Review Suzuki Nex II 2018 : Nyaman, Lincah dan Irit Banget !!

0
Suzuki Nex II X Inventzo Alpha Titanio

Review Suzuki Nex II post by BMSPEED7.COM – Masuk pak Eko, akhirnya artikel seputar review Suzuki Nex II 2018 terpublish juga. Nah jadi beberapa waktu lalu saya mendapatkan pinjaman unit Suzuki Nex II 2018 tipe standar warna titan black (hitam metalik) dari Suzuki Indomobil Sales (SIS) via Suzuki SMG Pekalongan selama 8 hari guna merasakan langsung berkendara/test ride untuk kemudian memperoleh kelebihan dan kekurangan Suzuki Nex II, motor matic suzuki terbaru (gen 2) pengganti Suzuki Nex lama.

Dan berikut ini adalah Review Suzuki Nex II 2018 yang dibanderol dengan harga Rp 13.950.000-Rp14.650.000 OTR Jakarta.

Desain Suzuki Nex II

Saya sangat salut sama Suzuki yang mau mendengarkan masukan konsumen seputar desain motor Suzuki Nex II sehingga kini menjadi lebih sporty. Desain Nex II sekarang lebih agresif lantaran dipenuhi tarikan garis yang tajam dan dimensi juga lebih besar sehingga membuatnya cocok dipakai semua kalangan. FYI, desain Nex lama kan serba membulat udah gitu secara dimensi lebih kecil jadi kurang pede untuk dinaikin.

Built Quality

Udah lah kalau soal kualitas garapan motor Suzuki selalu joss gandos. Tak terkeculi Suzuki Nex II ini pemirsa, plastik tebel dan panel per panel terpasang secara solid, cat mengkilap abis (kebetulan warna yang saya pakai glossy ya), komponen mesin dan kaki kaki juga tercetak secara presisi pemirsa. Top pokonya lah.

Ergonomi Berkendara

Layaknya dipameran motor, setelah puas melihat desain kemudian beranjak untuk naik diatasnya untuk merasakan langsung gimana sih posisi berkendaranya. Dan dipoin ini menurut saya kelebihan Suzuki Nex II mulai terangkat pemirsa. Yups, posisi berkendaranya sangat nyaman…

Abaikan sandal jepit bro šŸ˜€

FYI, saya mempunyai tinggi badan 167cm dan diatas Nex II ini kaki saya terlihat napak sempurna. Cocok nih buat cewek/cowok yang punya TB 155-165cm. Balik lagi soal ergonomi, dengan posisi stang yang rendah,area jok yang bersahabat dan lutut tidak mentok ke dek depan, ternyata membuat Nex II enak dikendarai, saya merasakan sangat rileks dan tidak mudah pegal meski dibawa jalan jauh sekalipun. Kenyaman tersebut tentu saja ditunjang oleh jok yang empuk, ruang kaki yang lega dan stang yang nyaris tidak ada getaran pemirsa. Luar biasa R&DĀ  Suzuki…

Handling

Ini masih ada kaitnya dengan poin ketiga hanya saja kalau poin ini lebih menekankan rasanya berkendara. Jadi Impresi pertama membawa Nex II asli ini motor enteng banget, stang dibelok belokin ”mak gleser” alusnya, sangat lincah dibawa zig zag dikemacetan lantaranĀ  motornya ringkes sekali, stabil ketika dibawa dikecepatan tinggi dan body tidak ada getaran sama sekali.

Bantingan Suspensi

Shockbreaker Suzuki Nex II

Berat badan saya 48 Kg,untuk sektor suspensi baik depan dan belakang tidak terlalu empuk namun enggak keras juga. Nah kalau dibandingkan antar depan dan belakang, shock belakang lebih empuk.

Melewati Speed Trap Suspensi mampu meredam dengan baik

Oia,saat dibawa berboncengan dan melewati poldur alias polisi tidur,enggak gasruk pemirsa. Yang membuat saya suka adalah ketika dipakai ngebut ditikungan respon peredaman suspensinya cepat jadi membuat motor tetap stabil. Mantap!

Pengereman

Suzuki Nex II telah dibekali rem cakram pada bagian depan dan rem tromol pada bagian belakang. Saya merasakan kalau remnya tidak begitu pakem. Perlu narik tuas agak kenceng barulah roda bisa pelan. Mungkin karena unit yang dipinjam ke saya belum diservice ”tapi ini belum diservice ya mas” ujar mbak Naili penanggung jawab SMG Pekalongan sewaktu menyerahkan motor.

Performa Mesin

Tanjakan dilibas dengan mudah

Suzuki bilang pada bagian mesin sudah terkena improvement utamanya pada injektor dan rasio gear. FYI, lubang injektor Suzuki Nex II sekarang 6 buah sementara yang dulu hanya 4 buah. Kemudian Suzuki Nex II juga dibekali dengan rasio gear akhir yang lebih kecil untuk meningkatkan sisi performanya.

Saya merasakan putaran bawah tidak terlalu ngejoss, untuk mencapai 0-60 Kpj seperti kurang bertenaga. Namun sisi baiknya adalah untuk mencapai 60-100 Kpj begitu mudah dengan Nex II ini (ingat saya punya BB cuma 48Kg L:D)

Konsumsi BBM? tembus 48,5 liter untuk rute pengunungan (baca selengkapnya : Hasil Tes Konsumsi BBM Suzuki Nex II, Dapet Segini Irit Gak?)

Oia, cuma mau nambahin kalau dengan hasil segitu Suzuki Nex II belum dillengkapi fitur penghemat bahan bakar seperti kompetitornya misal Honda BeAT eSP yang sudah dilengkai eco riding dan ISS (Idling Stop System)

Spesifikasi Suzuki Nex II 2018

Ini motor dibekali mesin yang lebih besar kapasitasnya dari Honda BeAT eSP yaitu 113 cc SOHC 2 klep berpendingin udara. Diatas kertas tenaga Suzuki Nex II berada diangka 6.7kw diputaran mesin 8000 RPM dan torsi 8.5Nm @6,000rpm.

Engine Specifications
Max Power 6.7kw/8,000rpm
Max Torque 8.5Nm/6,000rpm
Engine Type 4-Stroke, 1 Cylinder, SOHC, 2-Valve
Bore X Stroke 51.0mm x 55.2mm
Engine Displacement 113cc
Compression Ratio
Fuel System Fuel Injection
Cooling System Air Cooled
Lubrication
Starting Electric & Kick
Ignition System CDI
Engine Oil
Transmission Type CVT
Clutch Type (Primary)
Fuel Consumption
Chassis Specifications
Suspension (Front) Telescopic, Coil Spring, Oil Damped
Suspension (Rear) Swingarm Type, Coil Spring, Oil Damped
Tire Size (Front) 80/90-14(TT)
Tire Size (Rear) 90/90-14(TT)
Brakes (Front) Disc
Brakes (Rear) Drum
Fuel Tank Capacity 3.6L
Dimensions
Overall Length 1890mm
Overall Width 675mm
Overall Height 1045mm
Wheelbase 1260mm
Ground / Road Clearance 150mm
Curb Mass 93kg
Seat Height 740
Dry Weight

Akomodasi

Suzuki Nex II hadir sebagai motor urban yang sering dipakai untuk mobilitas sehari hari,oleh karenanya Suzuki tau akan hal tersebut dan membekali akomodasi yang menurut saya lumayan untuk menaruh barang bawaan. Pada dek depan terdapat cantolan untuk nyantolin tas atau kantong kresek berisikan barang belanjaan. Beranjak ke atasnya, terdapat 2 rak penyimpanan yang bisa dimanfaatkan untuk menaruh botol minuman. Dan yang terakhir ruang penyimpanan dibawah jok yang berguna untuk menyimpan jas hujan,alat alat dan kanebo buat mengelap motor supaya kinclong. Hehehe

Fitur Suzuki Nex II

Sudah saya bilang diawal kalau unit yang saya pakai ini merupakan tipe standar yang berarti fitur fiturnya juga standar misalnya lampu depan masih bohlam biasa. Kalau yang versi tertinggi sudah dilengkapi lampu utama LED, LED strip pada body kanan kiri dan USB Charger. Udah ditambah aksesoris seperti rim decal, cover kanlpot chome dan visor pada cover stang.

Pada dasarnya semua tipe Suzuki Nex II dibekali fitur Easy Start System yang cukup satu kali pencet tombol maka akan berbunyi ”bletak jreng” tanda mesin hidup, ini sebuah kekurangan yang bisa ditoleransi menurut saya karena mesin Suzuki Nex II ini sangat alus dan performanya lumayan. Lanjut ada speedometer analog yang memperlihatkan berbagai informasi mulai kondisi bahan bakar, odometer dan kecepatan, rem cakram dibagian depan dan terdapat 3 buah ruang penyimpanan.

Kesimpulan

Bukhori Muslim,Pemilik sekaligus penulis BMSPEED7.COM

Meski dibanderol dengan harga paling murah dikelasnya yaitu Rp 13.950.000-Rp 14.650.000 OTR Jakarta. Namun apa yang kita dapat tidaklah murahan. Justru sebaliknya, motor ini menawarkan banyak kelebihan yang tidak didapat pada motor kompetitor. Misal, Desain lebih lebih sporty dan tidak membosankan untuk dipadang, kenyamanan berkendara dan irit bahan bakar.

Hanya saja karena harganya yang murah sehingga fitur-fiturnya tidak sebaik kompetitor misal Honda BeAT dan Mio M3 yang sudah dibekali fitur standar samping otomatis,penghemat bahan bakar (ISS Honda) (SSS Yamaha) dan tuas pengunci rem belakang. Tapi sangat dimaklumi mengingat ini produk pertama kali dirilis, saya yakin pada Nex II Facelift nanti akan lebih baik disektor fitur fiturnya. Kita lihat dan tunggu saja.

Ok, sekian review Suzuki Nex II 2018 tipe standar dari bmspeed7.com semoga berguna. Terima kasih sudah baca, komen dan share artikel ini ke teman-teman.

Baca Juga :

  1. Tes Lampu Suzuki Nex II Standar, Lumayan Terang!
  2. Galeri Foto Suzuki Nex II 2018, Semakin Keren!
  3. Harga DP dan Cicilan/Kredit Suzuki Nex II (Gen 2) Terbaru 2018
  4. Harga Suzuki Nex II 2018 Tipe Standar, Elegant, Premium & Sporty
  5. 13 Pilihan Warna Suzuki Nex 2 Terbaru 2018 Tipe Standar, Sporty, Dynamic, Elegant & Premium

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here