CSR : YIMM Resmikan Bengkel Yamaha Adab Motor di Cirebon

Peresmian Bengkel Resmi Yamaha Adab Motor di Cirebon

BMSPEED7.COM – Yamaha Indonesia merupakan pabrikan yang paling getol membina siswa SMK di Tanah Air,ini merupakan bukti nyata kontribusi Yamaha kepada masyarakat Indonesia untuk “Merah Putih Semakin di Depan” dengan pelatihan teknologi otomotif Yamaha. Hal itu juga merupakan bagian dari CSR (Cooperate Social Responsibility) yang sudah dilaksanakan sejak tahun 2003 hingga saat ini.

(Baca : Nih Pemenang ITGP 2018 dan SMK Contest 2018, Juara 1 Terbang ke Jepang!)

Konsistensi ini terus berlangsung dan pekan ini salah satu bentuk nyata kerjasama Yamaha dengan SMK dilaksanakan melalui peresmian bengkel resmi Yamaha Adab motor, yang dimiliki oleh SMK Muhammadiyah Lemahabang. Peresmian itu digelar di area SMK Muhammadiyah Lemahabang Cirebon, Sabtu 14 Juli 2018 yang dihadiri oleh H. R. Alpha Amirrachman, M. Phil., Ph. D, Sekretaris Majelis DikDasMen Pimpinan Pusat Muhammadiyah sekaligus Staff Menteri Pendidikan dan Kebudayaan bidang Implementasi Kebijakan, Dr. Ir. M. Bakrun, MM, Direktur Pembinanan SMK Kementrian Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia , M.Abidin,  General Manager After Sales & Motorsport PT YIMM dan management SMK Muhammadiyah Lemahabang.

”Kerjasama antara Yamaha dengan SMK Muhammadiyah Lemahabang sudah dimulai sejak tahun 2008. Di tahun 2012 dibuka kelas khusus Yamaha di SMK Muhammadiyah Lemahabang. Yamaha memberikan support berupa set up ruang teori dan ruang praktek berikut peralatannya. Kerjasama ini terus berkembang sampai yang terbaru adalah peresmian bengkel resmi Yamaha ADAB motor milik SMK Muhammadiyah Lemahabang. Hal ini adalah tindak lanjut kerjasama SMK – Yamaha dalam bentuk Teaching Factory dimana selain kelas khusus Yamaha, SMK juga bisa memiliki bengkel yang bisa digunakan sebagai sarana belajar dan sekaligus bisa menjadi unit produksi bagi SMK,” jelas M.Abidin, GM After Sales & Motorsport PT YIMM.

Dengan dibukanya bengkel resmi Yamaha ADAB motor ini diharapkan juga bisa melayani kebutuhan layanan purna jual bagi konsumen di kabupaten Cirebon baik service maupun spare part. Seperti pada bengkel Bengkel Resmi Yamaha lainnya, bengkel ADAB Motor juga memiliki Teknisi Handal yang bersertifikat Yamaha Technical Academy dan peralatan standar Jepang serta dilengkapi dengan Yamaha Diagnostic Tools terbaru yang mampu memeriksa sistem Fuel Injection secara akurat.

Di hari bersamaan juga diadakan peresmian Kurikulum SMK Kelas Khusus Yamaha terbaru. Dengan kurikulum baru ini diharapkan SMK bisa mengikuti perkembangan industri sepeda motor terkini dan lulusannya siap bekerja di jaringan bengkel Yamaha maupun berwirausaha. Ini adalah bukti nyata bahwa Yamaha mendukung program permerintah  “Link & Match” antara dunia pendidikan dan industri, sehingga mampu mengurangi kesenjangan dunia pendidikan dan dunia industri yang mengacu pada Standard Kompetensi Kerja Nasional Indonesia.

R. Alpha Amirrachman, M. Phil., Ph. D, Sekretaris Majelis DikDasMen PP Muhammadiyah, mewakili Ketua Umum PP Muhammadiyah Dr. H. Haedar Nashir, M.Si., menyampaikan

“Pendidikan adalah salah satu pilar utama Muhammadiya selain pilar kesehatan dan pilar perlindungan untuk kaum dhuafa. Karena itu kami sangat mengapresiasi Yamaha dan SMK Lemah Abang yang sudah menginisiasi kerjasama SMK dan Industri hingga mampu mewujudkan bengkel resmi Yamaha Adab Motor, dan diharapkan dengan adanya bengkel ini bisa menjadi tempat pembelajaran untuk mewujudkan generasi yang ber-etika, seperti arti Adab itu sendiri”.

Menurut Alpha, dengan bekerjasama bersama Yamaha dan didukung oleh Kemendikbud,  SMK Muhammadiyah Lemahabang  bukan hanya akan mendidik siswa menjadi siswa yang cerdas dan terampil, tapi juga berintegritas, berkahlakul kharimah dan memiliki jiwa kepemimpinan. Karena itu kolaborasi antara Yamaha, Kemendikbud dan SMK Muhammadiyah Lemahabang ini sangat stretagis karena saat para siswa nanti lulus dan masuk ke dunia kerja mereka akan menjalankan profesionalitas mereka dengan penuh amanah.

“Pengembangan dunia pendidikan terutama SMK harus didukung semua pihak termasuk dunia usaha dan dunia industri untuk mewujudkan Link and Match, Pembukaan bengkel resmi Yamaha Adab motor merupakan usaha keras dari SMK Lemah Abang untuk mewujudkan Link and Match tersebut, dan membuktikan adanya Teaching Factory yang berorientasi pada integrasi antara proses pembelajaran dengan produksi barang/jasa sesuai standar industri di SMK Lemah Abang  ” sebut Dr. Ir. M. Bakrun, MM Selaku Direktur Pembinanan SMK Kementrian Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*