Ini Kepanjangan Honda BeAT dan Artinya

    2
    Kepanjangan Honda BeAT
    BeAT, Compact Sportmatic. (Foto : DAM)
    Iklan AHM HC3

    Honda BeAT, saya yakin teman-teman di sini sudah tahu motor satu ini. Yah gimana enggak tahu ya, orang baru ke luar rumah aja,di teras tetangga udah ada yang Ngejogrok, apalagi ke jalan raya, besar kemungkinan akan menjumpainya…

    Itu dikarenakan populasi Honda BeAT yang sangat banyak, sejak diluncurkan pertama kali di 6 Juni 2008 dan hingga keluar model baru di 16 Januari 2020, penjualan BeAT sudah menembus angka 17 juta unit. Wow banyak sekali…

    Dibalik kesuksesannya, Nama BeAT ternyata punya kepanjangan teman-teman. Ini terlihat dari penulisan yang tidak sembarangan alias punya arti.

    • Be = Menjadi
    • AT = Automatic

    Kalau digabung ” BeAT » Menjadi Automatic (Metik)”. Bukan tanpa alasan PT Astra Honda Motor (AHM) memberikan embel-embel matic pada motor ini. Karena saat itu (2008) masih banyak bikers yang menggunakan motor bebek.

    Honda BeAT hadir sebagai pilihan yang lebih praktis sekaligus menjadi pesaing Yamaha Mio yang sudah ada sejak 2003 silam.

    Honda BeAT diposisikan sebagai motor low end/entry level, target pasarnya sendiri adalah anak muda baik yang berada di kota maupun di desa. Namun seiring perjalanan waktu, yang meminang BeAT tidak melulu anak muda.

    Honda BeAT kini dipilih sebagai motor pertama kali (buat yang baru punya penghasilan sebagai kendaraan sehari hari) maupun sebagai motor yang hanya diperlukan untuk menunjang aktivitas tanpa memikirkan gengsi. Yang penting mah gesit, irit dan nyaman dikendarai.

    Nah karena tadi menjadi pesaing Mio, maka yang digembor gemborkan dari BeAT adalah konsumsi BBM yang iirit meskipun sama sama Karburator. Karena waktu itu banyak yang bilang Mio itu boros hehe.

    Jadi udah ketahuan nih, BeAT yang juga mempunyai arti memukul/mengalahkan, sedari awal memang dipersiapkan untuk menumbangkan Yamaha Mio. Dan itu terbukti, Honda BeAT sukses menjadi motor terlaris di dunia. BeAT yang di awal untuk pasar Indonesia, kini juga diekspor ke negara tetangga seperti Filipina, Thailand, Vietnam, Kamboja dan Malaysia.

    Di dunia musik, nama BeAT punya arti ketukan. Itu sebabnya permainan warna dan striping pada motor yang dilengkapi Idling Stop System ini selalu berkesan energik seperti saat kita mendegarkan musik.

    Kesan musik melekat kuat di Honda BeAT, bahkan dulu AHM sempat mengelurkan striping BeAT pop yang ada simbol Play dan Next. Tak hanya motornya, biar senada apparelnya juga mengangkat tema musik.

    Itulah dibalik singkatan nama BeAT dan arti di dalamnya. Bukan cuma BeAT saja sih, setiap produk pasti mempunyai arti di setiap penamaannya. Ke depan saya akan merilis artikel serupa pada motor lainnya, ditunggu ya. Terima kasih buat teman-teman yang udah baca dan share artikel ini. | Mas Muslim » IG @bmspeed7

    2 COMMENTS

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here