Membersihkan Rantai Motor Dengan Cairan Rexco 70

0
Membersihkan Rantai Pakai REXCO 70
Rexco 70 berguna untuk membersihkan oli/kotoran pada rantai motor

Bagi teman teman yang mempunyai jenis motor non matic, ada baiknya melakukan perawatan rantai motor secara berkala untuk mendapatkan performa terbaik ketika diajak riding. Maklum, sepeda motor sekarang umumnya tidak dilengkapi penutup rantai jadi akan mudan terkena debu.

Nah untuk perawatan rantai motor sendiri bisa dilakukan dengan mudah walaupun ada tahapan yang tidak semuanya bisa melakukannya, contohnya ketika melakukan penyetelan rantai agar kekecangannya pas.

Namun yang pasti bisa dilakukan oleh teman teman sekalian adalah, membersihkan rantai motor. Yes, rantai motor ketika sudah lama melakukan tugasnya biasanya akan ditemui noda oli maupun kotoran yang jika disemprot dengan air tidak akan hilang begitu saja.

Hal yang saya lakukan ketika membersihkan rantai motor adalah dengan mengandalkan cairan Rexco 70. Yes, Rexco yang merupakan merek pelumas serba guna dengan berbagai jenisnya tersebut mempunyai cairan yang dikhususkan untuk perawatan motor dalam hal ini ialah membersihkan oli atau gemuk di rantai.

(Baca : Fungsi/Kegunaan Rexco 18, 20, 25, 50, 70 & 81 Yang Perlu Diketahui)

Cara Membersihkan Rantai Motor Dengan Cairan Rexco 70

  • Standar tengah terlebih dahulu agar ban belakang bisa berputar sehingga mempermudah dalam perawatan rantai
  • Basahi rantai terlebih dahulu agar cairan Rexco 70 bisa berkerja dengan maksimal. FYI aja, cairan Rexco 70 wujudnya itu seperti busa sabun teman teman.
  • Sebelum disemprotkan ke rantai dan gear, jangan lupa pasang sedotan kecil yang didapat saat pembelian dan dikocok dahulu seperti panduan dalam kemasan.
  • Semprot cairan Rexco 70 ke rantai dan gear secara merata
Membersihkan Rantai Pakai REXCO 70
Rexco 70 berguna untuk membersihkan oli/kotoran pada rantai motor
  • Diamkan sekitar 5-7 menit agar cairan berkerja dengan maksimal

  • Setelah didiamkan, cairan yang tadinya berwarna putih bersih akan menjadi warna kecoklatan. Tanda bahwa cairan tersebut sukses melakukan tugasnya membersihkan kotoran maupun sisa oli pada rantai dan gear.

  • Untuk memaksimalkan pembersihan,teman teman bisa menggosok rantai dengan sikat gigi. Setelah itu semprot pakai air bersih.
  • Lihat rantai motor dan gear menjadi bersih.

Sebelum dibersihkan

Setelah rantai dan gear menjadi bersih, hal yang perlu dilakukan teman teman adalah melumasi rantai agar tidak kering dan membuatnya bakal karatan. Rantai yang kering biasanya keluar bunyi ketika diajak riding dan membuat pengalaman berkendara menjadi berkurang. So, buat teman teman jangan malasĀ  malasan ya untuk merawat rantai motor kesayangannya. Sekian untuk artikel kali ini, semoga bermanfaat.



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here