Berkunjung Ke Pabrik Mitsubishi Indonesia, Begini Proses Perakitan Mobil Xpander Berstandar Global !!

2
Xpander Plant Tour

bmspeed7.com – PT Mitsubishi Krama Yudha Indonesia (MMKI) selaku agen tunggal pemegang merek (ATPM) dan distributor mobil penumpang dan kendaraan niaga ringan Mitsubishi di Indonesia mengajak Media,Blogger dan Komunitas pecinta mobil Mitsubishi untuk mengunjungi pabrik perakitan mobil Mitsubishi Motors di Indonesia yang letaknya di kawasan industri Greenland International Industrial Center (GIIC) Deltamas,Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. (7/2/2018)

Tujuan Mitsubishi Motors Indonesia mengajak Media,Blogger dan Komunitas mobil Mitsubishi mengujungi pabriknya adalah pertama untuk memperkenalkan pabrik perakitan Mitsubishi Motors Indonesia yang baru diresmikan oleh Presiden Jokowi Widodo pada tanggal 25 April 2017 dan tentu saja memperlihatkan proses produksi mobil terbaru mereka yakni Mitsubsihi Xpander.

Sekedar informasi,Mitsubsihi Xpander melakukan world premiere atau debut perdana di Dunia bertepatan dengan pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada tanggal 10 Agustus 2017. Praktis pada saat itu Mitsubishi Xpander menjadi bintang pameran di GIIAS 2017. Kenapa bisa begitu? ini dikarenakan selain memang produk terbaru,Mitsubishi Xpander juga mempunyai desain yang yang keren,Mitsubishi sendiri menyebutnya dengan bahasa desain ”Dynamic Shield” yang merupakan identitas produk terkini Mitsubishi Motor Corporation seperti seperti Outlander PHEV, Pajero Sport dan Eclipse Cross.

Pembuktian Mitsubsihi Xpander di Pasar

Dengan segala kelebihan yang dimiliki oleh Mitsubsihi Xpander ternyata mampu membuktikan di pasar roda 4 Tanah Air pemirsa,menurut informasi yang saya dapat dari PT Mitsubishi Krama Yudha Indonesia (MMKI), saat ini Mitsubsihi Xpander sudah dipesan konsumen lebih dari 50.000 unit diseluruh Indonesia. Wihh…banyak banget yak. Dari angka sebayak itu diantaranya sudah berhasil diterima konsumen dan selebihnya masih menunggu proses produksi. Maklum saja,permintaan Mitsubsihi Xpander dan supply dari MMKI memang tidak berimbang jadi jangan kaget kalau inden mengular dimana mana.

Tapi meski demikian,Mitsubishi Motors Indonesia tetap berhati hati dalam meproduksi supaya didapat hasil terbaik sampai ketangan konsumen. Maklum,Mitsubishi Xpander diproduksi dengan standar kualitas global. Loh emangĀ Mitsubishi Xpander di Ekspor? Yaps,Mitsubishi Xpander nantinya akan di ekspor ke negara di kawasan ASEAN,negara Filipina dan Thailand akan menjadi negara pertama yang menerima kehadiran Mitsubishi Xpander hasil produksi anak bangsa pada tahun 2018 ini.

Product Knowladge Mitsubishi Xpander

Rifat Sungkar,Brand Ambassador Mitsubishi Motor Indonesia
Mr. Takao Kato – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia

Sebelum berkeliling ke pabrik perakitan,saya dan teman-tema blogger,media beserta pecinta mobil Mitsubishi lebih dulu diajak ke press room untuk mengetahui lebih lanjut tentang pabrik PT Mitsubishi Krama Yudha Indonesia (MMKI),do & dont ketika masuk ke pabrik dan tentu saja produk knowladge Mitsubishi Xpander pemirsa.

Rifat Sungkar,Brand Ambassador Mitsubishi memberikan beberapa penjelasan dari Mitsubishi Xpander seperti bahasa desain, penjelasan teknis mengenai rancang bangun Xpander, fitur-fitur yang ditawarkan, spesifikasi hingga pengalaman berkendara dengan Mitsubishi Xpander yang menurutnya :

  1. Sangat nyaman untuk mobil keluarga lantaran posisi duduk leluasa untuk tinggi badan 180 cm
  2. Interior sangat berkelas disegment low MPV dan mengedepankan omotenashi/hospitality dengan banyaknya rak penyimpanan dan soket charger disetiap tempat duduk.
  3. Handling mantap lantaran suspensi mengadopsi Mitsubishi Lancer Evo X,jadi gejala limbung saat bermanuver berkurang.
  4. Mesin Xpander didesain untuk efisiensi bahan bakar namun tidak mengorbankan performa sehingga cocok untuk stop & go dengan bukaan throttle rendah.
  5. Xpander menganut bahasa desain ”Dynamic Shield” yang kental dengan tarikan garis body yang tajam serta mempunyai ciri khas. Misalnya saja ketika melihat lampu depan yang sangat futuristik dengan pengaplikasian LED DRL dan lampu utama dibuat ngumpet menjadikannya sangat khas. Kemudian jika kita melihat body samping dibuat seperti patah-patah untuk menunjang sisi aerodinmika. Desain atap samping bagian belakang dibuat floating alias mengambang dan yang menjadi ciri khas terakhir pada Mitsubishi Xpander tentu saja adanya Stop lamp dan tail light LED yang desainya selain sangat cakep juga berfungsi untuk mengukur kedua sisi kanan kiri mobil sehingga bisa menghindari tabrak dari pengendara di belakang,

Proses Perakitan Mitsubishi Xpander Di Cikarang

Pada saat plant tour/berkeliling di pabrik PT Mitsubishi Krama Yudha Indonesia (MMKI) saya ditemani oleh pamandu dari Mitsubishi yang bertugas memberikan penjelasan mengenai tahapan dimana mobil Xpander diproduksi dari mulai lempengan baja hingga menjadi mobil secara utuh dan dibawa ke car pool (tempat berkumpulnya mobil sebelum dibawa ke dealer).

  • Stamping

 

Ini adalah tahapan pertama dimana lempengan baja dipress hingga membentuk panel body sesuai yang diinginkan. Pada proses stamping dilakukan secara otomatis oleh mesin press line berkecepatan tinggi yang beratnya mencapai 2000 ton (1 unit) dan 1000 ton (2 unit). Oh iya,namanya diproses secara otomatis,robot pun berperan penting disini. Manusia hanya bertugas mengecek hasil cetakan dan merapikan sesuai panel per panel untuk memudahkan saat perakitan nantinya.

  • Welding

 

Ini adalah tahapan dimana panel per panel body dirakit dengan cara dilas (welding). Berbeda dengan proses stamping yang dilakukan penuh oleh robot,pada prosesĀ  welding juga melibatkan manusia (operator produksi) sebesar 60% dan robot sebesar 40%.

  • Panting

 

 

Proses painting adalah mengecat seluruh bagian mobil,pada proses ini dilakukan penuh oleh robot . Bisa kita lihat pada gambar diatas,pada tahapan pertama robot akan mengecat bagian dasar dengan cara mencelupkan mobil ke kolam berisikan cairan cat. Kemudian setelah itu masuk ke mesin oven agar cat dasar melekat sempurna.

Setelah itu mobil keluar,pada proses ini tenaga manusia diperlukan untuk mengecek kembali kualitas cat. Jika sudah,tiba lah saatnya untuk mengecat bagian interior dan eksterior mobil beserta memberikan coating yang berfungsi sebagai antigores dan membuat cat terlihat kinclong (Glossy). Tak lupa pada sesi akhir dari proses painting adalah kembali memasukan mobil ke oven untuk melekatkan cat secara presisi.

  • Assembling
Area Perakitan/Assembling

Struktur body yang sudah dicat akan masuk pada proses perakitan atau assembling. Jadi jangan kaget jika melihat pos perakitan ini dipenuhi dengan ribuan komponen pun dengan bermacam macam merek. Karena memang Mitsubishi tidak bermain sendirian,akan tetapi mengandeng vendor-vendor kenamaan semisal Advics, Denso, Omron, Dunlop, dan masih banyak lagi.

  • Quality Control

Tahapan ini merupakan akhir dari sebuah proses produksi Mitsubishi Xpander. Praktis pada tahapan ini operator yang ditunjuk akan mengecek beberapa bagian terpenting dari mobil ini seperti mesin,AC,Car Entertainment,Central Lock,Alarm,seluruh pencahyaan,memastikan air tidak rembes kedalam mobil ketika hujan,keemapt roda sudah berputar degan baik,fitur pada stang kemudi berjalan dengan baik dan lain lain.

  • Tes Drive

Sesi test drive dilakukan dipabrik area tak jauh dari Pabrik Mitsubsihi. Didalamnya terdapat trek lurus,bebelok belok,tanjakan,turunan dan speed trap. Jika sudah,mobil Xpander akan dibawa ke car pool untuk kemudian didistribusikan ke konsumen. Oh iya hampir lupa,sebelum didistribusikan ke kosumen Mitsubishi Xpander akan dicuci terlebih dulu. Wah Isimewa banget ya :D.

Terakhir,pabrik Mitsubishi di Cikarang menempati lahan seluas 51 hektar dengan luas bangunan mencapai 14 hektar. Kapasitas produksi MMKI adalah 160.000 unit pertahun dengan produk andalannya yakni Mitsubishi Xpander dan Pajero Sport. Menurut MMKI tidak lama lagi pabrik ini akan memproduksi kendaraan niaga dan Mitsubishi L300 dan T120SS. Khusus untuk Xpander, MMKI mengungkapkan bahwa produksi Xpander saat ini sudah ditingkatkan dari tadinya 8.000 unit per bulan sekarang menjadi 10.000 unit perbulan.

 

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here