Cara Mengganti Bohlam Yamaha New Vixion Advance Yang Mati




Ganti Bohlam Halogen H4 Yamaha New Vixion Advance,Kode 1PA Berarti Bisa Dipakai Yamaha NVL

BMSPEED7.COM – Sob,3 hari lalu sejak artikel ini publish,motor tunggangan saya,Yamaha New Vixion Advance livery Movistar mengalami trouble disistem penerangan dimana bohlam lampu utama mati.

Pada saat ditemui kasus tersebut,bohlam bertipe H4 itu mati dilampu dekat (low beam) saja,hingga sepulang  jalan-jalan dari Banjarnegara akhirnya lampu jauh (high beam) pun ikut ikutan mati.

Walhasil saya tidak bisa berjalan dimalam hari lantaran tidak fungsinya lampu utama sebagai penerangan.


Hingga pada keesokan harinya saya langsung mengganti bohlam Yamaha New Vixion.

Perbedaan  Bohlam Mati dan Hidup

Ini Bohlam Yamaha New Vixion Advance Yang Mati
Ini Bohlam Yamaha Yamaha New Vixion Advance Yang Hidup

Cara mengetahui bohlam motor yang mati dan hidup ialah dengan melihat langsung filamen (bunga bohlam),terlihat pada gambar pertama bagian filamen yang lampu dekat telah mengalami mati karena sudah putus,sedangkan pada gambar kedua baik filamen lampu dekat dan filamen lampu jauh masih terhubung dengan baik,artinya bohlam masih normal/hidup.

Baca Juga : Cara Memasang Lampu HID Projektor Pada Motor

Saya bergegas pergi ke beres (bengkel resmi Yamaha) untuk membeli 1 bohlam original Yamaha New Vixion Advance,mereknya sendiri Osram tipe H4 Harganya cuma 39.000. Pada kemasannya terdapat kode 1PA dimana itu kode produksi Yamaha New Vixion Lightning yang suku cadangnya commont part dengan Yamaha NVA (2PV)

Cara Mengganti Bohlam Yamaha New Vixion Advance

  • Persiapkan alat dan bahan yaitu obeng plus (+) dan 1 bohlam halogen original NVA tipe H4 berkode 1PA.
    Lepas
    Kemasan Bohlam Halogen H4 Kode 1PA Untuk NVL dan NVA
  • Buka baut pada headlamp Yamaha New Vixion Advance,caranya lepas ke 4 baut dengan obeng plus,ouh iya,2 baut ada dibagian bawah dan 2 lagi ada diatas dekat dengan housing lampu sein.
Lepas Baut Pengait Atas Headlamp
Lepas Baut Pengait Bawah Headlamp

Setelah baut terlepas semua,tarik kedepan secara perlahan lahan nanti akan segera terbuka.

Tarik Perlahan lahan Headlampnya

Jika sudah maka kita akan diperlihatkan tempat dimana bohlam dipasang. Disini kita langsung lepas bohlam yang mati sob,caranya dengan mencabut konektor lalu melepas karet pelindung rumah lampu.

Lepas Konektornya sob

Nah,terlihat kan ada bohlam H4 (ciri cirinya berkaki 3 seperti mobil) lalu segera kita lepas dengan membebaskan kawat pengunci dengan menakan kebawah lalu dikesampingkan agar kawat pembebas tidak terhalang pengunci pada headlamp.

Penampakan Bohlam H4

Ambil bohlam yang mati

Cabut Sob

Masukan bohlam yang baru (masih hidup) kedalam rumahnya,lalu kunci lagi,caranya kebalikannya sob,kita bawa dulu kesamping yang ada lubang untuk kawatnya lalu tekan kebawah agar kawat pengunci mengunci bohlam sehingga bohlam tetap fokus alias idak muda h goyang.

Pasang Sob Bohlamnya

Pasang karet pelindung

Pasang Karet Pelindung

Pasang konektor lampu

Lepas Konektornya sob

Coba cek apakah nyala apa belum,caranya headlamp dipegang dulu pakai tangan kiri,lalu tangan kanan memutar kunci kontak ke posisi ON,nyalakan mesin motor dan nyala sob,cek juga lampu jauh yak dengan menekan tombol high beam atau lampu tembak (flash light).

Nyala Lampu Utama Yamaha New Vixion Advance

Pasang kembali headlamp ke komponen penyangganya,lalu pasang Ke-4 yang dilepas lagi,kencangkan dengan moment yang pas sob,lalu bersihkan mana kala ada kotoran bekas perbaikan

Kencangkan Sob Bautnya

Saran

Pakailah bohlam motor sesuai standart saja yang rada kekuningan Jangan yang warna putih sob, apalagi warna agak kepink gitu,karena kurang maksimal menembus hujan dan kabut,wattnya pun standart saja,kebetulan NVA 35/35 Watt.

Kalau mau terang lagi boleh gunakan yang 55/60 watt cuma ya itu tidak sesuai spek dari pabrikan takutnya kelistrikan malah tekor,karena di NVA ini menganut arus DC,semakin beban wattnya besar nyala lampu makin terang sedangkan supply dari aki masih tetap.

Itulah artikel singkat tentang DIY (do it your selft) mengenai cara mengganti bohlam Yamaha New Vixion Advance. Bagi sobat yang kebetulan punya tunggangan seperti saya dan kebetulan  mengalami trouble demikia,monggo mawon dipraktekan dirumah. Semoga berguna ya sob,terima kasih loh sudah baca dan share artikel ini Ke teman-teman. (Mas Muslim)

Terkait :

 






About Mas Muslim 1345 Articles

Hallo om,salam kenal, saya Mas Muslim admin tunggal dari blog ini,terima kasih banyak sudah berkunjung,komen,share dan berlangganan diblog WWW.BMSPEED7.COM | Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*