Kelebihan Idling Stop System atau Sejenisnya pada Motor

2
Idling Stop System (ISS)
Tombol Idling Stop System (ISS) Honda Vario 150

Idling Stop System (ISS) tentu tidak terdengar asing lagi bagi kita, karena teknologi tersebut sudah lama diterapkan dan menjadi nama fitur pada motor matic Honda. Dan mungkin salah satu teman-teman disini ada yang sudah punya. šŸ˜€

Fitur Idling Stop System (ISS) atau di Yamaha bernama Stop Start System (SSS) umumnya disematkan pada motor matic. Misalnya Honda BeAT series, Honda Vario series, PCX, Yamaha Mio series, Aerox 155, Nmax 2020 dan lain-lain.

Stop Start System (SSS) di Yamaha Fino 125

Apa itu Idling Stop System (ISS)? adalah sistem mematikan mesin motor secara otomatis ketika berhenti sejenak. Cara kerjanya ialah, sensor akan memberitahukan ke ECU (Electonic Control Unit) untuk mengaktifkan Idling Stop System. Jika tombol ISS dalam posisi Idling Stop (select ke bawah) maka jika motor berhenti lebih dari 3 detik secara otomatis mesin motor mati.

KemudianĀ  indikator ISS pada speedometer berkedipĀ  tanda sedang berkeja. Dan ketika throttle dibuka, maka Throttle Position Sensor (TPS) akan mengirimkan perintah ke ECU untuk memberitahukan Alternator menghidupkan mesin secara otomatis.

Kelebihan Idling Stop System

  • Lebih Irit Bahan Bakar

Dengan adanya teknologi ISS, tentunya konsumsi bahan bakar akan semakin irit karena tidak ada proses pembakaran ketika mesin otomatis mati. Ini kerasa banget ketika kita berhenti di lampu merah. Karena biasanya memakan waktu cukup lama. Sebagai contoh di All New Honda Vario 150, konsumsi bahan bakarnya adalah 46,9 KM/L dengan metode ECE R40 Euro3.

  • Mengurangi Polusi

Ketika fitur ISS bekerja, maka jumplah emisi bahan bakar akan bekurang sebesar 7% berdasarkan pengujian Honda metode ECE R40. ISS ini cocok banget dipakai diperkotaan yang biasanya sering terjadi kemacetan dan juga polusi udara yang kurang baik. Dengan ISS maka polusi yang timbul dari pembakaran akan berkurang.

Last, harga motor yang ada fitur Iding Stop System (ISS) memang sedikit mahal dibanding yang tidak ada fitur tersebut. Namun dengan membayar lebih, kalian akan mendapatkan kelebihan diatas, selain berdampak pada hemat BBM, juga mengurangi polusi.

Previous articlePesaing Yamaha Aerox, Honda Air Blade 2020 Rilis di Vietnam
Next articleUnik, Kawin Silang Astrea Grand dan Nmax, Jadi Grand Max!
Berawal dari suka membaca jadi mendatangkan pembaca. Salam kenal semua, saya Bukhori Muslim, blogger otomotif dari Pekalongan yang mengudara sejak 2015. Terima kasih sudah membaca artikel bmspeed7.com. Semoga bermanfaat. Instagram saya @bmspeed7 boleh banget difollow :D

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here