Home Otomotif 5 Informasi Yang Ada di Velg Motor dan Cara Baca Kodenya

5 Informasi Yang Ada di Velg Motor dan Cara Baca Kodenya

2
Cara Membaca Ukuran Velg Motor
Informasi dan cara membaca kode ukuran velg motor

BMSPEED7.COM – Velg (Pelek) merupakan salah satu komponen terpenting dalam sepeda motor karena menjadi komponen dari sebuah roda. Tahukah teman teman kalau di velg motor ada bermacam informasi atau istilahnya spesifikasi. Nah, dari informasi tersebut diantaranya dituangkan lewat sebuah kode. Lantas bagaimana cara membacanya? berikut penjelasannya. Dalam hal ini velg CW alias Cast Wheel yah…

(Baca : 10 Alasan Saya Memilih Honda CBR250RR)

Informasi di Velg Motor dan Cara Baca Kodenya

  • #1 MEREK

Velg Enkei CBR250RRNamanya spare part/komponen pasti ada sebuah perusahaan yang memproduksinya. Nah perusahaan tersebut tentu mempunyai merek untuk membranding barang produksinya. Seperti di Velg Motor ada bermacam merek yang dapat ditemui dipasaran. Dalam hal ini merek velg Honda CBR250RR milik saya ialah Enkei. Enkei sendiri merupakan salah satu vendor PT Astra Honda Motor (AHM).

  • #2 PERUNTUKAN

Velg Tubeless CBR250RRVelg motor diperuntukan ada yang buat Tube Type dan Tubeless Type teman teman. Nah, velg yang diperuntukan untuk ban Tubeless di motor biasanya ada tulisan FOR TUBELESS pada palang velgnya. Atau jika tidak ada, biasanya ada kode MT sebelum lebar velg, contoh MT 4.00.

Tak kalah penting adalah kode part, untuk velg CBR250RR kodenya 42650K64N60ZA. Angka K64A sendiri merupakan kode CBR250RR. Kemudian jika di Yamaha Nmax kode partnya termasuk velg ialah 2DP.

  • #3 STANDART DAN SERTIFIKASI
Velg Honda CBR250RR
SNI
Certification JWL
Certification JWL

Sebuah komponen apalagi seperti velg yang jelas menyangkut safety, jelas mempunyai standar teman teman. Seperti di Honda CBR250RR ada 3 standar yakni SNI (Standar Nasional Indonesia), DOT (Departement Of Transportation) yang dikeluarkan oleh NHTSA (National Highway Traffic Safety Association) di Amerika dan JWL, sertifikasi roda yang diuji dan terdaftar oleh Asosiasi Inspeksi Kendaraan Jepang.

  • #4 NEGARA PEMBUAT

Velg CBR250RR Made In IndonesiaUntuk velg Honda CBR250RR Made In Indonesia atau dibuat oleh pabrik Enkei di Indonesia. Rata rata velg OEM (Original Equipment Manufacture) yang motornya diproduksi di Indonesia sih sudah SNI.

  • #5 UKURAN
Cara Baca Ukuran Velg CBR250RR
DOT

Bagaimana cara membaca ukuran velg? mudah teman teman. Biasanya tertulis begini, Saya contohkan untuk velg Honda CBR250RR yah.

  • Depan : 17X2.75 Artinya velg tersebut mempunyai diameter lingkar (ring) 17 inchi dan lebar 2,75 inchi
  • Belakang : 17×4.00 artinya ukuran diameter ring 17 inchi dan lebar 4 inchi

Pada kasus tertentu kadang ukuranya dibalik menjadi 2.75 X17 dan 4.00X17. Intinya sama saja sih hehe.

Dengan mengetahui informasi yang ada di velg motor, harapannya ialah enggak salah beli ketika akan membeli velg motor khususnya untuk jenis CW (Cast Whell). Sekian, semoga berguna. Ada yang perlu ditambahkan? monggo komen yah…. | Mas Muslim

(Baca Juga : Dibanderol Rp 30 Juta, Ini Kelebihan Velg Marchesini Honda CBR250RR )

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

SUBSCRIBE MY YOUTUBE CHANNEL