Ini Dia 7 Tips Touring Dengan Mobil Jadi Menyenangkan

0
Tips Sederhana Touring dengan Mobil

BMSPEED7.COM – Siapa sih yang tidak suka berkendara ramai-ramai alias touring? hmm,kebanyakan dari teman teman pasti suka, ya kan? Touring tidak hanya menggunakan sepeda motor saja lho, pakai mobil tidak kalah menyenangkan. Nah, biar perjalanan makin seru dan menyenangkan, ada kalanya teman teman mempraktikkan 7 tips berikut ini.

Karena touring biasanya melibatkan banyak orang, maka ada baiknya dibuat perencanaan bersama sama untuk menentukan beberapa hal seperti rute, kapan waktu istirahat untuk kemudian makan, buang air kecil dan sholat bagi yang menjalankannya serta pitstop untuk mengisi bensin. Dan jangan lupa bawa dokumen seperti SIM dan STNK mobil yang dibawa 😀

  • #2 Tidur Yang Cukup Sebelum Touring

Kondisi fisik yang sehat menjadi kewajiban buat teman teman yang mau touring sekalipun dilakukan dengan mobil. Nah, biar dijalan tidak ngantuk dan badan kondisi tetap prima, maka sebaiknya sebelum melakukan touring harus tidur secara cukup.

  • #3 Tentukan Pitstop dan Cekpoint

Memilih pitstop, cekpoint atau tempat perhentian sangat penting kalau rutenya cukup jauh. Ada beberapa tempat seperti monument, tugu, pom bensin yang besar cocok untuk rombongan yang berjumlah besar dan jika ada yang tercecer bia berkumpul kembali di pitstop, otomatis waktu akan lebih efisien karena tidak saling tunggu.

  • #4 Bagi Rombongan Saat Mengisi Bensin

Bagi yang berjumlah banyak akan memakan waktu jika melakukan pengisian bersamaan. Solusinya bisa di bagi dan priorotaskan mobil yang bensinnya hampir habis atau tangki yang paling kecil.

  • #5 Bersiap jika terjadi sesuatu

Namanya perjalan pasti tidak ingin ada kendala. Seandainya ada kendala harus mempunyai nomor telepon darurat memanggil polisi (110) atau (112) dan ambulans (118 atau 119). Selain itu juga bisa simpan no bengkel yang ada di rute perjalanan anda.

Untuk menjamin kenyamanan dan keselamatan dalam perjalanan, sebaiknya teman teman melakukan pengecekan terhadap kondisi kendaraan terlebih dahulu. Untuk lebih maksimal lagi, teman teman bisa memilih layanan asuransi kendaraan asuransi kendaraan terbaik untuk selalu memberikan jaminan proteksi & perawatan terhadap kendaraan Anda.

  • #6 Cek Kondisi Mobil

Sudah menjadi kewajiban mobil harus dalam keadaan sehat agar ketika dibawa touring memperkecil terjadinya masalah.  Berikut adalah bagian mobil yang perlu dicek sebelum touring.

  • Oli mesin

Pastikan Oli mesin harus berada di garis anatara L dan F dan pastikan batas kilometer oli anda masih cukup unutuk jarak yang akan ditempuh.

  • Air Radiator

Pastikan air radiator penuh dan air reservoir sampai batas level penuh juga periksa kondisi selang radiator dan selang penghubung ke reservoir.

  • Kondisi Filter dan Selang Bensin.

Pastikan tidak mengalami keretakan atau bocor juga filter bensin tidak tersumbat.

  • Putaran Kipas Pendingin atau AC

Periksa kondisi fisik belt tidak retak, cek juga ketegangan tension belt agar putaran kipas optimal. Janga lupa periksa juga kondisi air pendingin dan kipas.

  • Timing Belt

Jika penggunaan timing belt sudah mencapai 50.000 km sebaiknya diganti meskipun tidak ada kerusakan.

  • Pengapian dan Kelistrikan

Cek komponen pengapian seperti busi dan komponen kelistrikan dimulai dari kondisi aki, sistem penerangan, klakson, wiper, audio, power window, electric mirror dan sebagainya.

  • Ban

Ban mempunyai peranan penting, sehingga perlu dicek ketika melakukan perjalanan jauh/touring. Cek fisik dan tekanan ban, normalnya sekitar 30-34 psi.

  • Rem

Jika rem terasa kurang pakem, maka segera bawa ke bengkel untuk dicek apakah ada kebocoran pada selang dan master rem.

  • #7 Jangan Kebut Kebutan di Jalan

Namanya touring berarti kita menikmati perjalaan, so jangan kebut kebutan ya. Selain membahayakan keselamatan diri sendiri juga orang lain pastinya. Ingat ada keluarga yang menunggu dirumah.

Nah itu dia 7 tips touring dengan mobil jadi menyenangkan,semoga berguna bagi teman teman yang mau melakukan touring, karena sebentar lagi libur panjang. 😀

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here