ini sudah ancang-ancang atau memulai persiapan dalam menyambut era motor listrik (electric motorcycle).

Honda global bahkan saat ini sudah punya roadmap dalam mempercepat elektrifikasi sejalan dengan target realisasi netralitas karbon sepeda motor Honda di seluruh dunia selama tahun 2040-an.

Sebagai tahap awal, Honda akan menghadirkan sebanyak 10 produk motor listrik dari 2022 hingga 2025. Dalam rentang waktu 5 tahun tersebut, Honda menargetkan angka penjualan sebanyak 1 juta unit sepeda motor listrik dan mencapai 3,5 juta pada 2030.

10 produk motor listrik Honda yang akan dirilis nanti dibagi menjadi 3 kelas yakni

  • EB (Electric Bycycle) dengan kecepatan maksimal 25 km/h
  • EM (Electric Moped) max speed 25-50 km/h
  • EV (Electric Motorcyle) max speed 50 km/h

Seiring dengan percepatan elektrifikasi sepeda motor sebagai fokus utama strategi yang berkontribusi pada lingkungan, Honda terus melanjutkan kemajuan ICE (Internal Combuction Engines).

PT Astra Honda Motor (AHM) selaku ATPM sepeda motor Honda di Tanah Air pun memiliki komitmen kuat terhadap hal tersebut. Ini sejalan dengan Peraturan Presiden Nomor 55 tahun 2019 mengenai Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Tranportasi Jalan.

AHM sendiri telah membuktikannya lewat peluncuran produk Honda PCX Electrik pada 2019 silam. Memang belum dijual ke publik, AHM saat ini baru menyewakan ke ke beberapa rekanan dengan sistem B2B seperti Gojek, Grab, Kementerian Perhubungan, Kementerian Perindustrian, dan beberapa perusahaan lainnya.

Bahkan AHM juga telah mengandeng perusahaan joint venture untuk membentuk ekosistem motor listrik. Salah satunya ialah HEIN (PT HPP Energy Indonesia) dalam pengadaan infrastruktur pertukaran baterai, Mobile Power Packs (MPPs).

“Kami sudah bekerjasama dengan berbagai pihak dalam riset dan pengembangan sepeda motor listrik dan infrastruktur pendukungnya, termasuk dalam rantai bisnis baterai. Paling lambat akhir tahun ini, kami akan menginformasikan strategi dan roadmap bisnis sepeda motor listrik Honda di Indonesia,” ujar Keiichi Yasuda, President Director AHM.

Kita tunggu dan lihat saja pergerakan motor listrik Honda yang akan datang. | Mas Muslim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here