Mudah, Begini Cara Bayar Pajak Motor di Samsat

0
Bayar Pajak Motor di Samsat Pekalongan
Membayar Pajak Motor di Samsat Pekalongan
Iklan AHM HC3

BMSPEED7.COM – Sudah menjadi kewajiban bagi pemilik sepeda motor untuk membayar pajak setiap tahun atau 5 tahunan sebagai bentuk kontribusi kita terhadap pembangunan infrastruktur Tanah Air.

Nah, kali ini saya akan share pengalaman membayar pajak sepeda motor di Samsat (Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap). Kebetulan kalau di Pekalongan alamatnya ada di Jl. Raya Karanganyar, Kebonsari, Karangsari, Kec. Karanganyar, Pekalongan, Jawa Tengah 51182.

Syarat Pajak Motor

Perlu diketahui, pengalaman yang saya share kali ini adalah Pajak Kendaraan Bermotor atau PKB tahunan. Dan berikut adalah beberapa syarat yang harus teman-teman persiapkan sebelum ke kantor Samsat untuk membayar pajak.

  • Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK)
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku
  • Uang tunai sejumlah nominal pajak

Catatan : Nama di KTP harus sama dengan STNK ya

Setelah menyiapkan dokumen dan uang tunai, teman teman tinggal kunjungi kantor Samsat terdekat untuk melakukan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).

Langkah Langkah

Hal yang harus dilakukan ketika sampai dikantor Samsat :

  • Parkir motor dengan tertib, berhubung ditempat saya dikasih karcis parkir motor. Kemudian saya dikasih karcis tuh sama tukang parkir untuk nantinya digunakan untuk mengambil motor, tarifnya Rp 5.000
  • Sampai di kantor, teman teman harus mengambil nomor antrian menyesuaikan dengan pajak yang akan dibayar, maksudnya apakah PKB tahunan atau 5 tahunan. Dibagian ini pula STNK dan KTP akan dicek oleh petugas.
  • Setelah lolos, teman teman tinggal duduk dikursi antri nanti akan dipanggil oleh petugas lewat speaker.
  • Tiba saatnya dipanggil, serahkan saja STNK dan KTP. Kemudian tunggu sebentar untuk dilakukan proses oleh petugas
  • Selesai, mudah banget kan?
Mengambil Nomor Antrian
Nomor Antrian dan menunggu dipanggil petugas

Pengalaman saya saat membayar pajak motor tidak pernah lama, sepertinya cuma 20 menitan. Saya sampai kantor Samsat selalu pagi yaitu jam 9 dan biasanya hari Senin. Enggak tau kenapa pas saya datang enggak begitu rame antriannya dan membuat saya cepat dipanggil petugas untuk diproses pembayaran.

Itu saja yang bisa saya share mengenai cara bayar pajak motor di Samsat yang ternyata sangat mudah dan cepat prosesnya. So, jangan males malesan bayar pajak motor,ya 😀 | Mas Muslim

Baca Juga : Cara Gesek Nomor Rangka dan Mesin Motor

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here