Cara Membersihkan Noda Oli di Rantai, Gear & Velg Motor

2
menghilangkan oli di velg motor
Membersihkan noda oli di motor

Membersihkan Noda Oli di Motor emang bikin males karena tangan kita pasti akan blepotan bro, cerita berawal sepulang saya dari Jakarta ngeliat motor kok kurang bersih pada sektor kaki belakang. Setelah dilihat ternyata ada kotoran/noda membandel pada beberapa komponen seperti rantai, gear, lengan ayun dan velg motor.

Autocolek noda oli di velg motor,wah ternyata itu sisaan Chain Lube Yamaha sewaktu menyemprotkan ke rantai motor. Akibatnya timbul kerak yang kalau disiram air + shampoo tidak akan hilang begitu saja lantaran sudah lengket. Enggak suka motor tampil kotor, saat itu juga saya langsung sikat noda oli tersebut.  Dan berikut adalah cara membersihkan noda oli pada rantai, gear dan velg  motor di Yamaha New Vixion Advance lansiran 2015 milik saya pribadi.

Oia, diluaran sana banyak tips dan trik untuk menghilangkan noda oli pada motor, nah kebetulan pada artikel ini saya menganut cara tersendiri yang memang sudah saya pakai untuk merawat motor dirumah. Oke langsung aja ya bro…

Alat dan Bahan

  • Sikat gigi bekas
  • Wadah bensin
  • Ember untuk wadah cairan sunlight
  • Lap kain
  • Bensin
  • Cairan Sunlight
  • Air mengalir dari kran

Cara Membersihkan Noda Oli di Rantai, Gear & Velg Motor

-Pertama masukan bensin (bisa juga sih pake solar) pada wadah kecil (kebetulan kalau saya botol sprite bekas yang dipotong).

Wadah Bensin

-Kedua masukan sikat gigi bekas pada bensin yang sudah dituang ke wadah untuk kemudian oleskan pada komponen yang terkena noda oli seperti rantai, gear, swingarm dan velg motor.

*Mohon maaf pas bersihin gear dan lengan ayun enggak kefoto, pada intinya sama sih..

-Ketiga oleskan bensin pakai sikat gigi hingga merata dan pastikan kotoran oli lengser dari komponen tadi. Nah,setelah dirasa lengser maka segera lap pakai kain bekas agar terlihat kotoran yang belum hilang dibagian mana. Dalam prakteknya,poin ketiga ini saya ulangi hingga 3 kali karena noda oli yang menempel cukup banyak.

-Keempat adalah menghilangkan bekas minyak bensin yang tadi dioleskan komponen. Senjata ampuh andalan saya adalah pakai air yang dicampur Sunlight. Cairan tersebut emang handal banget membashi bensin, karena untuk membasmi lemak dipiring saja sudah tidak diragukan lagi ckckckc. Caranya adalah,siapkan ember yang sudah diisi air secukupnya lalu masukan cairan sunlight 3 kali crot. Aduk aduk sampe berbusa kemudian oleskan cairan pakai kain bersih ke komponen yang terkena bensin. Ulangi boleh bro sampai minyak tidak menghilang

Gayung sudah berisi cairan sunlight

-Kelima semprotkan pakai air mengalir (kebetulan kalau saya dari kran bro) pada komponen yang sudah diberikan cairan sunlight. Ajaib,kotoran seketika hilang dan membuat sektor kaki kaki belakang terlihat cerah. Enggak kusam lagi seperti sebelumnya.

byur…

Sebelum dibersihkan

SwingArm, gear, rantai dan velg motor terlihat buluk
Kotor banget…

Setelah dibersihkan

Terlihat cerah
bersih bro..
Velg terlihat seperti baru..

Simpel banget kan bro?

Nah itu dia bro cara membersihkan noda oli di rantai, gear & velg motor dengan bantuan bensin dan sunlight. Semoga cara sederhana dan mudah dipraktekan ini berguna bagi mazbro sekalian. Ada pertanyaan? Komen dikolom komentar yak. Matur suwun bro sudah baca dan share artikel ini🙏

Baca Juga :

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here