Sebelum Menyalakan Genset di Rumah, Ketahui 6 Hal Berikut Ini !

0
Genset RYU RG1500-1
Genset RYU RG1500-1

Genset merupakan kepanjangan dari Generator Set, alat penghasil listrikĀ  ini selalu dibutuhkan ketika PLN melakukan pemadaman listrik. Cotohnya ketika hujan dengan intensitas tinggi yang mengakibatkan banjir kaya di Jabodetabek pada awal tahun baru 2020 kemarin.

Dengan setiap harinya membutuhkan listrik, maka kehadiran Genset di rumah patut diperlukan. Ya untuk jaga jaga sih apabila listrik padam. Buat teman-teman yang sudah membeli Genset, ada baiknya mengetahui 6 hal ketika akan menyalakan Genset di rumah.

Cara Aman Menggunakan Genset di Rumah

1. Letakan Genset di ruang terbuka

Genset menghasilkan karbon monoksida yang dapat mengontaminasi kualitas udara di dalam rumah yang tidak boleh dihirup manusia. Untuk itu jangan letakan Genset didalam rumah ketika dinyalakan.

2.) Letakan Genset pada tempat datar

Genset ketika dinyalakan akan menghasilkan getaran. Untuk itu, teman teman harus meletakan pada tempat yang datar dan jangan miring. Tujuannya agar Genset tersebut tidak pindah dari lokasinya.

3.) Memastikan bahan bakar minyak (BBM) dan oli mesin terisi

Harap dicek ketika akan menyalakan Genset, pastikan bahan bakar sudah terisi secukupnya. Kemudian oli juga harus terisi dan yang digunakan juga tidak boleh terlalu melebihi kapasitas, karena dapat mengakibatkan berjalan tidak normal (tersendat sendat) dan bahkan tidak mau menyala.

4.) Utamakan daya besar baru terlebih dahulu baru ke daya yang kecil

Saat teman-teman menyalakan Genset, utamakanlah peralatan listik yang membutuhkan daya besar baru kemudian ke daya kecil.

5.) Kabel Genset tidak boleh terendam

Kenapa begitu? takutnya kabel tersebut ada yang terkelupas sehingga dapat menyebabkan konsleting.

6.) Pastikan Ssaklar MCB pada posisi turun/off

Sebelum menyalakan genset harus dipastikan tidak ada arus listrik PLN yang sedang menyala ).

Demikian informasi mengenai cara aman menyalakan Genset di rumah. Adakah teman-teman di sini yang di rumah punya Genset? saya sendiri malah belum nih, wah jadi pengen punya hehe | Mas Muslim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here