Harga Beda 5 Juta, Pilih Mana Antara Honda PCX 150 CBS atau PCX ABS?

Honda PCX 2018 Putih
Foto Studio Honda PCX 150 Putih Tampak Belakang Samping Kanan

BMspeed7.com Pilih Honda PCX 150 CBS atau ABS? – Honda PCX Lokal 2018 (All New Honda PCX 150) memang sudah resmi dirilis di Indonesia pada tanggal 13 Desember 2017 lalu,bahkan saat ini PT Astra Honda Motor sudah membuka inden Honda PCX Lokal 150 diwebsite resminya www.hondapcxindonesia.com.

(Baca :All New Honda PCX 2018 Resmi Dirilis Di Indonesia, Fitur Melimpah! )

Bagi pemirsa yang belum tahu,All New Honda PCX 150 (PCX Lokal) yang dirilis Honda AHM ini ada 2 tipe/varian yang mempunyai selisih harga Rp 5 juta yakni Honda PCX CBS (Rp 27 juta) dan Honda PCX ABS (Rp 32 juta).

Nah,bagi pemirsa yang berniat membeli Honda PCX Lokal ini kira-kira mau pilih PCX 150 CBS atau PCX 150 ABS?

Perlu dingat bahwa :

  • Harga PCX CBS dan ABS bedanya Rp 5 juta,suatu gap yang lumayan besar mengingat perbedaan hanyalah disektor rem. Jadi,untuk fitur seperti Keyless,Socket Charger,hingga rem depan belakang cakram (double disc brake) disama ratakan.
  • Rem ABS Honda PCX 150 Lokal single yang hanya ada direm depan
  • Baik fitur rem CBS dan ABS fungsinya sama yakni memberikan pengereman secara maksimal.

Pengertian rem ABS

Rem depan PCX 2018 sudah ABS

ABS (antilock brake system) adalah sebuah teknologi pengereman modern yang fungsinya untuk menjaga agar kaliper tidak menunci pada disc (cakram) bilama terjadi pengereman mendadak (panic brake). Jadi,dengan adanya rem ABS memungkinkan ban agar tidak mengunci sehingga mengurangi resiko ngesot.

Pengertian rem CBS

Cara Kerja Rem CBS

Pada dasarnya teknologi pengereman CBS (combi brake system) yang banyak kita jumpai di motor matik Honda ini akan membuat pengereman menjadi maksimal. Karena dengan hanya menekan tuas rem belakang saja otomatis rem depan juga akan ikut berfungsi yang tentunya ada perbandingan tertentu.

Kenapa bisa begitu? Karena pada tuas rem kiri terdapat Equalizer yang bercabang kedua kabel dimana satu kabel langsung ke rem belakang dan kabel satu lagi menuju ke kabel konektor.  Kebel konektor akan menekan Knocker sehingga mendorong piston hidrolik dimaster rem depan untuk mengaktifkan rem cakram depan.

Kesimpulan

Honda PCX 2018 Putih
Foto Studio Honda PCX 150 Putih Tampak Depan

Orang bilang yang mahal biasanya yang berkualitas namun tidak selamanya yang murah itu  jelek. Persis seperti kasus rem di Honda PCX Lokal ini. Meski secara rem ABS terbukti lebih canggih namun bukannya rem CBS itu jelek.

Berdasarkan pengalaman saya yang menggunakan Vario Techno CBS 2012 memang dirasa memaksimalkan kinerja pengereman meski tidak sedikit juga teman teman disosial media yang mengatakan kalau rem CBS justru bikin celaka. Tentu saja beda yang mengendarai beda pula testimoni,nah kebetulan testomini yang saya rasakan baik baik saja. Yakali kalau rem CBS gagal bisa bisa terkena recall AHM. betul tidak?

Last,sekarang pilihan ada ditangan pemirsa semua. Mau pilih Honda PCX Lokal CBS atau ABS dengan selisih  harga Rp 5 juta? monggo komentarnya.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :

 

 

16 Komentar

  1. Kalau saat ini mau nambah kayaknya pilih yg. Cbs aja lumayan selisih yg 5 jt buat beli BBM . Pcx cbu Thailand yg tak beli tahun 2016. Masih type cbs. Buktinya sudah mengaspal dari Medan – yogya – Semarang – Medan. ( PP ) sangat nyaman. Minyak pake pertamax habis Rp 1.600.000., ini pilihan berdasarkan pengalaman pake yg sudah ada.

  2. tadinya galau mo milih abs apa cbs. Dipikir2 banyak juga selisihnya ya.
    Toh make dikota ga perlu kenceng2 juga krn pasti kena macet. Klau 2 channel pasti ga ragu ambil yg Abs deh..
    Makasih ya mas pencerahanya..
    safety emang pasti da harganya tapi bukan brrti yg cbs jelek.

  3. Apa betul kl rem abs hanya berfungsi baik jika jalannya mulus? Kalo jalannya keriting atau bergelombang seperti sering dijumpai di jalan2 luar kota malah membahayakan krn jarak pengereman tambah jauh?

  4. Saya mau beli yang cbs aja karena duitnya pas passan lagian yang cbspun lebih dari cukup tp klo ada duitnya cukup untuk beli yang abs ya beli yang abs juga sih…

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*