Efek Water Hammer, Komponen Mesin Honda CBR250RR Ini Hancur!




Penampakan Stang All New Honda CBR250RR (K64A) Bengkok,Sadisss!!! Credit Pict : Otomotifnet

BMSPEED7.COM – dari judulnya kok bikin merinding ya (haiyah 😀 ) Apa itu Water Hammer sehingga membuat komponen mesin rusak?

Water Hammer adalah dimana air mengalir sampa jauh masuk kemesin akibat motor memaksa menerjang banjir atau genangan air.

Jadi nih,jika mesin motor sudah kemasukan air akibatnya air yang masuk tadi akan menjadi keras didalam mesin akibat tidak terkompresi didalam ruang bakar,berbanding terbalik dengan dengan bahan bakar yang bisa terkompresi.


Ketika air terus masuk keruang bakar namun tidak bisa terkompresi,hal yang didapat ialah kinerja piston menjadi berat,lama kelamaan stang piston dan piston akan hancur lantaran terus bekerja menahan air yang mengeras sedangkan putaran mesin terus berlanjut.

Stang Piston Bengkok dan Piston Hancur

Nah, jika sudah begini nih mesin motor secara otomatis akan mati karena piston gancet alias tidak bisa bekerja lagi sebagai mana mestinya.

Berbicara water Hammer,kini ada kabar terhangat dari Otomotifnet bahwasanya ada kabar jikalau Honda CBR250RR terkena Water Hammer akibat sang owner menerabas banjir.

“Ceritanya Herman menerabas banjir selutut, kemudian mesin mati,” terang Angga Kurniawan, pemilik bengkel Anjany Racing di Kebon Jeruk, Jakbar Via Otomotifnet.

Jika sudah menerjang banjir dan motor mati itu berarti terkena water hammer (mesin kemasukan air) apa efek sesudah terkena water hammer?

“Setelah dibongkar ternyata air masuk ke mesin, ada di ruang bakar, throttle body dan tentu saja di boks filter. Dan itu setang piston bengkok dan piston pecah karena membentur crankshaft,” terang Sudirjo, mekanik Anjany Racing via Otomotifnet.

Pertanyaannya,Kok bisa sih mesin motor kemasukan air?

Jadi gini,pada saat motor menerjang banjir/atau genangan air setinggi 50cm motor tersebut berpotensi terkena water hammer.  Masuknya air keruang bakar biasanya dari knalpot.

Selain lewat knapot bisa juga lewat filter,apalagi jika menilik  Honda CBR250RR sudah dibekali dengan Ram Air, sebuah lubang besar yang ditaruh dibawah headlamp guna menyedot aliran udara dari luar lalu masuk ke filter dan masuk ke intake untuk proses pembakaran.

Corong masuknya aliran udara kefilter
aliran udara dari pertama masuk lewat mulut depan (bawah headlamp) lalu masuk ke filter dan masuk ke intake untuk proses pembakaran
Ram Air Intake All New Honda CBR250RR

Otomatis dong jika Honda CBR250RR om Herman ini didapati air di dalam filter,lawong air tersedot masuk ke filter melalui Ram Air.

Saran aja,jika kalian mendapati jalanan banjir mending jangan diterabas jika tidak memungkinkan,kenapa? Seperti yang sudah saya jelaskan diatas,mesin motor berpotensi kemasukan air sehingga berpotensi terkena water hammer. nanti yang ada sudah jatuh ketimpa tangga alias kalian sudah capek capek ngedorong motor harus ngeluarin duit buat turun mesin 😀 nah mending jangan deh (Mas Muslim).

Terkait :






About Mas Muslim 1348 Articles

Hallo om,salam kenal, saya Mas Muslim admin tunggal dari blog ini,terima kasih banyak sudah berkunjung,komen,share dan berlangganan diblog WWW.BMSPEED7.COM | Semoga bermanfaat

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*