Dukung Pendidikan, AHM Mendapat Apresiasi Vokasi Dari Kemendikbud

0
Kemendikbud Berikan Apresiasi Vokasi untuk AHM
Kemendikbud Berikan Apresiasi Vokasi untuk AHM

bmspeed7.com – PT Astra Honda Motor (AHM) selaku produsen sepeda motor di Indonesia turut mendukung program pendidikan yang bertujuan untuk mempersiapkan tenaga yang handal sesuai dengan keahlian di bidangnya.

Dukungan pendidikantersebut lewat kerjasama AHM dengan 687 SMK dalam penerapan kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda di seluruh Indonesia.

Karena itulah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia memberikan apresiasi vokasi kepada PT Astra Honda Motor (AHM). Apresiasi Pendidikan Vokasi Kepada Dunia Usaha dan Dunia Industri diberikan kepada perusahaan yang memberikan kontribusi pendikan sebagai invertasi jangka panjang.

Direktur Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) Kemendikbud RI Ahmad Saufi dan disaksikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nadiem Anwar Makarim, menyerahkan penghargaan apresiasi vokasi kepada Ahmad Muhibbuddin,GM Corporate Communication AHM (21/12).

“Kami tidak hanya mengembangkan kualitas para siswa vokasi dengan kompetensi teknik sepeda motor, mereka juga dibekali dengan keahlian bisnis dan manajemen wirausaha bengkel. Sehingga, kami berharap lulusan SMK yang bekerjasama dengan AHM dapat menjadi generasi muda yang siap kerja, cerdas, dan mandiri,” ujar Muhibbuddin.

Untuk diketahui, program tersebut telah berjalan selama 1 dekade atau sejak 2010 lewat pengembangan dan penerapan kurikulum TBSM Astra Honda. Siswa dari 687 SMK mitra binaan AHM mendapatkan bermacam materi mulai dari teori, praktik, dan praktik kerja industri (Prakerin) langsung Astra Honda Authorized Service Station (AHASS).

Adapun untuk pengajar produktif, saat ini saat ini tercatat 3.462 orang. Selain itu, terdapat 62 SMK Tempat Uji Kompetensi (TUK) yang dapat dimanfaatkan oleh siswa SMK mitra binaan Astra Honda yang ingin melakukan sertifikasi kompetensi sebelum berkompetisi di dunia industri.

Kelanjutan dari program tersebut adalah, AHM memberikan fasilitas pelatihan kompetensi untuk bengkel wirausaha muda yang tergabung pada Astra Honda Youthpreunership Program (AHYPP),merupakan program yang dapat dimanfaatkan bagi alumni yang ingin menerapkan kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda dan telah memiliki usaha bengkel sepeda motor.

Program AHYPP tercipta wirausahawan muda di bidang bengkel sepeda motor yang dibekali berbagai ilmu, yaitu pengetahuan terkait produk dan perawatan sepeda motor, pembentukan karakter wirausahawan muda yang cerdas, hingga cara mengelola bengkel yang memiliki daya saing kompetitif. Bengkel binaan juga diberikan pendampingan untuk meningkatkan kemampuan dalam mengelola keuangan bengkel yang merupakan salah satu elemen penting dalam kemajuan sebuah usaha.

Baca Juga : Perbedaan Scoopy 2021 Sporty, Fashion, Stylish dan Prestige

Previous articleSuzuki GSX250R 2021 Ketambahan Fitur Baru
Next articleIkuti Scoopy Vlog Competition, Hadiahnya Mantap !
Berawal dari suka membaca jadi mendatangkan pembaca. Salam kenal semua, saya Bukhori Muslim, blogger otomotif dari Pekalongan yang mengudara sejak 2015. Terima kasih sudah membaca artikel bmspeed7.com. Semoga bermanfaat. Instagram saya @bmspeed7 boleh banget difollow :D

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here