Disaksikan Presiden Jokowi, Ekspor Motor Yamaha Tembus 1,5 Juta Unit !

0
Jokowi Coba Yamaha XMAX (Foto: Setkab)

BMSPEED7.COM – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) boleh berbangga, sebab fasiltas pabrik mereka dipercaya untuk merakit berbagai produk global Yamaha. Saat ini Yamaha Indonesia punya dua pabrik yang terletak di kawasan industri Pulodung dan KIIC di Karawang. Kedua pabrik tersebut diperuntuhkan untuk merakit motor dengan tipe yang berbeda.

Di Karawang kebanyakan merakit motor matic entry level seperti Mio series dan motor bebek. Kemudian plant Yamaha di Pulogadung dikhususkan untuk merakit bermacam produk global Yamaha yang nantinya diekspor ke berbagai penjuru Dunia seperti Yamaha XMAX, NMAX, LEXI, AEROX, YZF-R3, YZF-R25, MT-03, MT-25, YZF-R15, MX-King dan sebagainya.

Dengan sederet produk yang diekspor Yamaha Indonesia, praktis pabrikan berlogo garputala tersebut turut andil menyumbang pundi-pundi dollar ke RI. Tak tanggung tanggung nilainya mencapai USD 813,6 juta atau setara Rp 11,8 triliun. Nah, tadi siang (3/12) Yamaha Indonesia menggelar “Pelepasan ke 1,5 Juta Ekspor Motor Yamaha” di Pabrik Global YIMM, Pulo Gadung Jakarta Timur.

Disaksikan Presiden Jokowi

Presiden Jokowi didampingi Menperin, Mendag dan pimpinan PT YIMM menekan tombol tanda ‘launching’ ke-1,5 juta motor Yamaha, di Pulogadung, Jakarta Timur, Senin (3/12) siang. (Foto: Setkab)

Pada acara tersebut Yamaha turut mengundang Presiden Republik Indonesia Joko Widodo bersama Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Duta Besar Jepang untuk Indonesia Ishii Masafumi dan jajaran Yamaha Group serta Stakeholders terkait lainnya.

Perlu mazbro ketahui, PT. YIMM secara khusus dipercaya oleh principal Yamaha Jepang  untuk memenuhi kebutuhan sepeda motor Yamaha di pasar global. Melalui kerja nyata anak bangsa, Yamaha Indonesia bertransformasi menjadi pabrik eksportir terbesar di dunia dalam jajaran Yamaha Group dan juga terbesar di Industri Sepeda Motor Indonesia.

Pada tahun 2018 perkiraan ekspor Yamaha Indonesia mencapai 338.000 unit dan 5.300.000 CKD set atau naik 14,7 kali lipat dibanding dengan tahun 2014, dengan kandungan Lokal pada proses produksi sebesar 94% serta komposisi produksi untuk ekspor sebesar 25% dari produksi

Pernyataan Minoru Morimoto, President Director & CEO PT Yamaha Indonesia Motor Mfg.

“Pencapaian ekspor Yamaha Indonesia ini sangat membanggakan. Kami selalu berupaya untuk terus menjaga standard kualitas produk serta meningkatkan kegiatan ekspor untuk masa yang akan datang. Kami yakin Indonesia akan menjadi bagian penting produksi sepeda motor Yamaha untuk kebutuhan global. Produk-produk Yamaha saat ini telah menjadi kebanggaan Indonesia yang mendunia” ujar Morimoto.

Previous articleDidukung Tekiro, Tim Antasena Juara 3 Kontes Mobil Hemat Energi Nasional
Next article7 Warna Baru Yamaha Aerox 155 2019 Tipe Standar, R dan S Version
Berawal dari suka membaca jadi mendatangkan pembaca. Salam kenal semua, saya Bukhori Muslim, blogger otomotif dari Pekalongan yang mengudara sejak 2015. Terima kasih sudah membaca artikel bmspeed7.com. Semoga bermanfaat. Instagram saya @bmspeed7 boleh banget difollow :D

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here