Test Ride Motor Listrik Yamaha E-Vino, Skutik Mungil Yang Gesit dan Lincah!




Test Ride Yamaha E-Vino (Electric Motorcycle)

BMspeed7.com – pemirsa,diartikel sebelumnya saya pernah menulis artikel mengenai Launching Yamaha E-vino yang berlokasi di Elite Club, Epicentrum,Jakarta (1/11/17). Menariknya adalah disaat itu juga Yamaha Indonesia memberikan sesi Test Ride Yamaha E-Vino kepada Media dan Blogger otomotif guna menjajal perfroma motor listrik yang katanya akan diproduksi massal di Indonesia dalam beberapa tahun kemudian hehe

(Baca Juga : Yamaha E-Vino Terbaru Resmi Diperkenalkan Untuk Tes Pasar, Berapa Harganya?)

Tentu disesi test ride kali ini enggak saya sia siakan pemirsa,maklum ini adalah pengalaman saya pertama kali menjajal sebuah motor listrik,kebetulan kali ini adalah motor matik. Gimana impressinya? Yuk disimak!


Impressi pertama ketika memandang ini motor sangat mungil,kesannya seperti melihat Yamaha Fino 125 yang dikecilin,dari segi desain motor matik ini mengsuung retro bike yang yang dipenuhi sudut serba membulat. Ketika dinaiki secara statis ”mak encess”…. joknya empuk pemirsa…ouh iya,motor ini sangat ramah dengan orang bertinggi  badan 167 cm seperti saya ini pemirsa,jadi selain bisa dipake cowok ini motor memang cocok banget buat cewek yang demen mondar mandir dikomplek. wkwkwk

Itu baru merasakan duduk statis,gimana kelanjutanya? saya bingung 😀 wkwkwk maklum biasa memakai motor bahan bakar ketika memakai motor listrik kebingungan, dalam hati saya ”ini udah dikontak on kok kagak mau jalan ya”ternyata eh ternyata kita (kita? elo kali) musti memencet tombol ”Speed” supaya bisa berjalan dengan mode berkendara ”Power” maupun ”Boost’

Speedometer Yamaha EV (Eelectric Vehicle)
Tombol-Tombol pengoperasian Speedometer Yamaha EV (Eelectric Vehicle)

Jujur saja pemirsa,walau di indikator ”Run” berwarna hijau sudah menyala,saya sempat kaget  ”loh ini motor kok gak nyala ya” maklum bawaan pakai motor bahan bakar yang begitu distarter mengelurkan bunyi sedang di motor listrik macam Yamaha EV aka E-Vino ini tidak mengeluarkan bunyi sama sekali,ajib dah RnD Yamaha EV.

Ok,ketika sadar ini motor listrik yang tidak mengeluarkan bunyi,saya coba pelintir throttle secara perlahan lahan ”loh eh loh eh.. bisa jalan pemirsa” ajib ini motor.. serasa ngebawa mainan aje 😀 . Yang saya rasakan ketika mengendarai motor ini adalah :

Test Ride Yamaha E-Vino aka EV (Electric Vehicle)

  • Enteng banget

Seperti yang saya katakan diawal,ini motor layaknya Yamaha Fino 125 yang dikecilin,so bener bener terlihat compact sehinga berimbas pada bobot yang ringan dan dibawa terasa enteng banget.

  • Lincah dan gesit
Test Ride Yamaha EV
Test Ride Yamaha EV

Ya,meski motor listrik ternyata menawarkan pengalaman berkendara yang menyenangkan,karena ini motor dibawa nikung pacar orang patah-patah di area indoor tenis Elite Club Epicentrum memang enak dan menyenangkan.

  • Stabil
Test Ride Yamaha EV

Mengusung ban Maxxis berdiamter 10 inchi dengan profil lebar (90/90-10),ternyata berdampak memberikan kestabilan saat berkendara.

  • Akselerasi Galak untuk ukuran motor listrik
Test Ride Yamaha EV

Walau ini motor listrik,tetap saja ketika dibetot gasnya galak juga,apalagi jika kita beralih ke mode ”Boost’‘ tarikan bawah terasa ngejambak pemirsa.

  • Top Speed
Test Ride Yamaha EV

Dalam pengetesan saya ini motor mampu berlari di kecepatan 25 KM/Jam,mengingat trek yang disediakan terbatas yakni di area indoor tenis Elite Club Epicentrum

  • Pengereman

Yamaha E-Vino mengandalkan rem tromol dikedua rodanya,tapi jangan salah…meski rem tromol rupanya sangat pakem untuk motor listrik ini. Dari sisi pengereman saya rasa udah lebih dari  cukup,karena versi yang saya jajal ini hanya diperuntuhkan untuk mondar mandir dikomplek maupun instansi seperti dilingkungan kampus,diarea pabrik dan sebagainya.

 

Last,kiranya sekian dulu artikel kali ini mengenai test ride Yamaha E-Vino,untuk fitur dan spesifikasi apa saja yang diusung akan saya ulas diartikel terpisah. Terima kasih sudah baca dan share artikel ini. Bagi yang belum langganan artikel via E-mail monggo langganan untuk untuk Notif mendapatkan artikel terbaru BMSPEED7.COM. Juoss!!

 






About Mas Muslim 1349 Articles

Hallo om,salam kenal, saya Mas Muslim admin tunggal dari blog ini,terima kasih banyak sudah berkunjung,komen,share dan berlangganan diblog WWW.BMSPEED7.COM | Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*