Resmi Rilis, Inilah Harga Honda CBR1000RR Terbaru 2017, Fitur dan Spesifikasinya




All New Honda CBR1000RR Fireblade 2017

BMSPEED7.COM –  Masbro sekalian, PT Astra Honda Motor (AHM) secara resmi merilis motor flagship supersport terbaru berlabel All New Honda CBR1000RR Fireblade 2017 diajang pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS)  2017 di ICE,BSD, Tangerang. ( 11/8/2017)

Honda CBR1000RR Fireblade hadir dengan 2 tipe atau varian yakni Honda CBR1000RR STD dan Honda CBR1000RR SP,perbedaannya ialah kalau Honda CBR1000RR SP memiliki performa yang lebih buas dan juga dijejali dengan fitur fitur lebih advance seperti Suspensi Ohlins, rem Brembo, Quickshifter, Downshift Assist, dan tangki bensin berbahan titanium yang membuat varian SP lebih ringan 1 kg.


Sekilas Produk Honda CBR1000RR Fireblade 2017

All New Honda CBR1000RR Fireblade mempunyai mesin berkapasitas mesin 1.000cc terbaru ini memiliki desain yang lebih kompak, ergonomis, aerodinamis, dan bobot lebih ringan dibandingkan dengan model sebelumnya. Model ini juga dikembangkan dengan penyempurnaan power unit serta penyematan kontrol elektronik canggih.

Honda CBR1000RR SP1

Desainer Honda rupanya ingin membentuk proporsi kompak yang padat serta fairing pada bagian atas dan tengah telah dikurangi ukurannya. Garis karakter yang menjorok ke depan melambangkan gaya agresif serta fokus pada fungsi mekanis, detail dan kualitas saat finishing.

Desain yang dimiliki juga sangat aerodinamis sehingga menjaga kestabilan berkendara saat kecepatan tinggi. Pada sirkuit balapan posisi pengendara terlindungi dari arus angin, sementara pada posisi berkendara normal tekanan udara terdistribusi merata pada bagian tubuh pengendara. Aksen atletis ditonjolkan pada bentuk cover tangki bensin dan dudukan motor.

Fitur All New Honda CBR1000RR 2017

  • Lampu Full LED

Sistem pencahayaan Honda CBR1000RR menggunakan LED dengan desain lampu depan yang kembar menawarkan lampu jarak jauh dan jarak pendek di keduanya.

  • Display layar TFT full-colour liquid crystal

Tampilan display ayar TFT full-colour liquid crystal seperti Honda RC213V-S. Layar ini secara otomatis menyesuaikan kondisi cahaya sekitar dengan 3 mode fitur; Street, Circuit dan Mechanic yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengendara.

  • Rem ABS

Sistem ABS baru pada Honda CBR1000RR Fireblade memungkinkan hard braking dengan tetap menjaga ban belakang menapak ke tanah, menghentikan kemungkinan bagian motor terangkat ke depan.

  • Riding Mode

Mode riding 1 (FAST) memberikan tenaga maksimal, dengan respon throttle linear, Honda Selectable Torque Control (HSTC) dan intervensi EB yang rendah, serta gaya redam yang tinggi. Mode 2 (FUN) mengontrol output dari gigi satu hingga gigi tiga, dengan peningkatan tenaga sedang, HSTC medium, EB yang bertenaga, dan gaya redam medium. Sementara mode 3 (SAFE) mengontrol output dari gigi satu hingga gigi empat, peningkatan tenaga yang sedang, HSTC tinggi, EB yang bertenaga dan gaya redam rendah.

Pada 2 mode USER keseluruhan parameter dapat dikombinasikan dan disesuaikan dengan keinginan pengendara; mode riding, HSTC dan pengaturan suspensi dapat diubah ketika berkendara dengan menekan tombol yang berada di kiri switchgear

Di bagian atas display terdapat indikator Shift-Up yang merupakan 5 LED putih berbentuk garis horizontal, ketika kecepatan motor melebihi pengaturan dari pengendara maka indikator ini akan berkedip.

Honda CBR1000RR Fireblade juga memiliki Power Selector yang dapat diakses melalui Riding Mode Select System (RMSS). Sistem ini menawarkan 5 level karakter output. Level 1 memberikan output puncak di keseluruhan 6 gigi; Level 2 output dikontrol di setiap gigi untuk mencapai bukaan gas yang halus pada akselerasi maupun deselerasi; Level 5 memiliki kontrol output terkuat untuk respon gas di tingkat sedang. Semua level memiliki respon gas yang sama pada bukaan pertama.

Mode riding (1) menggunakan Level 1 sebagai aturan utamanya. Mode (2) menggunakan Level 2 dan cocok untuk jalanan berkelok, sementara Mode (3) menggunakan Level 5 untuk keamanan maksimal. Aturan preferensi ini dapat dimasukkan kedalam USER 1 dan 2 interface yang akan memudahkan pengendara dalam memilih.

HSTC yang disematkan pada mode ini mengatur torsi mesin melalui dua metode sensor. Pertama dengan menggunakan sensor kecepatan roda untuk mengukur kecepatan roda depan dan belakang. Sensor kedua menggunakan penghitungan sudut putaran mesin untuk mengatur torsi mesin, menjaga traksi roda belakang di level yang dibutuhkan. Sembilan level intervensi (plus off) ditawarkan oleh HSTC sesuai dengan preferensi pengendara.

Terdapat juga sistem Selectable Engine Brake (SEB) yang dapat mengatur karakter pengereman mesin sesuai dengan preferensi pengendara dengan rentang kondisi yang beragam, Level 1 menawarkan gaya pengereman paling tinggi dan Level 3 paling rendah. Pada settingan awal Mode 1, 2, dan 3 menggunakan pengaturan yang direkomendasikan, akan tetapi melalui USER 1 dan 2 pengendara dapat melakukan penyetelan lebih secara tersendiri.

  • Throttle By Wire

Teknolog Throttle By Wire memberikan pengaturan yang lebih presisi untuk mendapatkan pengaturan yang diinginan oleh pengendara

  • Quick Shifter

Fitur ini berfungsi untuk memindahkan gigi (up/down) tanpa menggunakan tuas kopling sehingga membuat pengendara lebih nyaman pada kondisi menikung

  • Assist Slipper Clutch

Assist Slipper Clutch benar-benar diubah dengan plat single die-cast pressure dan clutch center, dan menawarkan pengurangan beban pada tuas. Celah antara cams akselerasi dan deselerasi telah dioptimalkan, untuk meningkatkan sensasi perpindahan gigi saat menarik tuas kopling.

  • Aki Lithium-Ion

All New Honda CBR1000RR menggunakan aki Lithium-Ion yang lebih ringan dan memberikan arus listrik yang lebih konsisten dan aman.

  • Suspensi Ohlins

Khsusu Honda CBR1000RR Fireblade SP menggunakan suspensi depan dan belakang dari Öhlins S-EC: NIX30 sepanjang 43mm pada bagian depan dan suspensi belakang TTX36

Suspension Control Unit (SCU) mengumpulkan informasi terkait kecepatan roda, rpm mesin, input pengereman serta sudut throttle dari FI-ECU serta memberikan kompresi optimal dan gaya peredam selama berkendara normal, akselerasi keras, pengereman dan cornering, tergantung pada mode suspensi yang dipilih oleh pengendara.

Spesifikasi Honda CBR1000RR

Honda CBR1000RR terbaru mempunyai mesin 1000cc 4 cylinder segaris DOHC ,16 klep dengan begitu ia sanggup memuntahkan tenaga 141kW di rpm 13.000, dengan torsi puncak 116Nm pada rpm 11.000. Bore dan stroke tetap 76 x 55.1mm akan tetapi rasio kompresi naik menjadi 13:1. Mesin ini benar-benar diatur dengan sangat tinggi, crankshaft, valve train dan transmisi semuanya menggunakan spesifikasi material yang lebih baik dari model sebelumnya.

Piston memiliki dinding yang ketebalannya sudah dioptimalkan dan desain crown untuk menaikkan kompresi; permukaan dari piston-ring grooves juga telah disesuaikan untuk meningkatkan performa sealing dan efesiensi, Valve lift dan cam timing juga telah disesuaikan untuk rpm yang lebih tinggi dan performa mesin yang lebih baik.

Knalpot berbahan titanium irregular cross-section yang 2.8kg lebih ringan dan meminimalkan perubahan pusat gravitasi; knalpot ini juga menghasilkan suara khas saat melakukan bukaan gas. Knalpot ini dikembangkan khusus dari supplier knalpot dari tim Repsol Honda MotoGP dan menghasilkan desain 4-2-1 double-skinned downpipes yang mengagumkan.

Rangka /chasis alumunium die-cast  didesain ulang, sehingga lebih ramping tetapi memiliki tingkat kekerasan yang sama dengan bobot 800g lebih ringan. Hal ini berkontribusi pada pemusatan massa sehingga handling terasa lebih natural dan gesit. Model ini memiliki panjang wheelbase 1405mm dan tinggi tempat duduk 832mm untuk varian standar dan 834 untuk varian SP.

Honda CBR1000RR Fireblade menggunakan suspensi depan Showa BPF inverted teleskopik sepanjang 43mm dengan volume redam besar yang efektif mengurangi tekanan hidraulik yang timbul karena kompresi dan ekstensi. Suspensi belakang menggunakan Showa Balance Free Rear Cushion (BFRC) yang dapat diatur secara penuh. BFRC menggunakan desain dua tabung: damper case dan silinder internal, berbeda dengan tipe konvensional yang menggunakan satu tabung.

Honda CBR1000RR Fireblade menggunakan caliper rem depan Tokico four-piston opposed radial terbaru yang sangat keras, lebih ringan 150g dan dapat digunakan tanpa hanger pins. Sementara Honda CBR1000RR Fireblade SP menggunakan Brembo four-piston monoblok radial mount. Keduanya menggunakan bantalan rem pengembangan terbaru dengan mu tinggi. Velg yang digunakan berbahan alumunium memiliki desain berbentuk lima Y. Ukuran ban depan 120/70 R17 dan ban belakang 190/50 R17.

Dimensi

Overall (L x W x H)2,065 mm x 720 mm x 1,125 mm
Wheelbase1,405 mm
Ground Clearance130 mm ( standard type )129 mm ( SP1 type )
Seat Height832 mm ( standard type )834 mm ( SP1 type )
Curb Weight196 Kg ( standard type )195 Kg ( SP1 type )
Trail96 mm
Fuel Capacity16.2 Liters

Engine

Engine TypeLiquid-Cooled, 4-Stroke, 16-Valve, DOHC Inline
Displacement1,000 cm3
CarburationPGM-DSFI [Programmed Dual Stage Fuel Injection]
Bore x Stroke76 mm x 55.1 mm
Transmission Type6-Speed ( standard type )6- speed, with quickshifter ( SP1 type )
Compression Ratio13 : 1
Maximum Power141 kW/13,000 rpm
Maximum Torque116 Nm/11,000 rpm
Starter TypeElectric
Oil Capacity3.4 Liters
Clutch TypeWet Multiplate with Diaphragm Spring with Assist Slipper

Frame

Frame TypeDiamond, Aluminum Composite Twin-Spar
Suspension TypeFront :
Telescopic inverted fork with an inner tube diameter of 43mm & a big piston front fork with preload, compression & rebound adjusment, 120 mm stroke ( standard type )
Telescopic inverted fork with an inner tube diameter of 43 mm & a NIX30 smart-EC ( OHLINS ) front fork with preload, compression & rebound adjusments, 120mm stroke ( SP1 type ).
Rear :
Unit pro link with gas charged HMAS damper featuring 10 step preload & stepless compression & rebound damping adjusment, 138,2 mm stroke. Rear balance free rear cushion with preload, compression & rebound adjusment, 62 mm stroke ( standard type ) Unit prolink with gas charged TTX36 Smart-EC ( OHLINS ) damper featuring preload & compression & rebound damping adjusment, 60 mm stroke ( SP1 type )Brake TypeFront :
Double disc diameter 320 mm, manufactured by TOKICO ( standard type )
Brake TypeFront :
Double disc diameter 320 mm, manufactured by TOKICO ( standard type )Double disc diameter 320 mm, manufactured by BREMBO ( SP1 type )
Rear : Single disc diamter 220 mmTire Size
Tire SizeFront : 120/70 – ZR17M/C ( 58 W )
Rear : 190/50 – ZR17M/C (73W)

Electrical

HeadlightsLED
Battery Capacity12V-6AH ( standard type )12V – 4,5 AH ( Li-ion ) (SP1 type )
SecurityHISS [Honda Ignition Security System]

Other

Available ColorVictory Red & Three Color

Harga Honda CBR1000RR Fireblade 2017

2017 All New Honda CBR1000RR Fireblade Victory Red
2017 All New Honda CBR1000RR Fireblade SP HRC Tricolor

Honda CBR1000RR Fireblade dijual dengan harga Rp 599.000.000,- dan Honda CBR1000RR Fireblade SP  dengan harga OTR Rp 699.000.000,- Model ini secara eksklusif akan dipasarkan di 10 showroom Big Wing di 9 kota besar di Indonesia dan para konsumen yang ingin melakukan inden dapat dilakukan saat ini.






About Mas Muslim 1349 Articles

Hallo om,salam kenal, saya Mas Muslim admin tunggal dari blog ini,terima kasih banyak sudah berkunjung,komen,share dan berlangganan diblog WWW.BMSPEED7.COM | Semoga bermanfaat

1 Trackback / Pingback

  1. All New Honda CB1000R 2018, Makin Gagah Dengan Style Neo Sport Cafe - KobaYogas.COM - Your Automotive Blog

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*