Kapan Honda PCX 160 Masuk Indonesia?

0
Warna PCX 160 2021 Putih
Honda PCX 160 Putih

bmspeed7.com – Seperti kita ketahui bersama, Honda Jepang telah memperkenalkan All New PCX 160. World premiere alias kehadiran pertama kali di dunia di negeri matahari terbit, Jepang itu seolah memberi sinyal bahwa ke depan seperti inilah desain barunya,fitur yang ditawarkan dan spesifikasi yang dibawakan. Lantas kapan masuk Indonesia,nah ini yang jadi pertanyaannya.

Jika menilik PCX lokal,itu motor mengaspal sejak 2018 silam. Apakah iya PT Astra Honda Motor (AHM) akan mengeluarkan model baru sedangkan usia produknya sendiri belum 5 tahun? Hmm,dulu mungkin iya,pabrikan merilis generasi terbaru ketika memasuki usia 5 tahun. Tapi sekarang dinamis,3 tahun juga bisa berganti model.

Sebagai contoh aja nih,All New Honda BeAT,motor matic low end ini tersebut rilis di bulan Oktober 2016,kemudian di Januari 2020 sudah muncul generasi terbaru. Belum 5 tahun kan? Iya,karena di 2019 AHM telah merilis Honda Genio yang merupakan motor matic 110 cc generasi terbaru.

Sebagai pabrikan akan sangat menguntungkan jika suku cadangnya bisa subtitusi antar produk,istilahnya common part. Benar kan,Honda BeAT generasi saat ini (2020) memakai mesin dan rangka Genio.

Hal serupa juga terjadi di Honda Scoopy, sebelum akhirnya muncul model 2021,Scoopy generasi saat itu rilis di Maret 2017 dan sudah ada versi baru di November 2020. Ya itu tadi,karena tinggal Scoopy lah yang secara mesin dan rangka masih model lama,akhirnya diperbarui menggunakan platform baru,mesin Genio yang punya karakter overstroke,kapasitas oli 650 ml dan rangka eSAF.

Balik ke Honda PCX 160, menurut saya ini akan jadi acuan untuk motor matic Honda yang saat ini punya mesin 150cc. Ya katanlah Honda Vario, SH150 dan ADV 150.

Menilik status motor PCX 160 yang rilis di Jepang,ternyata diproduksi oleh Honda Vietnam, jaman PCX CBU juga pengembangannya di sana.  Balik ke pertanyaan lagi, kapan masuk Indonesia ?

Sebagai orang awam,tentunya saya tidak tahu menau kapan AHM merilis model PCX terbaru. Namun kemungkinan akan hadir di 2021 mendatang. Sekali lagi ini berkaca dari Honda Jepang, ketika di sana hadirmodel baru yang juga dipasarkan di Indonesia,tak lama kemudian hadir juga di Indonesia. Baiklah kita tunggu dan liat ke depan teman-teman.

Baca Juga : 8 Pilihan Warna Honda Scoopy 2021, Sekarang Ada 4 Varian !

Previous articleYamaha Rilis Warna Baru R25 2021 di Jepang, Ini Harganya
Next articleHonda CBR250RR Rilis di Malaysia, Segini Harganya
Berawal dari suka membaca jadi mendatangkan pembaca. Salam kenal semua, saya Bukhori Muslim, blogger otomotif dari Pekalongan yang mengudara sejak 2015. Terima kasih sudah membaca artikel bmspeed7.com. Semoga bermanfaat. Instagram saya @bmspeed7 boleh banget difollow :D

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here