Dibikin Baper Sama Data AISI?, Cermati Dulu Pengertiaannya…

data-aisi

BMSPEED7.Com – om,pasti kalian pernah dengar dong data AISI? Yups,sebuah data penjualan (wholesales) sepeda motor Di Indonesia yang dikelola oleh AISI Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia. Data penjualan ini akan keluar setiap bulan guna memperlihatkan raport penjualan sepeda motor dari anggota yang bergabung. Sedikitnya ada 5 pabrikan yang sudah bergabung menjadi anggota AISI yakni PT Astra Honda Motor (AHM) ,PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM),PT Suzuki Indomobil Sales (SIS 2W),PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) dan PT TVS Motor Commpany Indonesia (TMCI). Nah,sering kali para fansboy (sebutan orang penggila merek) gak terima jikalau produk kecintaanya laku sedikit. Padahal kalau mengerti pengertian data AISI,gak bakalan koar koar. Terus gimana pengertiaanya mas muslim?

Baca Juga Om : Data Penjualan Sepeda Motor Honda, Yamaha, Suzuki Dan Kawasaki [ AISI Januari 2017 ]

Baca Lagi Om : Honda CB150R Pukul Balik Yamaha New Vixion Advance [ AISI Januari 2017 ]

Yang Paling Panas : Data Penjualan Honda CBR150R, Yamaha R15 Dan Suzuki GSX-R150 [ AISI Januari 2017 ]

Yang Bikin Baper : Daftar 10 Motor Terlaris Bulan Januari 2017, Honda BeAT Masih Dipuncak!

Sigkatnya data AISI ialah sebuah data distribusi sepeda motor secara kesuruhan (wholesales) di Tanah Air. Jadi nih om,distribusi motor dari sabang sampai merakue akan tercatat dimasing-masing main dealer yang ada didaerah,misalnya Honda untuk Jakarta ada main dealer Wahana Makmur Sejati,di Jabar ada Daya Adicipta Motora,Jateng ada Astra Motor dan sebagaianya.

Pabrikan biasanya akan mendistribusikan kegudang main dealer terlebih dulu nanti biasanya cabang dealer akan menerima kiriman dari main dealer.

Main dealer bisanya akan melihat stok motor apa saja yang berkurang sesuai selera kosumen,jadiĀ  misal nih Yamaha baru saja merilis Vixion striping baru,dipastikan di bulan itu juga akan banyak permintaan main dealer lantaran banyak pula konsumen yang minat.

Itu sebabnya,sebuah motor baru pasti akan meroket angka distribusinya,seperti Honda CBR250RR yang kini lagi happening banget hingga mengalahkan kompetitorrnya Ninja 250 dan Yamaha R25.

So,mulai sekarang ubah mindset jikalau data AISI merupakan penjualan,karena itu merupakan data distribusi yang dilakukan oleh pabrikan. TAPI sering kali memang data distribusi berbanding lurus dengan permintaan pasar.

Terus ada yang bilang,”mas pabriknya tinggal kirim motor sebanyak banyaknya ke dealer kog repot amat ya” itu kalau penjualan stabil, kalau tidak?

Saya pastikan banyak dealer didaerah triak lantaran unit tak kunjung laku,yang ada hanyalah motor numpuk digudang.

Pihak dealer ya sudah pinter lah om,motor lagi kenceng kencengnya di pasaran ya minta kirimim dari pabrik banyak,setengah untuk konsumen yang sudah pesan dan setengahnya lagi untuk stok,cmiiw

Dan sebaliknya ,jika motor kurang diminati konsumen,main dealer akan menahan minta jatah dari pabrik.

Last,walau pengertian data AISI yang sebenarnya merupakan distribusi,akan tetapi data AISI menjadi parameter penjualan sepeda motor di Indoensia. Jadi,buat fansboy jangan baper data AISI yak,gak penting! Wong yang jualan motor bukan mbahmu kog ! :mrgreen:

Semoga berguna yak,Suwun puol sudah baca dan sebarkan artikel ini.

Penulis : Mas Muslim
^_^Kontak BMSPEED7.Com^_^

#Noted : bukan Dealer atau bengkel Modifikasi,hanya penulis yang ingin berbagi informasi,Terima Kasih.

Advertisements

3 Komentar

Orang Bijak Tinggalkan Jejak!