17 Tips Agar Motor Terhindar Dari Pencurian alias Curanmor!




Gambar Ilustrasi Maling Motor

BMSPEED7.COM – Bro dan sis sekalian,curanmor alias pencurian sepeda motor belakangan ini sering terjadi di kota kota besar yang memang banyak sekali aksi-aksi kejahatan,bahkan trennya bukan hanya di perkotaan saja,dipedesaan pun sering terdengar kabar kasus pencurian motor. Karena pada dasarnya terjadinya kejahatan bukan karena ada niat namun kesempatan terbuka lebar.

Nah,untuk meminimalisir terjadinya aksi pencurian sepeda motor,kali ini saya akan memberikan beberapa tips sederhana agar motor tidak mudah dicuri maling,brosist mohon simak baik-baik ya 🙂

Tips agar motor terhindar dari pencurian (Curanmor)

1. Parkir kendaraan ditempat resmi


Selama ini saya rasakan betul,kalau parkir motor ditempat resmi memang aman terkendali,karena selain tempatnya dijaga petugas pada saat kita masuk juga ada karcis dan jika keluar maka diminta menunjukan STNK (Surat Tanda Nama Kendaraan)

2. Parkir di tengah-tengah

Meski tempat parkir resmi,usahkan kalian tetap memarkir kendaraan ditengah tengah,maksudnya ialah pada sisi kanan kiri masih ada motor lain,dengan begitu maling akan susah untuk mencurinya,target maling biasanya motor yang mudah dijangkau dengan cepat.

3. Parkir dekat jangkauan kamera pengintai

Sebaiknya kalian memarkir kendaraan dekat dengan jangkauan kamera penintai (CCTV). Logikanya ialah pencuri akan takut jikalau mencuri ditempat yang dijangkau oleh kamera CCTV lantaran aksinya bakal terekam.  Satu lagi,fungsi parkir didekat jangkauan CCTV ialah jika motor terjadi kemalingan maka kamera CCTV akan menangkap wajah pencuri dan dan nomor plat nomor pada motor.

4. Cabut kunci dan bawa barang berharga

kunci-cbr250rr
”wave key” All New Honda CBR250RR

Ya,jika kalian pakir motor atau katakanlah lagi menaruh motor didepan rumah,jangan pernah membiarkan anak kunci dimotor. Dan yang terpenting jangan pernah menaruh barang-barang berharga pada box (bagasi) motor semisal dompet,karcis parkir,surat surat berharga maupun STNK dan BPKB.

5. Jangan meletakan barang berharga

helm-agv-pista-gp-vr46-project
Pict : OTOMOTIF

Jika kalian parkir motor,jangan menaruh barang berharga pada motor seperti helm,jaket ataupun jas hujan. Walau tergantung sih dengan barang berharga yang saya sebutkan diatas,namun dengan tidak meletakan barang berharga dimotor akan membuat maling menjadi tidak tertarik untuk mendatangi motor kalian.

6. Menjalin hubungan baik dengan petugas parkir

Kebetulan saya pribadi menjalin hubungan baik dengan petugas parkir,baik yang jaga loket maupun petugas yang merapikan motor diparkiran. Hal itu bisa dilihat dari mereka menyapa saya tiap ketemu dan mengenali motor saya. Efeknya? jelas motor kita akan lebih diawasi oleh tukang pakir.

7. Kunci stang

Kunci Stang Kekiri Dan Kunci Stang Kekanan. Pict : Hondacengkareng

Pada saat kalian mengunci stang,pastikan stang motor telah menghadap kekanan jangan kekiri. Kenapa demikian? Karena ini bertujuan untuk membuat gerak maling menjadi susah dan agar berlama lama bilamana maling sedang dalam beraksi lantaran lubang anak kunci terhalang stang motor.

8. Manfaatkan fitur SKS (Secure Key System)

fitur-secure-key-new-honda-beat
All New Honda BeAT eSP 2017 sudah dilengkapi fitur  pengaman rumah kunci

Kebanyakan motor motor saat ini sudah dilengkapi fitur SKS (Secure Key System) bahkan fitur AKS (Advance Key System) sebagai fitur standar bawaan pabrikan,karena pabrikan juga berinovasi menciptakan sistem yang beguna untuk mencegah terjadinya aksi curanmor.

Nah,ketika kalian sudah mengunci stang,ada baiknya tutup lubang anak kunci guna meminimalisir kemasukan anak kunci dari tangan jail.

9. Manfaatkan fitur standart samping otomatis (Stand Switch System)

fitur-honda-new-beat-2017
All New Honda BeAT eSP 2017 tersemat fitur switch standar otomatis

Fitur ini biasanya terdapat pada motor matik saat ini,dimana jika standart samping diturunkan (system On) seacara otomatis mesin motor tidak bisa hidup. Dan jika standart samping dinaikan (system Off) maka mesin motor pun akan menyala jika tombol starter dipencet.

Walau maling saat ini sudah pinter pinter,namun dengan menurunkan standart samping setidaknya akan membuat si maling kerepotan dalam melakukan aksinya.

10. Kunci ganda

Kunci ganda atau biasa disebut kunci tambahan bisa kalian terapkan guna membuat gerak gerik maling menjadi susah dan berfikir keras untuk mencurinya.

Kaitkan gembok pada lubang cakram depan atau belakang,atau jika distandart tengah ada semacam lubang kalian bisa katitkan disitu. Dengan demikian motor tidak akan bisa berjalan walau kunci kontak telah berhasil dibobol dan yang pasti reskio kehilangan motor sangat kecil.

11. Cabut Fuse (sekring)

Tips ini bisa kalian lakukan jika letak fuse (sekring) mudah dijangkau,semisal kaya dimotor sport biasanya dibawah jok. Saya sendiri kalau kurang yakin biasanya lepas sekring utama di motor Vixion,dengan begitu seluruh kelistrikan akan mati total walau kunci kotak dalam posisi hidup,dan sekali lagi ini berguna untuk meminimalisir aksi curanmor.

soket-usb-vixion-2017
Fuse (sekring) utama All New Yamaha Vixion dan Vixion R Model 2017 Ada Dibawah Jok, Dekat Aki

12. Pasang saklar rahasia

Dulu saya pernah membuatkan sebuah saklar rahasia pada sepeda motor,dimana fungsi dari saklar rahasia ini sebagai engine cutt off. Ya,walau kunci kontak ON,namun kelistrikan tidak akan bisa menyala tanpa mengaktifkan saklar rahasia terlebih dahulu.

13. Manfaatkan Engine Cut Off

all-new-yamaha-vixion-terbaru-2017
Pass Beam and Engine Cutt Off All New Yamaha Vixion

Pada motor sport  biasanya terdapat tombol Engine Cut Off yang terdapat pada stang sebelah kanan berwarna merah,nah jika kalian parkir tidak salahnya kalian mengaktifkan tombol Engine Cut Off supaya mempersempit reskio kehilangan sepeda motor.

14. Tempel stiker pengenal

Ini sebenarnya sepele tapi sebernya juga berguna,misalnya jika motor amit2 kemalingan setidaknya bisa buat pengenal saat pencarian,lalu dengan menempel stiker akan membuat maling berfikir untuk mencuri motor tersebut. Nah,usahkan tempel stiker ditempat strategis seperti dibataok lampu,spakbor belakang atau jika dimotor matik bisa ditempel didashbord dekat anak kunci.

15. Pasang Alarm

Dibeberapa motor terbaru memang sudah ada fitur Alarm misalnya saja Honda Scoopy 2017 dan Honda PCX 150,hanya saja beberapa motor belum mempunyai fitur pengaman seperti ini. Tapi kalian bisa kok membeli modul alarm secara terpisah,usahakan memilih alarm yang bagus dan berkualitas.

16. Pasang cover motor

Fungsi cover motor selain membuat motor terhindar dari debu atau gesekan dengan kendaraan lain akan berfungsi pula untuk mengurangi perhatian maling aka pencuri.

17. Asuransikan sepeda motor

Ini bukanlah tips agar motor terhindar dari pencurian,hanya saja masih ada keterkaitan. Ya,dengan sepeda motor kita diasuransikan, jika motor kita amit2 hilang karena dicuri,maka kita bisa mengklaim sebagaimana kesepatakan yang telah dibuat bersama perusahaan asuransi. Ouh iya,untuk motor dengan pembelian kredit sih biasanya sudah termasuk didalamnya,nah yang beli cash tidak ada asuransi motor.

Last,jika tips dan cara diatas sudah kalian lakukan,sudah sewajarnya kalian berdoa supaya kita diberikan rasa tenang dan motor yang kita sayangi diberikan rasa aman.

Itulah 10 tips agar motor terhindar pencurian,semoga berguna bagi kalian yang sudah baca tips ringan diatas (Mas Muslim)

Baca Artikel Tekait :

About Mas Muslim 1233 Articles
Hallo om,salam kenal, saya Mas Muslim admin tunggal dari blog ini,terima kasih banyak sudah berkunjung,komen,share dan berlangganan diblog WWW.BMSPEED7.COM | Semoga bermanfaat

2 Komentar

Ayo Berkomentar