Tarakusuma Indah, Produsen 5 Merk Helm Terkenal di Indonesia

2
KYT Xavier Siméon
KYT Xavier Siméon

BMSPEED7.COM – ketika saya menyebut nama Tarakusuma Indah mungkin bagi sebagian mazbro nampak terdengar asing. Tapi ketika saya menyebut helm merk KYT banyak dari mazbro yang kenal bahwa itu merek helm lokal yang namanya sudah terkenal baik di dalam maupun luar negeri. Yaps, KYT adalah salah satu dari banyakya merek helm yang diproduksi oleh PT Tarakusuma Indah.

  • VISI
    Menjadi produsen helm terkemuka di tanah air dengan mengedepankan konsistensi dalam kualitas dan inovasi keamanan sempurna bagi pengguna sepeda motor.
  • MISI
    Memproduksi secara bertanggung jawab & mengedepankan kepuasan konsumen dengan senantiasa menjaga kualitas produk.

Melihat visi dan misi Tarakusuma Indah memang sejalan dengan apa yang dilakukan Tarakusuma selama ini, yang saya tahu pabrikan perangkat safety ini sering berinovasi menciptakan bermacam helm seuai dengan permintaan pasar, mengedepankan kualitas, mengedepankan safety dan sering promosi.

5 Merek Helm Buatan Tarakusuma Indah

  • KYT (kelas menengah ketas)
  • INK (kelas menengah ketas)
  • MDS (kelas menengah)
  • BMC (kelas bawah)
  • HIU (kelas bawah)

FYI, selain kelima merek diatas Tarakusuma juga memproduksi helm Suomy yang dipakai pembalap Andrea Dovizioso di MotoGp loh. Oia, untuk Suomy sendiri merupakan merek helm asal Italia yang saat ini sudah diakuisisi oleh Tarakusuma (produsen KYT). Jozz!

Sekilas Tentang Tarakusuma Indah

PT Tarakusuma Indah berdiri sejak tahun 1980-an, pabriknya berada di Kawasan Industri Lippo Cikarang, dengan luas wilayah 20.000 m (15.000 m), sekitar 45 menit perjalanan dari Pusat Kota Jakarta. Tarakusuma Indah memproduksi helm sepeda motor yang mengedepankan keamanan serta didukung oleh kualitas bahan dasar terbaik yang telah melalui uji standar yang ketat sesuai dengan standar nasional dan internasional yang berlaku.

PT Tarakusuma Indah  menjadi produsen helm pertama yang mengaplikasikan dan memenuhi berbagai standar sertifikasi. Pada tahun 1992, produksi helm dari pabrikan ini sudah memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI) 1811 1990, dan sekarang direvisi menjadi SNI Wajib yaitu SNI 1811 2007.

Bukan cuma menyasar pasar Indonesia, Tarakusuma ternyata memperluas pangsa pasar ke manca negara dengan melakukan riset dan pengembangan alih teknologi dari Eropa di mana produk-produknya berhasil terakreditasi dengan beberapa sertifikasi internasional penting untuk pasar manca negara, seperti :

  • Standar Eropa (E2205)
  • USA (DOT FMVSS218 dan SNELL)
  • AS (AUSTRALIAN STANDARD)

Helmnya Pembalap MotoGP

Buat kalian penggemar MotoGp, helm KYT tentu sudah tidak asing lagi diarena balap kelas wahid ini. Itu dikarenakan ada beberapa pembalap MotoGp yang pakai helm KYT antara lain Aleix Espargaro, Xavier Simeon dan Simone Corsi di Moto2 serta Andrea Locatelli di Moto3.

Selain dipakai diajang MotoGp, helm KYT produksi Tarakusuma juga dipakai dikejuaraan MXGP, ARRC, Suzuka 8 Hours, Asia Talent Cup, IRS, Motoprix dan lain lain.

Champion ARRC AP250 2018
Rheza Danica Juara Asia ARRC 2018 Asia Production 250 (AP250) (Foto : Asia Road Racing)

Banyak Varian Yang Ditawarkan

Tarakusuma menawarkan berbagai varian helm dari setiap merek yang diproduksi seperti full face, half face, open face, modular, cross.

Nah itu dia artikel seputar PT Tarakusuma Indah yang memproduksi berbagai merk helm di Indonesia. Semoga berguna.

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here