Pasang Filter Ferrox Yamaha All New Nmax, Motor Jadi Ngacir !

0
Filter udara Ferrox Yamaha All New Nmax 155 2020
Filter udara Ferrox Yamaha All New Nmax 155 2020
Iklan AHM HC3

bmspeed7.com – Oke kali ini saya mau review filter udara Ferrox di Yamaha All New Nmax yang mempunyai mesin 155 cc dengan teknologi VVA ini teman-teman.

Pada dasarnya mesin tersebut sudah oke banget untuk stop and go,akselerasi responsif. Nah saya dengar-dengar filter udara Ferrox mampu memberikan peningkatan akselerasi dan konsumsi BBM lebih irit.

Untuk itu saya nyobain filter yang dibanderol dengan harga Rp 500.000 di Primes Asia. FYI,Primes Asia adalah distributor resmi filter udara Ferrox di Indonesia.

Ferrox Yamaha Nmax 2020

Filter udara Ferrox made in Thailand,terkenal bagus akan kualitasnya. Dan ketika saya cek langsung memang oke banget. Material bagus dan secara built quality terbilang rapi dan presisi.

Filter udara original Yamaha Nmax 2020
Filter udara original Yamaha Nmax 2020
Filter Ferrox Yamaha Nmax 2020
Filter Ferrox Yamaha Nmax 2020

Dipasarkan dengan harga yang terbilang mahal (relatif sih), Ferrox menawarkan filter udara dengan pemakaian seumur hidup. Mengusung material stanless steel berkadar 18% krominum dan 8% nikel yang menjadikannya sangat sulit bahkan tidak dapat berkarat, sehingga pemakaian Ferrox bisa selamanya.

Catatan :

  • Bersihkan filter udara Ferrox setiap 2000 km jika berada di daerah polusi tinggi
  • Bersihkan di 5000 km untuk kondisi jalan normal

Cara Pasang Filter Ferrox Nmax

Mudah banget kalau saya bilang sih untuk pemasangan filter udara Ferrox di Yamaha All New Nmax.

  • Buka 9 baut dengan obeng plus

  • Lepas filter bawaan (OEM) Yamaha All New Nmax
  • Lihat dalam box filter udara,jika ada debu bersihkan dulu dengan tisu. Saya melakukannya seperti itu. Pada saat review, jarak tempuh Nmax saya baru mencapai 1.735 km dan belum lama service pertama di dealer resmi Yamaha. Jadi tidak banyak debu di dalam box filter.

  • Baru deh pasang filter Ferrox ke box filter All New Nmax. Oh iya,waktu pemasangan perhatikan karet yang menjadi body dari filter ya,harus rapat. Selain memudahkan pemasangan tutup box filter nanti,juga agar debu dan air tidak masuk ke box filter itu sendiri.

Cara Pasang Filter Udara Ferrox Nmax 2020

  • Kebalikan dari poin 1,pasang 7 baut dengan obeng plus.

Nah mudah bukan pemasangannya?

Review Filter Ferrox Nmax

Setelah memasang filter Ferrox di Yamaha All New Nmax, saya kemudian langsung menjajal performanya dibanding dengan filter standar pabrik. Ada 3 kelebihan yang saya peroleh.

  • Akselerasi meningkat

Efeknya membuat tarikan motor jadi ngacir. Digeber tuh rasanya enteng. Hal ini wajar,karena filter Ferrox mempunyai kerapatan 45 micron. Artinya lebih besar dibanding filter bawaan pabrik yang rata-rata 15-25 micron.

Karena lebih besar,maka debit udara (oksigen) yang masuk ke box filter juga menjadi lebih besar. Saya merasakan bedanya itu pada saat VVA aktif (cetek begitu bunyinya) artinya di 6000 rpm,tarikan motor ngejozz banget. Begitu mudahnya mencapai kecepatan 100 km/jam.

  • Makin bertenaga

Kok cuma ganti filter bisa meningkatkan tenaga?  Sama seperti di atas, ini soal rasa berkendara yang dimana saya rasakan ada peningkatan tenaga pada All New Nmax 155 setelah pakai filter Ferrox. Maklum, Ferrox part racing yang memang dibutuhkan untuk menunjang performa motor. Ya memang sih tidak terlalu signifikan, namun dirasakan itu beda.

  • Konsumsi BBM lebih irit

Konsumsi BBM berdasarkan MID di speedometer tembus 45,2 km/L. Lebih irit dari sebelum diganti filter Ferrox yang berada di angka 42,7 km/L. Rute yang saya lalui perkotaan dan pegunungan yang dipenuhi tanjakan dan jalan berkelok.

Kok bisa ganti filter udara konsumsi BBM malah jadi irit? ini dikarenakan oksigen yang masuk ke ruang bakar lebih banyak sehingga bahan bakar lebih mudah terbakar,pembakaran jadi lebih sempurna.

Baca : Konsumsi BBM Yamaha All New Nmax 2020, Terbilang Irit !

Terakhir, filter udara Ferrox sangat cocok untuk teman-teman yang menginginkan peningkatan performa motor dan konsumsi BBM yang lebih efisien. Sebaliknya, filter Ferrox (ya namanya part racing) tidak cocok untuk teman-teman yang masih mending-mending. Katanyanya nih, dengan kerapatan 45 micron menjadikan filtrasi kurang maksimal dan menjadikan debu mudah masuk ke ruang bakar. Dari dulu ya selalu gitu, saya sendiri sejauh ini belum pernah dengar ada masalah mesin setelah mengganti filter Ferrox. Dan sebaliknya, banyaknya efek positif setelah memasangnya. | Mas Muslim @bmspeed7.

Baca Juga : Yamaha Nmax Star Wars Rilis di Brazil, Segini Harganya

 

 

Packaging Ferrox
Filter udara Ferrox tampak depan
Filter udara Ferrox tampak depan
Filter udara Ferrox tampak belakang
Filter udara Ferrox tampak belakang
Stiker Ferrox

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here