Kunci Honda CBR250RR Belum SKS, Tapi Sudah “Wave Key” Loh… Apa Itu?





”Wave Key”Pengaman Kunci Kontak CBR250RR

kunci-cbr250rr
”wave key” All New Honda CBR250RR

BMSPEED7.com – sobat sekalian…beberapa waktu lalu geger bahwasanya All New Honda CBR250RR pemilik bro Achmad Deka Saputra hilang begitu saja padahal motor belum lama  ia miliki. Nah,karena All New Honda CBR250RR ini belum ada fitur SKS (Advance Key Sytem) aka (Secure Key System) beberapa biker di grup Honda CBR250RR pun langsung mengjudge bahwa ini salah satu penyebab hilangnya CBR250RR yang diketahui hilang pertama kali di Dunia itu sob! Saya sih gak yakin motor berharga hampir Rp 70 juta tidak ada fitur pengaman tambahan,gak value donk !! Nah akhirnya melalui rekan rekan Blogger yang kebetulan diberi kesempatan untuk mengetes CBR250RR secara harian “daily use” berkat pinjaman main Dealer Honda Jawa Timur,MPM Distributor. Akhirnya satu persatu kekurangan dan kelebihan tergali dengan gamblang.


Seperti Kang Marnu penunggu  Warungbiker.com yang kebetulan sudah merasakan sensasi Honda CBR250RR dalam pemakaian harian. Blogger Kediri yang juga berkerja di salah satu dealer Honda ini juga menjelaskan dalam Artikelnya jikalau Honda CBR250RR ini memang sejatinya TIDAK dilengkapi fitur pengaman kontak SKS seperti yang sudah saya jelaskan diatas.

For your Info nih,Fitur SKS (Secure key system) merupakan penutup kunci lubang kunci degan mekanisme megnet baik secara elektrik dengan remote sepeti Mio Grande, Soul GT dan Mio Mio SSS AKS atau mekanisme manual dengan cara memasukan lubang dibalik anak kunci seperti dibawah ini

Yamaha-Fino-Grande-125-SSS-AKS-2017

lalu putar ke kanan “mak ceklek” lubang terkunci dan untuk buka sebaliknya.

TAPI meski demikian All New Honda CBR250RR ini tetap aman kog,Honda mengklaim keamanan hingga 99%.

Loh kenapa kemarin Honda CBR250RR bisa hilang? Ya bisa lah lawong dia angkut pake pick up. Syem tenan bukan? Namanya juga paling pasti punya 1001 cara,sudah dipelajari apa kelebihan dan kekuranganya sob.

Jadi Pada All New Honda CBR250RR ini telah dibenamkan fitur “Wave Key” kunci bergelombang yang berfungsi ganda sebagai security/pengaman kunci kontak.

wave-ke-CBR250RR

Jadi pada “Wave Key” tersebut nantinya akan  terkoneski pada ECU melalui lubang anak kunci yang dibaca oleh sensor. Jadi sensor pada lubang kunci tersebut fungsinya bisa menghidupkan  (ON) dan mematikan secara total (Lock).

Jadi amit amit nih ya,kalau lubang anak kunci CBR250R dimasukan kunci sembaragan misal kunci “T” oleh maling ,maka All New CBR250RR ini dipastikan tidak akan nyala (indikator mati total tidak bisa ON) malah nantinya sensor pada anak kunci tersebut akan meng Lock ECU Honda CBR250RR.

Jika ini terjadi segeralah bawa CBR250RR ke dealer wing Honda untuk segera diperbaiki ECU Lock nya atau bisa memanfaatkan jemputan towing dealer Wing Honda di daerah kalian…

Last,bagaimana sob? Sudah paham mengapa All New Honda CBR250RR tidak memiliki fitur SKS seperti CBR250R? Rupanya lebih canggih je :mrgreen:

Jadi untuk CBR250RR kemarin yang hilang merupakan Resiko kehilangan aka pencurian 1% Karena klaim AHM 99%. So,musti berhati hati sob kala memarkir kendaraan ditempat umum musti pilah pilih tempat yang kiranya aman,atau saran saya parkirlah ditempat resmi selain berpartisipasi menjaga ketertiban umum,kala terjadi hal hal yang tidak diinginkan bisa klaim kepihak yang bersangkutan.

Semoga berguna!

About Mas Muslim 1275 Articles
Hallo om,salam kenal, saya Mas Muslim admin tunggal dari blog ini,terima kasih banyak sudah berkunjung,komen,share dan berlangganan diblog WWW.BMSPEED7.COM | Semoga bermanfaat

Be the first to comment

Ayo Berkomentar