Catat, Inilah 7 Postur Berkendara Yang Perlu Diketahui

0
7 Postur Bekendara Safety Riding
7 Postur Bekendara Yang Baik dan Benar

BMSPEED7.COM – Disela sela launching Honda ADV 150 Regional Jateng yang berlangsung di The Park Mall Solo Baru (28/9), mas Danang selaku HC3 Astra Motor Jateng membawa kami para Blogger dan Vlogger ke sebuah tenda yang ternyata membekali ilmu safety riding.

Lewat mas Alfian selaku Instruktur Astra Motor Jateng kami diberikan satu tema menarik mengenai safety riding yakni 7 postur berkendara. Wah buat saya yang belum pernah mengikuti pelatihan seperti ini rasanya beruntung bisa mendapatkan tambahan ilmu safety riding. Dan berikut informasi yang saya tangkap saat mas Alfian menjelaskan detail 7 posisi berkendara yang baik dan benar.

7 postur bekendara
Mas Alfian menjelaskan 7 postur bekendara dengan pak Eko SatuApal.com sebagai contohnya.

Safety Riding : 7 Postur Berkendara

#1 Mata

Pastikan pandangan mata jauh kedepan untuk melihat situasi didepan kita bagaimana dan tentunya untuk mengantisipasi hal yang mungkin terjadi didepan kita. Oia,jangan lupa tetap fokus ya hehe

#2 Tangan

Tangan harus mengenggam grip (gas) dengan sempurna untuk memberikan kesiapan saat menurunkan gas atau menaikan. Satu lagi agar sigap ketika akan bermanuver teman teman. Oia hampir lupa, mas Alfian juga mengajarkan agar jari tidak stand by dituas rem. Alasannya adalah ketika didepan terjadi sesuatu biasaya jari akan reflek kemudian mengerem secara mendadak namun gas tetap terbuka. Dan itu sangat bahaya, namun saya kok susah ya menghilangkan kebiasaan ini hehe.

#3 Badan

Harus santai dan rileks teman teman, cara agar rileks sangat mudah. Tinggal tarik nafas sedalam dalamnya lalu hembuskan. Dengan begitu akan membuat badan terasa rileks san santuy.

#4 Siku

AHSRIC 2019 Medan
AHSRIC 2019 Medan

Siku sedikit menekuk, tujuannya adalah untuk meredam guncangan saat motor menerima impact dari benturan semisal menghajar polisi tidur, jalan berlubang dan sebagainya. Dengan demikian akan membuat badan tidak terlalu pegal ketika berkendara.

#5 Pinggul

Pastikan agar pinggul tetap ditengah tengah jok untuk memberikan keseimbangan saat berkendara dan memudahkan saat mengendalikan motor. Jangan miring miring ke samping kanan atau kiri ya, macam pembalap saja hehe

#6 Lutut

Posisi lutut harus searah dengan setang kemudi/sejajar dengan leg shield atau dimotor sport sedikit menjepit tangki. Ini dimaksudkan untuk memberikan kemudahan saat berbelok.

#7 Kaki

Untuk motor dengan transmisi matic, pastikan telapak kaki harus tetap disandaran kaki dan harus lurus kedepan. Untuk motor dengan transmisi manual pastikan kaki kanan harus berada difootpeg dan posisinya harus lurus kedepan. Kemudian ibu jari secara santai diletakan dipedal rem dan tuas transmisi untuk kaki kiri.

Ok demikian teman teman informasi seputar 7 postur berkendara yang baik dan benar. Semoga berguna. | Mas Muslim

(Baca : Galeri Foto AHSRIC 2019 di Indako Safety Riding Centre Medan)

(Baca Juga : 7 Perlengkapan Wajib Saat Mengikuti Safety Riding Honda)

 

Previous articleHonda ADV 150 Dipasarkan di Jepang, Ini Perbedaannya!
Next article5 Instruktur Safety Riding AHM Siap Berlaga di Jepang !
Berawal dari suka membaca jadi mendatangkan pembaca. Salam kenal semua, saya Bukhori Muslim, blogger otomotif dari Pekalongan yang mengudara sejak 2015. Terima kasih sudah membaca artikel bmspeed7.com. Semoga bermanfaat. Instagram saya @bmspeed7 boleh banget difollow :D

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here