Perbedaan Master Rem Axial dan Radial, Ini Kelebihan Kekurangannya

0
Master Rem Axial dan Radial
Master Rem Axial dan Radial

bmspeed7.com – Ada saja teman-teman di luaran sana yang bingung mengenai perbedaan master rem axial dan radial serta kelebihan kekurangannya. Tidak heran sih, sebab yang beredar di pasaran memang terdapat 2 jenis tersebut.

Biasanya, teman-teman baru ngeh istilah radial dan axial itu ketika akan melakukan modifikasi motor kesayangannya. Nah, umumnya part aftermarket itu mememasarkan jenis master rem radial.

Karena sejatinya part aftermakret menawarkan sesuatu yang berbeda dibanding bawaan pabrik atau istilah kerennya Equipment Original Manufacture (OEM). Dan, tak ketinggalan adalah membawa kesan racing pada produk yang dijual.

Perbedaan Master Rem Axial dan Radial

Master Rem Axial

Master Rem Axial
Master Rem Axial

Adalah perangkat pengereman yang paling mudah kita jumpai di motor produksi massal seperti Honda Scoopy, Yamaha R25, CRF150L, Vixion dan masih banyak lagi. Disebut axial karena gaya tekan pada titik tumpu (pivot) ke beban (piston) tidak searah.

Mudahnya kita bisa lihat pada posisi piston master rem, axial itu horizontal dan tidak searah dengan gerakan handle rem.

Jadi kalau kita menekan handle rem ke belakang kan nonjok si piston tuh, nah arah gerak pistonnya itu ke samping. Bisa ke kiri atau ke kanan, karena master axial itu ada buat kanan dan kiri, misal di motor matic kaya Honda PCX, Nmax, XMAX dan masih banyak lagi.

Master Rem Radial

Master Rem Radial Accossato Italy
Master Rem Radial Accossato Italy

Kalau ini kebalikannya dari axial, radial itu umumnya datang sebagai part aftermarket untuk biker pecinta modifikasi motor. Ada berbagai merek di dunia ini yang sudah meramaikan pasar seperti Brembo, Accossato, Galespeed, Moto Master, Nissin, Frando, RCB, KTC dan lain sebagainya.

Kemudian jika kita lihat pada konstruksi body master rem sendiri gaya tekan pada titik tumpu (pivot) ke beban (piston) lurus ke ke depan, jadi gerakan handle rem akan searah dengan gerakan si piston sewaktu dioperasikan.

Oh iya,meskipun master rem radial terasedia untuk kanan dan kiri, namun gaya tekan piston akan tetap searah yaitu ke belakang.

Kelebihan Kekurangan Master Rem Axial dan Radial

Axial

Kelebihan

  • Murah, mulai 300 ribuan udah dapet master rem original yang siap pakai
  • Mudah dicari baik di bengkel umum maupun dealer terdekat
  • Praktis, tinggal pasang ke motor tanpa perlu part printilan kaya tabung,selang rem, klem, dan bracket. Tapi, di poin ini ada juga master axial namun tabung terpisah, misal aja Nissin Samurai Axial atau yang hedonnya Nissin HRC NX4.
  • Parts melimpah dan murah,jika sewaktu rusak, contoh kaya switch master rem maka mudah mencari di bengkel umum atau dealer dan banyaknya parts subtitusinya.

Kekurangan

  • Kurang responsif dibanding radial
  • Tampilan biasa aja, ngga racing look
  • Kebanyakan tidak ada setelan handle rem,dia baru ada di motor mahal seperti ZX25R, ER6N, CB500X, Honda Rebel dan lain sebagainya.

Radial

Kelebihan

  • Kinerja lebih responsif
  • Terdapat setelan handle rem untuk meningkatkan feel pengereman
  • Pada master tertentu misalnya seperti Brembo RCS mendukung pemasangan remote adjuster yang berfungsi untuk menyetel jarak handle rem dari tangan kiri dan mudah dijangkau,berguna banget bagi pembalap untuk memperoleh pengereman yang presisi.
  • Tampilan racing look dan hedon buat yang merek branded :v

Kekurangan

  • Harga mahal, menebus master rem Nissin Samurai radial 16 mm misalnya, siapkan budget 1,5 jutaan, atau biar hedon pakai Brembo GP Billet, harganya 30 jutaan :v
  • Susahnya nyari part pengganti dan minimnya part subtitusi
  • Mahalnya part pengganti, handle Brembo RCS Corsa Corta series misalnya, harganya 800 ribuan.
  • Pemasangan lumayan ribet dan terkadang perlu penyesuaian. Misal jika di motor sport fairing, tidak jarang tabung cairan rem atau handle rem mentok ke dasboard.

Di atas adalah penjelasan mengenai perbedaan master rem axial dan radial serta kelebihan dan kekurangannya. Tinggal kita lebih bijak aja memakainya. Dan yang terpenting nih, jangan pakai produk tiruan,bajakan atau KW karena pengereman sendiri menyangkut keselamatan ketika kita berkendara. Alih-alih pengen tampil gaya malah celaka kan repot :v. semoga bermanfaat | Mas Muslim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here