Jangan Tertipu, Ini Tips Beli Motor Bekas

0

BMSPEED7.COM – Untuk menunjang mobilitas sehari-hari, sepeda motor menjadi alternatif terbaik untuk menembus kepadatan jalan-jalan perkotaan. Pasar sepeda motor pun semakin meningkat di Indonesia.

Bukan hanya motor baru di Indonesia namun juga motor bekas masih sangat diminati selama kondisinya masih prima. Banyak keuntungan menggunakan motor bekas. Apalagi jika akan dipakai untuk keperluan usaha.

Untuk jadi angkutan barang atau sarana transportasi bagi yang berbisnis online shop. Tapi sebagai pemburu motor bekas, perlu hati-hati karena oknum penjual pun banyak yang nakal.

Motor bekas dagangannya kerap ditutupi kelemahannya, semisal memoles kembali body motornya untuk menarik minat calon pembeli dan cepat lakunya, meskipun tidak peduli dengan kondisi mesinnya.

Berikut ini adalah beberapa tips singkat sebelum membeli motor bekas.

  1. Jangan Tertipu Tampilan

Pertama, jangan tertipu dengan tampilan body motor bekas. Seperti yang disebutkan tadi, penjual yang nakal kerap memoles tampilan luar agar memikat calon pembeli namun belum tentu baik kondisi mesinnya.

Oleh karena itu, pastikan untuk lebih teliti dalam memeriksa tampilan body luar motor bekas, apakah ada indikasi pernah jatuh atau patah serta kondisi mesinnya juga. Selain itu, pastikan komponen-komponen elektrikal tidak luput dari perhatian dan pengetesan.

Jika dalam pengujian ditemukan keganjilan, maka segera untuk membatalkan pembelian atau mulai mencari motor bekas lainnya.

  1. Jangan Tes Motor dalam Keadaan Mesin Panas

Sebelum membeli tentu harus dicoba dulu. Nah, mengetes motor bekas lebih baik mulai dari saat mesin motor dalam keadaan dingin.

Dengan begitu kondisi mesin itu baik atau sebaliknya akan terlihat. Pastikan diri Anda sendiri yang menyalakan mesin itu pertama kali untuk mengetahui kondisi mesin motornya.

  1. Selidiki Harga Pasaran

Harga yang dibanderol untuk sebuah motor bekas tentu beragam, ada yang di atas harga pasaran atau malah jauh di bawah harga. Keberagaman ini perlu diselidiki, jika harganya tinggi daripada harga pasaran Anda berhak bertanya lebih banyak soal kondisi secara keseluruhan, kelengkapan surat-surat hingga sejarah motor tersebut.

Sebaliknya, jika harga yang dipatok jauh lebih rendah, tanya kelengkapan surat dan kondisinya saja dirasa sudah sangat cukup.

Untuk melihat harga pasaran motor bekas, kini pun lebih udah lagi. Sudah banyak situs jual beli kendaraan.

Khusus motor bekas, ada baiknya Anda lihat daftar harga motor bekas di Carmudi itu.

  1. Kilometer Rendah belum Tentu Baik Kondisinya

Banyak salah duga jika usia tempuh yang semakin rendah maka kondisi motornya pun semakin baik. Padahal kilometer rendah justru mengindikasikan bahwa motor bekas itu tidak teruji kinerja mesin dan perawatannya.

Meskipun begitu, tetap saja, untuk motor bekas dengan kilometer tinggi juga wajib ditelusuri kondisinya prima atau tidak.

Jika Anda kurang paham mengenai motor bekas ada baiknya Anda bawa teman atau mekanik motor yang paham akan suatu jenis motor.

  1. Test Ride di Jalanan yang Beragam

Jika sudah dirasa cocok, motor bekas incaran Anda harus dilakukan test ride. Ini adalah cara paling baik sebelum membeli motor bekas.

Dari test ride ini akan diketahui apakah kondisi mesin, suspensi hingga stang kemudinya masih layak dikendarai atau tidak. Lakukan test ride di jalanan yang beragam bentuknya, tapi tetap utamakan keselamatannya, ya.

Jangan lupa untuk tetap memakai alat keselamatan berkendara motor, seperti helm dan kelengkapan alat motor tersebut, seperti spion dan rem yang mumpuni.

Disclaimer : Artikel Diatas Disertai Promosi Berbayar

Previous articleBikin Bangga, 2 Pembalap Honda Kibarkan Merah Putih Di Thailand
Next articleIni Dia Pemenang CustoMAXI Yamaha 2018 Bekasi
Berawal dari suka membaca jadi mendatangkan pembaca. Salam kenal semua, saya Bukhori Muslim, blogger otomotif dari Pekalongan yang mengudara sejak 2015. Terima kasih sudah membaca artikel bmspeed7.com. Semoga bermanfaat. Instagram saya @bmspeed7 boleh banget difollow :D

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here