Isi Nitrogen Ban Motor CBR250RR, Emang Beda!

0
Ban Motor Isi Nitrogen
Ban Honda CBR250RR saya isi Nitrogen

BMSPEED7.COM – Jadi kemarin (23/8) itu saya isi nitrogen ban motor CBR250RR di SPBU Pertamina di Jalan Bebekan, Paesan, Kedungwuni, Pekalongan. Ada dua alasan sih kenapa saya mengisi Nitrogen, pertama karena semenjak saya beli di Maret lalu kelupaan belum isi Nitrogen dan yang kedua karena pas saya bawa riding kurang angin.

Ok, akhirnya saya melipir ke SPBU yang ada nitrogennya (FYI,rata rata SPBU Pertamina sudah ada pengisian Nitrogen). Perlu diingat, ketika teman teman akan mengisi nitrogen ke ban motor, alangkah baiknya dikuras/buang dulu. Jadi angin didalam ban yang diperoleh dari kompresor benar baner habis dan selanjutnya diganti nitrogen.

Di Honda CBR250RR saya pun begitu, angin yang ada di ban dikuras hingga habis dengan sistem vakum. Kemudian ban motor CBR250RR aka Soichiro diisi nitrogen dengan tekanan 30 Psi untuk depan dan belakang 35 Psi.

Ban Motor Isi Nitrogen Emang Beda!

Satu kelebihan kalau ban motor memakai nitrogen adalah terasa enteng begitu dibawa akselerasi. Menurut informasi yang saya dapat dari berbagai sumber, sifat nitrogen didalam ban itu lebih dingin dibanding angin biasa. Jadi tekanan ban cenderung lebih stabil. Beda dengan angin biasa yang mudah memuai ketika terkena panas.

Nah, kesimpulannya adalah lebih baik ban motor diisi nitrogen dibanding angin biasa. Meski teman teman harus mengeluarkan biaya Rp 10.000 untuk sepasang roda depan dan belakang, namun hasil yang didapat memuaskan.

Biaya pengisian nitrogen di SPBU kemungkinan bervariasi, kalau mobil sudah jelas lebih mahal. Namun pengalaman saya isi nitrogen untuk Honda CBR250RR dan Yamaha New Vixion Advance  Rp 10.000.

Sekian dan terima kasih buat teman teman yang sudah baca artikel ini 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here