Jangan Salah Kaprah Dengan Lampu Hazard, Pahami Fungsi/ Penggunaanya!




lampu-hazard-yamaha-vixion
Nyala Lampu Hazard All New Yamaha Vixion Model Year 2017,Cakep!

bmspeed7.com – agak miris juga lihat postingan temen ane yang juga seorang Blogger Otomotif,dia mengungkapkan kalau doi merasa agak aneh aja dengan fungsi lampu hazard yang tidak dipergunakan sebagaimana mestinya, lebih lanjut doi juga heran kalau lampu hazard itu seperti sebuah lampu variasi yang dengan asal dinyalakan semau yang punya motor.

Sepertinya, pabrikan roda dua harus melakukan sosialisasi tentang PENGGUNAAN LAMPU HAZARD. Karena, di kampung gua… New X ride lampu hazardnya dinyalakan sepanjang jalan kenangan… Dikiranya itu lampu variasi kali yak… Untung motor bapak gua gak ada hazardnya. tulis mas Eka Ferboes diakun Facebooknya.

Hmmm,saya setuju banget dengan status mas Eka Ferboes,pabrikan seharusnya bertanggung jawab atas fitur lampu hazard yang diterapkan pada beberapa motornya. Karena banyak banget masyarakat yang belum paham betul fungsi lampu hazard dan penggunaan yang tepat.


Pabrikan bisa menyuruh sales yang  jualan motor saat road show ditempat tempat keramaian atau bisa juga saat blusukan di pedesaan untuk mengsosialisasikan fungsi lampu hazard agar dapat dipergunakan dengan tepat.

Nah itu sosialisasi lampu hazard dengan masayaakat langsung,pabrikan seharusnya juga bisa mengsosialisasikan lampu hazard kepada pelajar dilingkungan pendidikan karena biasanya pabrikan sering banget mengampanyekan safety riding ditempat tersebut. Jika disosialisasikan lumayan tuh bisa memberi contoh yang baik. Karena saya sering baget lihat pelajar yang bawa motor dengan fitur lampu hazrad dinyalakan tidak tepat pada waktunya.

Lantas apa pengertian lampu hazard dan fungsinya? mari kita simak bareng bareng.

Pengertian Lampu Hazard

Salah Satu Perbedaan Honda CBR250RR Versi Jepang adalah sudah ada Lampu Hazard

Secara singkat, pengertian lampu hazard secara internasional adalah lampu sein kanan kiri yang berkedip secara bersamaan dengan tempo kedipan tertentu. Lampu hazard disebut juga lampu isyarat bahaya. Tombol lampu hazard umumya berlogo segitiga pegaman berwarna merah.

yamaha-xmax-250-review
Tombol lampu Hazardd di Yamaha XMAX 250

Berikut adalah peraturan lampu Hazard yang tertuang dalam Undang-undang No. 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkatan Jalan (LLAJ), pasal 121 ayat 1 yang menyatakan.

“Setiap Pengemudi Kendaraan Bermotor wajib memasang segitiga pengaman, lampu isyarat peringatan bahaya, atau isyarat lain pada saat berhenti atau Parkir dalam keadaan darurat di Jalan”.

Nah,menurut Wikipedia Lampu hazard atau biasa disebut dengan lampu tanda darurat adalah mode fungsi lampu eksternal pada mayoritas kendaraan bermotor yang dapat diaktifkan untuk membuat lampu sein kiri dan kanan berkedip secara bersamaan yang mengindikasikan bahwa adanya hal darurat atau pemberitahuan untuk berhati-hati kepada pengemudi-pengemudi lain di jalan. Mode lampu hazard dapat diaktifkan dengan menekan tombol hazard yang pada umumnya bergambar segitiga merah di sekitar daerah kemudi.

Fungsi Lampu Hazard

Singkatnya fungsi lampu hazard adalah sebagai tanda bahwa kendaraan tersebut sedang berada dalam keadaan bahaya. Makanya lampu hazard sering disebut orang orang sebagai lampu bahaya. Lebih detail dengan penggunaan/fungsi lampu hazard boleh scroll kebawah.

  • Kendaraan sedang menepi dijalan

Tentu pemirsa pernah melihat ada sebuah kendaraan sedang menepi dijalan dengan menyalakan lampu hazard. Bisa jadi mereka sedang mogok,mau mengecek keadaan kendaran atau menganti ban.

  • Memberi peringatan ke pengendara dibelakang

Sebagai pengemudi kendaraan didepan sudah seharusnya memberi peringtan (Isyarat) kepada pengendara dibelakang bahwa didepan terdapat hal menganjal seperti insiden kecelakaan,tanah longsor, memundurkan kendaraan pada lalulintas/jalan raya,pemberhentian arus lalulintas mendadak di depan, memungkinkan kendaraan harus berjalan melamabat karena mempunyai dimensi agak besar dan membawa muatan banyak atau harus berhenti secara tiba-tiba.

  • Dinyalakan jika pada malam hari lampu belakang/depan kendaraan tidak menyala

Jujur,saya sendiri pernah mengalami lampu utama (headlight) mati pada malam hari,untunglah ada lampu sein. Ya setidaknya sedikit membantu dalam menerangi jalan. Nah,jika kendaaraa pemirsa terdapat lampu hazard jangan sungkan sungkan untuk menyalakan jika dirasa memang diperlukan.

  • Lampu hazard dipergunakan untuk kendaraan instansi pemerintah

Tentu kita sering melihat lampu hazard difungsikan dijalan raya oleh mobil instansi pemerintah seperti kendaraan patroli, polisi/TNI, ambulans dan  pemadam kebakaran pada saat menjalankan tugas.

Penyalahgunakan fungsi dari Lampu Hazard

Kembali ke pokok pembahasan artikel ini,bahwa tidak banyak yang tahu fungsi lampu hazard sehingga banyak disalahgunakan oleh pengendara bermotor dijalan raya. Dan berikut adalah contoh pennyalahgunakan fungsi dari Lampu Hazard seperti yang dishare oleh Divisi Humas Polri di Fanspage Facebook.

  • Menggunakan saat hujan.

Menggunakan saat hujan hanya membingungkan pengemudi dibelakang karena saat lampu hazard dinyalakan, Lampu Sein tidak berfungsi karena tertutup oleh lampu hazard. Anda cukup berhati-hati saja saat hujan atau dengan menghidupkan lampu utama.

  • Menggunakan saat berkabut. Cukup menyalakan lampu kabut (FogLamp) yang berwarna kuning / lampu utama.
  •  Menggunakan saat memberi tanda lurus di persimpangan.

Menggunakan saat bergerak lurus tidak perlu karena dengan tanpa menghidupkan lampu sein berarti anda menandakan diri akan bergerak lurus kedepan.

  • Menggunakan saat dilorong gelap.

Menggunakan saat dilorong gelap tidak perlu karena tidak ada efeknya, yang ada hanya membingungkan kendaraan dibelakang. Cukup nyalakan lampu senja atau lampu utama karena lampu merah dibelakang mobil sudah menyala yang artinya memberi tanda bahwa ada mobil didepan.

Tambahan dari saya yang juga dirasa masuk sebagai pennyalahgunakan fungsi dari Lampu Hazard

  • Menggunakan Lampu Hazard saat kebut kebutan dijalan
  • Menyalakan lampu hazard sambil berjalan saat saat konvoi atau touring.

Contoh Motor Yang Sudah Menggunakan Lampu Hazard

  • All New Yamaha R15
  • All New Yamaha Vixion (150cc) & (155cc)
  • All New Yamaha Xride 125
  • Yamaha XMAX 250
  • Yamaha Mio S 125
  • All New Honda CBR250RR
  • ETC…

Last,semoga dengan membaca artikel ini pemirsa dapat menambah pengetahuan akan lampu hazard agar dapat difungsikan atau digunakan dengan bijak. Terima kasih buat yang sudah baca,komen dan share artikel ini keteman teman. Jangan lupa subscribe to blog via email dan Like Fanspage bmspeed7.com pastinya hehe 😀

Baca Juga :

About Mas Muslim 1457 Articles

Hallo om,salam kenal, saya Mas Muslim admin tunggal dari blog ini,terima kasih banyak sudah berkunjung,komen,share dan berlangganan diblog WWW.BMSPEED7.COM | Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*