Di Klaten, Yamaha Nmax Jadi Kendaraan Dinas Kades dan Lurah

0
Ratusan unit Yamaha Nmax warna merah doff jadi kendaraan dinas Lurah dan Kades di Klaten
Ratusan unit Yamaha Nmax warna merah doff jadi kendaraan dinas Lurah dan Kades di Klaten (Foto: Timlo.net/dani prima)
Iklan AHM HC3

BMSPEED7.COM – Baru baru ini viral sebuah foto penampakan ratusan Yamaha Nmax berwarna merah doff terparkir rapi disebuah parkiran terbuka. Usut punya usut, ternyata motor tersebut punya Pemerintah Kabupaten Klaten yang akan dijadikan kendaraan Dinas Operasional Roda 2  untuk Kepala Desa (Kades) dan Lurah.

Sebelumnya, pak Lurah dan Kades di Klaten memakai Suzuki Titan unit pengadaan 2012 lalu. Dan setelah diremajakan dengan Nmax hasil pengadaaan 2019 , maka unit yang lama diberikan kepada Sekretaris Desa (Sekdes).

Suzuki Titan kendaraan Sekdes di Klaten.
Suzuki Titan kendaraan Sekdes di Klaten. (Foto : Humas Kab Klaten)

Dilansir dari Solopos, motor Yamaha Nmax yang berjumplah 401 unit tersebut sudah diserahkan kepada Lurah dan Kepala Desa di Pendopo Pemkab Kabupaten Klaten. Senin (25/11/2019). Sebanyak 391 unit dipakai Kepala Desa dan 10 unit dipakai Lurah.

Menunjang Kinerja Kades dan Lurah

”Saya pesan bpk/ibu Kades & Lurah, pastikan warga panjenengan sedoyo dapat pelayanan prima yaa.. Menuju Klaten yg smakin kereeen 😍”tulis Sri Mulyani, Bupati Klaten via akun instagram pribadinya, @yani_sunarno.

Menelan Anggaran Rp11,9 Miliar

Disaat yang bersamaan, Pemkab Klaten juga mernyerahkan Honda Supra X 125 kepada 26 Kepala Seksi Ketenteraman dan Ketertiban (Kasitrantib). Jadi untuk satu unit Yamaha Nmax dibeli dengan harga Rp 27,5 juta (non ABS) dari Pagu Anggaran senilai Rp 28,5 juta. Sementara untuk satu unit Honda Supra X 125 dibeli dengan harga Rp 18,2 juta dari Pagu Anggaran Rp 19,5 juta.

Tipe Motor Banyaknya Unit
Yamaha Nmax 155 401
Honda Supra X 125 26
Total Rp 11,935.500.000

Jika dihitung dari Pagu Anggarann kemudian realisasi di Lapangan mendapat harga dibawahnya, artinya Pemkab Klaten ada penghematan sebesar Rp 434,800.000.

Pemberian Kendaraan Dinas Operasional Roda 2 yang tergolong berkelas tersebut tentu menjadi kesenangan tersendiri bagi Kades dan Lurah karena keberadaannya diperhatikan oleh pusat. Semoga dengan kendaraan yang baru, pak Kades dan pak Lurah lebih bersemangat dalam melayani masyarakatnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here