Mengenal Blind Spot dan Tips Mengatasinya Ketika Berkendara

0
Cara mengurangi blind spot
Waspadai Bahaya Blind Spot Ketika Berkendara

bmspeed7.com – Istilah blind spot sering kali terdengar saat pembahasan seputar keselamatan berkendara. Namun apakah teman-teman mengerti arti yang sebenarnya?

Jadi,blind spot merupakan kondisi dimana pengendara dengan kendaraan yang lebih kecil dalam hal ini sepeda motor sulit mendeteksi area aman lantaran terhalang oleh kendaraan lain yang lebih besar,misalnya truk. Sebab itulah kita perlu waspada akan bahaya blind spot ketika berkendara.

Apa Itu Blind Spot?

“Seringkali pengendara kurang berhati-hati ketika berada di samping atau belakang kendaraan yang memiliki ukuran besar sehingga tanpa sadar pengendara sepeda motor berada pada posisi blind spot yang berpotensi terlibat dalam kecelakaan ketika berkendara,” ujar Manager Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM) Johanes Lucky.

“Semakin besar suatu kendaraan maka “titik buta” saat berkendaranya semakin luas. Selain memahami posisi blindspot suatu kendaraan, pengendara juga harus menerapkan #cari_aman dalam berkendara sehingga meminimalisir resiko kecelakaan,” tambah Lucky.

Tips Mengatasi Blind Spot

Ketahui dan Pahami Area Blind Spot

Penting bagi teman-teman tahu dan paham area blind spot kendaraan kita dan kendaraan di sekitarnya ketika berkendara. Untuk ”melek” mengenai safety riding,teman-teman boleh mengikut ppelatihan safety riding. Honda sendiri punya fasilitasnya di di AHM Safety Riding Park, Deltamas, Cikarang.

Pastikan Area Blind Spot

Memastikan secara langsung area blind spot dengan melihat ke kanan atau ke kiri sebelum berubah arah atau lajur kendaraan.

Fokus Mata dan Pendengaran

Mewaspadai blind spot adalah dengan cara mata kita tetap fokus dan pendengaran akan pergerakan kendaraan di sekitarnya. Oleh karenanya hindari mendengarkan musik dengan headset saat berkendara serta hindari menggunakan knalpot racing yang bising karena berpotensi menurunkan konsentrasi dan kewaspadaan kita saat berkendara.

Memposisikan di Area Luar Blind Spot

Ketika berkendara kemudian kita berhadapan dengan banyaknya kendaraan besar di sekitanya, maka kita harus memposisikan di area luar blind spot kendaraan lain agar terlihat oleh kendaraan lain.

Memberi Tanda Terhadap Pengendara Lain

Ketika kita terjebak di area blind spot dan kemudian akan keluar, maka kita harus memberikan tanda dengan membunyikan klakson atau lampu tembak agar pengendara lain memahaminya.

Menggunakan Pelengkapan Berkendara Yang Terlihat

Kedengarannya sepele, namun ini berguna banget membantu visibiltas pengendara lain di sekitar kita.

Jaga Jarak Aman

Tidak kalah penting adalah menjaga jarak aman ketika sedang berkendara, ini dimaksudkan untuk meminimalisir jikalau kendaraan di sekitar kita mengerem secara mendadak atau melakukan manuver secara tiba tiba. Jadi jangan diabaikan ya.

Itulah penjelasan singkat mengenai blind spot, bahayanya, serta tips cara mengatasinya ketika berkendara di jalan raya. | Mas Muslim

Previous article3 Warna Baru Honda CB150 Verza 2021, Ini Harga Untuk 2 Tipe
Next articleDaftar Harga Motor Honda Pekalongan Terbaru 2021
Berawal dari suka membaca jadi mendatangkan pembaca. Salam kenal semua, saya Bukhori Muslim, blogger otomotif dari Pekalongan yang mengudara sejak 2015. Terima kasih sudah membaca artikel bmspeed7.com. Semoga bermanfaat. Instagram saya @bmspeed7 boleh banget difollow :D

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here